Proses Mengganti dan Memasang Bilah Pisau Pada Wiper

Share this post:
Proses Mengganti dan Memasang Bilah Pisau Pada Wiper
Baling-baling atau pisau pada wiper biasanya terbuat dari karet dan melakukan banyak tugas untuk menjaga kaca depan dari kabut, hujan dan bahkan salju. Tapi, karena tugasnya yang banyak dan sering, terkadang kita harus tahu kapan waktunya mengganti wiper blade.

Menurut beberapa situs yang dikunjungi Cintamobil, pisau wiper harus ditukar setidaknya sekali dalam enam bulan sampai setahun. Ketika pisau wiper tidak diganti, beberapa bagian akan pecah-pecah akibat perubahan cuaca dan panas. Dan hasilnya, wiper tidak mempunyai kemampuan lagi untuk mengelap kaca depan dengan baik. Selain akan mengganggu penglihatan anda ketika berkendara dalam hujan, wiper yang pecah-pecah juga bisa merusak bagian kaca depan.

Gambar yang menunjukan wiper yang sedang membersihkan jendela depan mobil dari air hujan

Wiper mempunyai kegunaan yang signifikan ketika berkendara

Untuk mengganti pisau wiper baru, anda hanya akan membutuhkan sebuah tang berhidung jarum. Tang ini akan berguna untuk mengeluarkan pisau yang lama dan memasukan pisau baru. Selain itu, pastikan anda juga telah menyediakan pisau wiper yang baru.

1. Mengganti wiper

Sebelum anda mengganti pisau wiper, pastikan jika pisau yang baru anda beli memiliki panjang yang sama dengan wiper yang anda miliki. Setelah itu, angkat dengan hati-hati lengan perakitan wiper dari kaca depan sehingga mengarah ke atas. Lalu, dengan teliti, temukan tab kecil di tengah bilah wiper tempat bilahnya bertemu dan direkatkan pada lengan pisau logam.

Gambar yang menunjukan pisau wiper dibuka menggunakan tang berhidung jarum untuk menahan bilah wiper

Gunakan tang berhidung jarum untuk membuka pisau wiper

Tekan tab, gunakan tang berhidung jarum jika diperlukan, dan geser pisau tua dari lengan wiper. Periksa tulisan yang ada pada bilah lengan wiper untuk menggeser bilah pisau. Ketika anda sudah menekan tab yang ada, geser bilah pisau wiper kebawah untuk melepaskan pisau dari lengan wipernya.

>>> Baca juga, tips mengatasi kaca berkabut ketika musim hujan

Biasanya, kendaraan yang lebih tua menggunakan konektor berbahan plastik untuk menghubungkan wiper. Konektor ini bisa terdegradasi dan menjadi using dan rapuh seiring bertambahnya usia kendaraan anda.

Tips: Untuk menjaga kaca depan anda, gunakan selembar karton untuk menutupi kaca depan dari benturan dan hal-hal yang tidak diinginkan. Beberapa pergantian membuat lengan wiper terlepas dan megenai kaca depan. Anda pasti tidak menginginkan menghemat uang untuk mengganti wiper namun membayar lebih untuk perbaikan kaca depan anda, kan?

Gambar yang menunjukan kaca depan mobil berwarna hitam yang dilapisi dengan karton

Tips gunakan kerton untuk melapisi kaca depan mobil

2. Memasang pisau wiper baru

Geser pisau baru ke dalam lengan wiper dan dengarkan suara “klik” untuk penempatan pisau yang pas. Setelah itu, sebaiknya anda menggunakan handuk untuk membersihkan bilah pisau baru agar bisa langsung digunakan.

Gambar yang menunjukan bilah wiper baru yang sedang dimasukan pada bagian lengan wiper

Letakkan lengan wiper secara hati-hati 

Lalu, letakkan lengan wiper secara hati-hati ke depan kaca depan mobil lagi. Dan lakukan hal yang sama untuk bagian lengan yang lain.

>>> Baca juga, tips dan trik perawatan mobil lainnya disini

Setelah anda megganti kedua bilah pisau wiper, pastikan untuk mencoba menggerakkan wiper di kaca depan. JIka perlu, gunakan air untuk mengetahui apakan bilah pisau yang baru bisa membersihkan air yang ada dengan baik.

Untuk lebih jelas, anda bisa melihat video cara mengganti bilah pisau wiper berikut ini.

>>> Baca juga tips dan trik mobil lainnya disini

Share this post: