Pilihan Relay Lampu Mobil yang Bagus dan Cara Pasangnya

10/01/2021

Perawatan dan service

8 menit

Ada banyak jenis relay lampu mobil yang dijual dipasaran, namun mana yang terbaik tentu harus memeprhatikan beberapa hal termasuk cara pasang relay tersbeut ke lampu mobil Anda.

Pada satu unit mobil terdiri atas banyak sekali komponen, mulai dari yang ukurannya besar, sampi ukuran-kuran sangat kecil pun ada. Ada komponen yang berfungsi menggerakkan mesin mobil, ada komponen yang untuk menggerakkan wiper, ada komponen yang terhubung dengan roda, dan ada komponen yang membutuhkan arus listrik.

Relay merupakan satu dari beberapa komponen yang kerap berkaitan dengan lampu kendaraan bermotor, termasuk juga mobil. Mungkin Anda sering mendengar komentar dari teknisi di bengkel jika Anda mengeluhkan lampu mobil pancaran sinarnya redup maka disarankan memasang relay lampu tambahan. Relay ini diklaim bisa membantu cahaya lampu bisa sedikit lebih terang.

Memang sebenarnya apa sih relay lampu mobil? Seperti apa bentuk relay? Apakah kalau pakai relay maka lampu mobil otomatis cahayanya bisa jauh lebih terang? Dan apa relay lampu mobil yang bagus? Tenang, semua pertanyaan itu akan kami bahas di artikel Cintamobil.com berikut ini. Termasuk juga cara pasang relay lampu mobil sendiri tanpa harus ke bengkel.

>>> Masalah Lampu, BMW Recall Z4 dan Toyota Supra

Relay Bukan Cuma untuk Lampu Mobil

Relay Hella Kaki 4

Relay digunakan pada komponen kendaraan yang membutuhkan arus listrik

Relay merupakan komponen elektrik yang sering kali digunakan pada kendaraan bermotor termasuk mobil. Berbentuk kotak berukuran kecil yang sering kali berwarna hitam dengan pembungkus bermaterial plastik, relay juga dilengkapi kaki berbahan logam.

Komponen kecil ini berfungsi sebagai saklar penghubung arus listrik dari sumber listrik utama pada kendaraan menuju komponen elektrik lainnya. Relay mampu mengalirkan arus listrik bertegangan besar namun dengan sistem pengendalian dengan listrik arus kecil.

Relay terbagi dalam dua jenis, ada yang berupa resistor dan ada yang tipe elektromagnetik. Relay juga bukan cuma bisa digunakan untuk lampu mobil, namun bisa pula untuk komponen kelistrikan lain, seperti klakson, sistem AC, atau sistem audio. Namun yang sering dipakai sebagai relay lampu mobil adalah relay tipe elektromagnetik.

Fungsi Relay Pada Lampu Mobil

Lampu Mobil Redup

Lampu mobil lebih terang akrena mendapat arus listrik lebih besar dari relay

>>> Rekomendasi Merek Lampu LED Mobil Terbaik

Dengan kemampuan mengendalikan arus listrik besar, relay pada mobil bisa berfungsi sebagai saklar elektromagnetik menggunakan magnet listrik. Cara kerjanya menggantikan saklar listrik pada komponen kendaraan, sehingga ketika ada komponen yang membutuhkan arus listrik bertegangan besar, maka arus listrik tersebut tidak akan lagi melewati saklar namun melalui relay. Dengan begitu saklar listrik bisa jadi lebih awet masa pakainya.

Selain itu, dengan pemasangan relay, maka arus listrik yang mengalir ke komponen elektrik mobil, misalnya lampu atau klakson, menjadi lebih besar. Inilah yang membuat kenapa cahaya lampu bisa jadi lebih terang dengan bantuan relay atau suar aklakson bisa lebih kencang dibanding tidka memakai relay.

Cara Pasang Relay Lampu Mobil

Skema Pemasangan Relay Lampu Mobil

Jenis relay yang bisa dipakai untuk kebutuhan komponen kelistrikan di mobil sebanarnya cukup banyak. Namun yang umumnya dipakai sebagai relay untuk lampu mobil adalah relay dengan konstruksi 4 kaki. Komponen ini kerap disebut relay 4 kaki oleh para teknisi mobil. Itu karena pada relay ini terdapat empat terminal yang terbuat dari logam, yaitu terminal 87, terminal 85, terminal 30, dan terminal 86.

Keempat termina ini perlu diperhatikan harus disambung menggunakan kabel tembaga ke bagian komponen lain pada sebuah mobil. Berikut cara pasang relay lampu depan mobil model 4 kaki:

  • Siapkan kabel tembaga secukupnya untuk menyambungkan relay dengan komponen lain pada mobil
  • Buka solet lampu depan mobil
  • Terminal 87 disambungkan ke lampu mobil serta ke kutub negatif (-) aki mobil menggunakan kabel
  • Terminal 85 disambungkan ke terminal massa atau ground menggunakan kabel
  • Terminal 86 disambungkan ke saklar lampu mobil menggunakan kabel
  • Terminal 30 disambungkan ke kutub positif (+) aki mobil menggunakan kabel
  • Coba nyalakan lampu, jika cahaya terlihat lebih terang, berarti pemasangan berhasil

Untuk terminal 86 dan 86 boleh dipasang terbalik, namun untuk terminal 87 dan terminal 30 jangan sampai tertukar pemasangannya.

>>>  Kiat Memilih Lampu Sorot Mobil, Aksesoris Offroad yang Banyak Digandrungi

 

Pilihan Relay Lampu Mobil yang Bagus

Relay Set Lampu Mobil

Sebaiknya beli relay set yang sudah berikut kabel dan sekring

Jika sudah mengetahui apa fungsi dan cara kerja relay dan memahami jenis relay yang biasa digunakan untuk lampu mobil, maka kini saatnya memilih relay lampu mobil terbaik. Dipasaran umumnya relay lampu untuk mobil disediakan yang satu set lengkap dengan sekring dan kabelnya, serta ada pula yang cukup relaynya saja.

Relay set lampu mobil yang bagus bisa pilih merek-merek produsen komponen atau aksesoris yang sudah cukup ternama seperti Bosch, Hella, atau Zenith. Harganya mulai dari Rp 125.000 hingga Rp 250.000. Tapi kalau hanya membeli relaynya saja ada yang ditawarkan mulai dari Rp 50.000 sampai dengan Rp 120.000. Tidak bisa dipungkiri, relay yang bermerek terkenal dan harganay cukup mahal menjamin kualitas dari relay tersebut.

Untuk kebutuhan pemakaian harian dengan lampu standar, sebenarnya cukup memasang relay tambahan dengan membeli relaynya saja. Kecuali Anda mingin memasang lampu depan dengan watt yang lebih besar. Selain itu kalau ingin memasang lampu depan model HID juga dibutuhkan relay set khusus. Untuk yang bermerek terkenal, relay lampu HID ini bisa mencapai Rp 300.000 hingga Rp 500.000. Smeuanya tinggal sesuaikan dengan kebutuhan lampu mobil Anda ya!

>>> Jangan lupa klik tips dan trik untuk mednapatkan tips bermanfaat lainnya seputar perawatan mobil

Pertanyaan Sering Diajukan

Apa fungsi relay pada lampu mobil?
Relay pada mobil bisa berfungsi sebagai saklar elektromagnetik menggunakan magnet listrik.
Bagaimana cara pasang relay pada lampu mobil?
Berikut cara pasang relay lampu depan mobil model 4 kaki: Siapkan kabel tembaga secukupnya untuk menyambungkan relay dengan komponen lain pada mobil Buka solet lampu depan mobil Terminal 87 disambungkan ke lampu mobil serta ke kutub negatif (-) aki mobil menggunakan kabel Terminal 85 disambungkan ke terminal massa atau ground menggunakan kabel Terminal 86 disambungkan ke saklar lampu mobil menggunakan kabel Terminal 30 disambungkan ke kutub positif (+) aki mobil menggunakan kabel Coba nyalakan
Relay lampu mobil mana yang bagus?
Bosch, Hella, atau Zenith adalah beberapa nama yang CIntamobil.com rekomendasi untuk Anda.
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top