Saat Mobil Baru Menyala Jangan Langsung Aktifkan AC, Apa Bahayanya?

23/10/2019

Perawatan dan service

3 menit

Share this post:
Saat Mobil Baru Menyala Jangan Langsung Aktifkan AC, Apa Bahayanya?
Mobil yang berada di luar ruangan membuat suhu kabin meningkat karena sinar matahari. Namun itu bukan alasan untuk Anda langsung menyalakan AC.

Ketika Anda masuk ke dalam mobil saat cuaca panas karena paparan sinar matahari, tentutunya Anda ingin segera menyalakan AC mobil agar suhu kabin menjadi sejuk. Tetapi apakah itu aman untuk kesehatan Anda?

>>> Kenali 10 Penyebab AC Mobil Tidak Dingin Beserta Solusinya Berikut Ini

AC mobil dingin

Tidak disarankan untuk Anda menyalakan AC saat mobil baru menyala

Seperti yang dilansir dari laman Auto2000, ternyata menyalakan AC ketika baru masuk ke dalam mobil ternyata tidak baik. Berbagai senyawa baru yang berbahaya bisa muncul akibat beberapa benda yang ada di dalam mobil seperti pengharum ruangan, bahan pelapis jok hingga material plastik menjadi sumber masalahnya. Paparan sinar matahari langsung menyebabkan reaksi tertentu pada benda-benda tersebut.

Salah satunya adalah benzena yang terkenal sebagai racun penyebab kanker. Benzena yang muncul akan disirkulasikan oleh AC sehingga penumpang yang menghirup udara AC mobil otomatis dapat terkena polusi ini.

>>> Tips perawatan mobil lainnya ada disini

menyesuaikan AC mobil dingin

Tunggu sampai 5 menit setelah mobil menyala, baru Anda boleh mengaktifkan pendingin kabin mobil

>>> Pilihan mobil bekas berkualitas ada di sini

Karena bersifat racun, benzena mampu memengaruhi ginjal dan hati karena dua organ yang berperan sebagai penyerap racun tersebut kesulitan mengeluarkannya. Tidak hanya itu, benzena juga mampu meracuni tulang dalam tubuh shingga menyebabkan anemia dan penurunan jumlah sel darah putih. Semakin lama terhirup dalam tubuh, maka benzena dapat menimbulkan leukimia yang memperparah risiko kanker. Bagi ibu hamil, benzena juga mampu mengakibatkan keguguran.

Karena alasan di atas maka cara terbaik yang Anda harus lakukan adalah dengan membuka kaca pintu, nyalakan blower terlebih dahulu dan tunggulah sekitar 5 sampai 10 menit agar suhu menurun, baru Anda bisa menyalakan AC di mobil Anda.

>>> Tips dan trik lainnya cek di sini

Share this post:
Rahmat Fajar Nugraha
Penulis
Rahmat Fajar Nugraha
Sejak kuliah, Rahmat telah bercita-cita menjadi seorang jurnalis. Sarjana Sastra Indonesia ini mulai menjadi jurnalis sejak 2013 dan terjun di media otomotif setahun kemudian. Rahmat bergabung dengan tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

Berita lain

Kenali 10 Penyebab AC Mobil Tiba-Tiba Tidak Dingin dan Solusinya

21/10/2019

Perawatan dan service

10 menit

Salah satu masalah umum yang sering terjadi adalah ac mobil tiba-tiba tidak dingin. Bukannya malah sejuk tapi kabin mobil menjadi sedikit panas. Maka dari itu, kita kenali 10 penyebab AC mobil tidak dingin beserta solusinya.

Lihat juga

Lakukan 3 Cara Ini Untuk Membuat AC Mobil Lebih Dingin Dan Awet

22/10/2019

Perawatan dan service

5 menit

Seringkali kita merasakan bahwa AC mobil terasa kurang dingin. Tentu suasana siang menjadi sangat gerah, apabila AC tidak bekerja maksimal. Merespon hal tersebut, Cintamobil.com hendak memberikan 3 cara membuat AC mobil lebih dingin dan awet.

Lihat juga

Inilah 10 Komponen AC Mobil Serta Fungsinya, Ternyata Begini Cara Kerjanya

23/10/2019

Perawatan dan service

12 menit

Mengenali setiap komponen AC mobil nyatanya tidak begitu susah jika kita punya niatan untuk memahami. Selain menjadi ilmu tambahan, lewat pengetahuan komponen AC kita bisa tahu jika tiap komponennya tidak berfungsi dan juga bagaimana cara merawatnya. Inilah 10 komponen AC mobil serta fungsinya.

Lihat juga

Sering Mengemudi Malam Hari? Atur Suhu AC Mobil

03/10/2019

Pengemudian

3 menit

Bagi pengendara mobil, kenyamanan di dalam kabin selama perjalanan salah satunya ditentukan dari sistem pendingin atau AC (air conditioner). Penggunaan AC mampu meredam suhu panas di luar saat siang hari. Tetapi saat mengemudi malam hari, mengatur suhu AC mobil juga penting dilakukan. Kenapa?

Lihat juga

Jangan Anda Lakukan! Kebiasaan Buruk Ini Penyebab AC Mobil Jadi Cepat Rusak

04/10/2019

Perawatan dan service

4 menit

AC merupakan salah satu komponen penting bagi penumpang mobil. Namun terkadang kebiasan buruk yang kita lakukan tidak disadari dapat merusak kualitas AC mobil.

Lihat juga