PPKM Darurat Bisa Jadi Momen yang Pas Bersihkan Karburator Motor

21/07/2021

Perawatan dan service

3 menit

Share this post:
Pada momen Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat yang dikabarkan akan diperpanjang bisa jadi momen yang pas untuk Anda membersihkan karburator motor.

Karburator merupakan salah satu komponen penting pada motor perihal menyangkut proses pembakaran. Adapun yang dimaksud proses pembakaran tersebut yakni proses bertemunya udara dan bahan bakar motor lalu akan diteruskan ke dalam ruang pembakaran.

Karburator juga memiliki gangguan yang kadang dialami seperti terlalu kotor. Jika karburator sudah kotor makan motor pun akan mengalami gangguan seperti mesin mogok seperti tersendat-sendat dan motor yang susah dihidupkan.

Jika sudah kotor anda harus mengetahui cara membersihkan karburator motor dengan benar. Tak mau motor kesayangan Anda mogok karena karburator yang kotor maka dari itu simak tips di bawah ini dari Federal Oil cara membersihkan karburator motor yang benar.

>>> Gunakan Standar Tengah saat Motor Terparkir Lama karena PPKM Darurat

Gambar menunjukan Karbu motor berdebu

Jangan biarkan karburator motor Anda berdedu

Lepaskan Dulu Karburator dari Dudukan

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan melepaskan karburator dari dudukannya.  Sebelum mencoba melepaskan dari dudukannya ada baiknya siapkan dulu alat atau kunci untuk melepaskan karburator. Kemudian lakukanlah dengan hati-hati.

Setelah itu Anda bisa membuka mangkok karburator motor dengan melepas semua baut pengaitnya.  Lalu lihat apakah ada endapan atau bagian yang terkontaminasi.  Jika memang kotor, bersihkan menggunakan kuas lembut lalu bilas menggunakan bensin agar lebih bersih.

Lepas dan Bersihkan Pilot Jet

Langkah selanjutnya yang harus dilakukan yakni melepaskan bagian pilot jet, main jet dan juga needle jet dari karburator motor.  Sebaiknya saat dilepaskan lakukan dengan hati-hati lalu segera bersihkan dengan cara meniupnya. Akan lebih mudah jika Anda menggunakan kompresor dibandingkan harus meniup manual

Setelah bagian pilot jet termasuk main jet dan juga needle jet terlepas. Kemudian bisa langsung membersihkan dengan menggunakan kompresor. Nah untuk membersihkan Needle jet ini anda harus berhati-hati. Cukup dengan kuas yang sudah dicelupkan ke bensin kemudian anda semprot pada bagian lubang memakai kompresor.

>>> Bikers Harus Tahu Begini Cara Merawat Rantai Motor yang Benar

Gambar menunjukan Karburator motor

Jika sudah dibersihkan Anda bisa memasangnya kembali

Bersihkan Spuyer Karburator

Selanjutnya yang harus Anda lakukan dengan membersihkan spuyer karburator, bagian ini sangat berpengaruh pada kinerja mesin, jadi bagian ini cukup penting untuk kita bersihkan.

Anda harus berhati hati ketika membersihkan spuyer agar tak merubah diameter nya, karena jika diameter spuyer berubah kemungkinan motor akan tidak bisa dinyalakan.  Anda bisa membersihkan spuyer dengan menggunakan amplas halus lalu bersihkan kotoran yang menempel.

Jika sudah semua Anda bisa merakit dan memasang kembali ke motor dengan benar.  Lalu atur campuran bahan bakar dengan menyetel ketinggian pelampung mesin dengan menggunakan jangka sorong.  Rakit semua komponen lalu pasang kembali karburator pada kedudukan semula.

>>> Pahami Etika Berkendara dan Menjaga Emosi Berkendara di Jalan Raya

Rahmat menjadi jurnalis otomotif media daring sejak 2014 silam. Tercatat Rahmat bergabung dengan tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019 hingga saat ini. 

Lulusan jurusan Sastra Indonesia ini sejak awal kuliah memang bercita-cita menjadi seorang jurnalis. Sebelum berkiprah di media yang berfokus di Industri otomotif, Rahmat terlebih dulu menulis untuk sebuah majalah sebuah media lokal di Kota Tangerang Selatan.

Setelah setahun lamanya menulis untuk sebuah majalah lokal akhirnya ia berpindah menulis untuk sebuah media daring otomotif. Tepatnya di tahun 2014 ia mulai menulis berkaitan dengan industri otomotif nasional dalam dan juga luar negeri. 

Setelah lulus kuliah di tahun 2017 ia memutuskan untuk keluar dari dunia kewartawanan yang selama ini menghidupinya. Ia mencoba peruntungan dunia marketing mobil bekas. Tak lama berselang ia mencoba peruntungan bekerja di Cintamobil.com pada posisi yang sama. Tak lama setelah itu Rahmat dipindahkan ke tim redaksi Cintamobil.com

Orang bijak pernah berkata rumah bukan sebuah tempat, melainkan perasaan. Sejauh manapun Anda melangkah rumah adalah tempat untuk kembali. Kira-kira seperti itulah yang menggambarkan nasib Rahmat yang akhirnya bisa kembali ke dunia penulisan. 

 
back to top