Posisi Mengemudi Tetap Nyaman, Begini Cara Merawat Mekanisme Jok

Posisi Mengemudi Tetap Nyaman, Begini Cara Merawat Mekanisme Jok
Agar mendapat posisi mengemudi yang nyaman, pengemudi bisa mengaturnya melalui mekanisme jok. Mulai dari sandaran punggung, jarak ruang kaki dan lain hal sebagainya.

Ada beberapa komponen yang kerap terabaikan oleh pemilik mobil yakni sabuk pengaman dan mekanisme jok. Untuk mendapatkan posisi mengemudi yang ideal sesuai ukuran tubuh, maka diperlukan mekanisme jok yang mempunyai peran penting. Melalui mekanisme jok, pengemudi bisa mengatur posisi mulai dari sudut sandaran punggung, ketinggian bangku, gingga ruang kaki sehingga badan tidak cepat lelah ketika mengemudi dalam waktu lama.

>>> Baca juga: Lebih Aman, Kenali Konsep Kursi Whiplash Injury Lessening

Memang mekanisme jok bukanlah komponen yang harus dilakukan perawatan secara berkala. Tetapi agar tetap berfungsi dengan baik dan posisi mengemudi tetap nyaman, maka perawatan tetap dibutuhkan. Salah satunya yang cukup penting adalah perilaku pengguna mobil. Jok dengan pengaturan mekanis harus dilakukan dengan cara yang tepat baik saat merubah sandaran duduk (reclining) maupun memaju-mundurkan (sliding) posisi jok.

Mengatur posisi sandaran

Lakukan secara halus dan tarik tuas secara penuh agar sistem mekanisnya berumur panjang

Maksud dari cara yang tepat adalah, misalnya ketika merubah sudut sandaran atau reclining mekanis. Dalam mekanismenya ada roda gigi dan komponen pengunci, sebaiknya saat menarik tuas untuk melepas penguncinya dilakukan secara penuh terlebih dahulu, jangan menarik setengah. Ini bisa membuat roda gigi cepat aus.

>>> Dapatkan review mobil terbaru hanya di sini

Pun ketika Anda ingin melakukan proses sliding atau memaju-mundurkan kursi, tarik tuas pengunci seara penuh dan gerakkan secara halus. Bila Anda terlalu kasar saat memaju-mundurkan kursi mesi tuas sudah ditarik penuh bisa membuat mekanisme jok cepat rusak. Cara-cara tersebut juga dilakukan agar dua komponen yakni roda gigi dan pengunci tidak saling beradu sehingga aman untuk jangka panjang.

Pengaturan maju mundur posisi duduk

Lakukan proses sliding secara halus agar rel tidak cepat rusak

Selain dari cara menggunakannya, tips merawat mekanisme jok juga harus diperhatikan menjaga kebersihan kabin. Bagian kolong kursi wajib diperiksa dan dibersihkan secara periodik, misal seminggu sekali agar tidak ada benda asing yang masuk kedalam rel sliding jok yang berpotensi merusak mekanismenya. Tidak hanya kebersihan, peletakkan barang juga harus lebih rapi. Jangan biasakan meninggalkan alas kaki dibawah jok, karena bisa saja menghambat dan membuat mekanisme jok tersangkut.

Hal terakhir yang bisa Anda lakukan untuk menjaga mekanisme jok adalah menyemprotkan cairan anti karat. Semprotkan pada bagian rel untuk sliding dan engsel di bagian reclining agar proses mekanisme tetap berfungsi normal. Saat melakukan penyemprotan cairan tersebut, lakukan secukupnya jangan berlebihan. Karena bila berlebihan justru bisa membuat roda gigi terlalu licin dan membahayan.

>>> Baca juga tips dan trik mobil lainnya disini

 
back to top