Kunci Agar Performa Mobil Tetap Prima Ada di Oli!

29/09/2021

Perawatan dan service

3 menit

Share this post:
Kunci Agar Performa Mobil Tetap Prima Ada di Oli!
Pereli dan Brand Ambassador Mitsubishi, Rifat Sungkar membagikan tips untuk menjaga performa mobil tetap prima. Ia menyebut kuncinya ada di oli yang digunakan.

Rifat Sungkar bersama dengan Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) berbagi mengenai tips perawatan mobil kepada masyarakat dan awak media melalui jumpa pers bulanan yang dilakukan secara virtual.

Ayah dari El Mayka dan Mikkairo itu menyebutkan bahwa oli memegang peranan yang vital dalam menjaga performa mobil. Ia juga menuturkan bahwa setidaknya, oli di kendaraan modern ada 3. Yaitu oli mesin, transmisi dan gardan, serta minyak rem. Ketiganya membutuhkan perhatian dan perlakuan yang serupa.

Ganti Oli Rutin Bisa Menjaga Performa Mobil

Mengganti oli-oli tersebut sesuai dengan intervalnya memang terdengar sepele. Tetapi, masih banyak pemilik mobil yang mengacuhkan anjuran tersebut. Padahal, efek negatif yang ditimbulkan jika telat mengganti oli justru bisa sangat merugikan.

>>> Rifat Sungkar Sebut Jadi Pebalap di Zaman Sekarang Lebih Mudah

Gambar Rifat Sungkar

Rifat Sungkar berbagi tips menjaga performa mobil dengan penggantian oli rutin

"Toleransi menunda ganti oli tidak bisa terlalu lama. Karena begitu sudah waktunya, biasanya tingkat viskositas oli sudah berkurang. Jadi oli sudah tak bisa melumasi hingga ke sela-sela komponen di dalam mesin," ungkap Rifat.

Rifat juga menyebut bahwa oli mengalami siklus pembakaran dan pendinginan berkali-kali, sehingga struktur molekul yang bertugas untuk menjaga komponen mesin akan mengalami kerusakan.

"Oli juga bisa menguap ketika sudah tidak kental lagi. Karena itu, usahakan paling telat tambah 10% dari interval jarak tempuh yang dianjurkan untuk ganti," tambahnya.

Gambar Kekentalan Oli

Kekentalan oli akan berkurang seiring pemakaian mobil

Pentingnya Mengenal Mobil Sendiri

Rifat Sungkar juga mengungkapkan pentingnya pemilik mobil untuk mengenal mobilnya sendiri. Tidak perlu menjadi ahli, setidaknya pemilik mobil bisa melakukan pemeriksaan ringan dan mengetahui interval-interval penggantian spare part. Ini dilakukan guna menjaga performa mobil tetap optimal. 

"Mengerti sedikit keadaan mobil seperti apa lah, kan lagi banyak waktu selama Work from Home. Tak perlu sampai bisa ganti oli, setidaknya bisa cek oli melalui dipstick. Bisa tahu juga kalau oli menetes berarti indikasi ada kebocoran," canda Rifat.

>>> Ini Fungsi Oli Mesin dan Dampak Jika Tidak Diganti Secara Berkala

Gambar Dipstick

Minimal mengerti cara membaca kondisi oli melalui dipstick

Dengan mengetahui indikasi-indikasi tersebut, pemilik mobil bisa langsung membawa kendaraan kesayangannya ke bengkel resmi. Dengan itu, kerusakan besar yang mungkin mengintai pun bisa diantisipasi.

"Manfaatkan paket saat kita membeli mobil!" wanti Rifat.

MMKSI memang memiliki program Smart Package bagi pembeli mobil Mitsubishi. Dengan paket tersebut, pemilik dapat melakukan servis dan penggantian spare part secara cuma-cuma selama masih berlaku.

Mereka juga memberikan penawaran Extended Smart Package bagi mobil yang sudah melewati periode paket aftersales tersebut. Sehingga, Anda tak perlu ragu untuk melakukan servis dan pengecekan ke jaringan bengkel resmi Mitsubishi di Indonesia.

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com. Taufan merupakan lulusan Hubungan Internasional Fakultas
 
back to top