Rangkuman Alasan Sedan Tidak Memiliki Wiper Belakang

Share this post:
Rangkuman Alasan Sedan Tidak Memiliki Wiper Belakang
Ini sesuatu yang aneh - mengapa hatchback memiliki wiper belakang tetapi sedan tidak? Bahkan, sangat tidak adil bahwa hatchback tipe umum memiliki wiper tetapi sedan yang luar biasa tidak memilikinya. Tapi, ada beberapa faktor yang menyebabkan sedan tidak memiliki wiper belakang.

Biasanya, wiper belakang digunakan untuk membuat pengendaraan menjadi lebih mudah dengan membersihkan kaca belakang sebagaimana mobil lain. Namun, ada beberapa faktor yang dapat menjawab kenapa sedan tidak memiliki wiper belakang:

1. Aliran Udara Mobil

Ini menyatakan bahwa cara di mana udara mengalir di atas mobil yang memiliki bagasi dibandingkan dengan mobil yang memiliki bagian belakang berbeda. Lebih lanjut menyatakan bahwa bentuk hatchback adalah sebuah pertanyaan. Mengapa? Hal ini terjadi karena jendela belakang pada hatchback hampir vertikal dan lebih mudah kotor daripada mobil sedan. Dan dengan demikian membuat produsen memutuskan untuk memberikan hatchback wiper belakang.

Gambar yang menunjukan pola aliran udara pada bagian mesin untuk mobil

Bagian kaca belakang sedan berpengaruh terhadap aliran udara mobil

2. Pola Aliran Udara dari Mobil

Ini karena bahasa desain pada mobil sedan yang memiliki pola aliran udara yang lebih cepat kebelakang. Sehingga tidak menetes pada kaca belakang, inilah yang menyebabkan mobil sedan tidak memerlukan wiper belakang. Berbanding terbalik dengan bahasa desain mobil hatchback.

>>> Baca juga Pentingnya filter oli pada mobil

3. Konsumsi bahan bakar

Menambahkan wiper pada jendela belakang akan menciptakan lebih banyak hambatan aerodinamis, sehingga menciptakan lebih banyak konsumsi bahan bakar. Selanjutnya, wiper juga membutuhkan motor listrik bersama dengan mekanisme rumit yang memiliki lengan panjang untuk membuat wiper dapat mengelap kaca belakang. Ketika berada pada tipe hatchback, ia memiliki cukup ruang untuk semua peralatan.

4. Desain Kargo (Bagasi)

Gambar yang menunjukan bagian belakang kaca mobil sedan yang memiliki wiper

Wiper pada kaca balakang sedan jarang ditemukan

Ruang kargo di sedan jauh berbeda dari sebuah hatchback. Dalam sebuah sedan, dengan penghapus kaca belakang di belakang, akan sulit untuk membuka ruang kargo untuk menyimpan bagasi. Anda mungkin telah memperhatikan cara di mana ruang kargo sedan terbuka. Inilah sebabnya mengapa memiliki penghapus kaca belakang bisa merepotkan. Sementara ini tidak terjadi dengan hatchback yang memiliki bukaan kargo yang lebih luas.

>>> Baca juga tips perawatan lainnya disini

5. Desain Mobil

Sebagian besar departemen desain tidak menyukai tampilan mobil sedan dengan wiper belakang. Nah, alasan mengapa mereka tidak suka belum diketahui, tetapi penjelasan utamanya adalah bahwa itu merusak tampilan mobil. Oleh karena itu, sebagian besar pembuat mobil tidak menggunakan wiper belakang saat membuat mobil sedan. Sementara untuk mengejutkan Anda, beberapa mobil memproduksi sedan dengan wiper belakang. Namun jumlahnya cukup rendah dan tidak banyak.

Berikut penjelasan ketiadaan wiper pada kaca belakang

Meskipun, cukup sulit untuk menyatakan alasan yang tepat mengapa mobil sedan tidak memiliki wiper belakang, namun alasan yang disebutkan di atas adalah yang paling umum. Sebagian besar pembuat mobil tidak memasang wiper di belakang mobil sedan. Tapi tidak ada aturan pasti di balik ini, dan dengan demikian, Anda mungkin menemukan beberapa produsen membuat mobil sedan memiliki wiper belakang.

>>> Baca juga tips dan trik lainnya disini

Share this post:
 
back to top