Porsche 356 RSR 1960, Saat Dua Model Ikonik Porsche Dipadukan

17/10/2019

Perawatan dan service

5 menit

Porsche 356 RSR 1960, Saat Dua Model Ikonik Porsche Dipadukan
Memadukan sebuah Porsche 356 1960 dengan Porsche 911 1990 (964) bukanlah perkara mudah, namun tidak bagi Emory Motorsports. Berbekal pengalaman mengobrak-abrik mobil racikan Stuttgart itu, lahirlah sebuah Porsche 356 RSR, sebuah hot rod dengan performa dan tampilan sangar.

Berbicara soal modifikator Porsche, Emory Motorsports adalah salah satu pemain lama yang sudah melahirkan banyak karya modifikasi, salah satunya membuat Porsche 356 dengan gaya outlaw yang sangat ikonik. Rumah modifikasi khusus Porsche itu kembali melakukan modifikasi dengan basis mobil serupa, namun dengan arah yang berbeda.

>>> Hennessey coba bereksperimen dengan sebuah Porsche Taycan, bagaimana hasilnya?

Diberi nama Emory RS, Emory Motorsports menggabungkan Porsche 356 1960 dengan Porsche 911 (964) 1990 yang memiliki sumbu roda yang berbeda. Tugas yang tak mudah untuk menggabungkan keduanya, namun Emory menciptakan sebuah maha karya berupa Porsche 356 RSR.

Porsche 356 RSR Emory Motorsports tampak belakang

Modifikasi yang digarap Emory Motorsport tampak sangat ciamik

Sudah jelas, Porsche 356 RSR adalah contoh pengerjaan modifikasi yang sangat ciamik. Berbagai bagian body seperti bagian depan, belakang, tutup dek, serta kap alumunium yang terdiri dari satu bagian semuanya dikerjakan menggunakan tangan dengan tutup dek yang dilengkapi engsel stainless.

>>> Termukan mobil pilihan dengan harga terbaik di sini

Terdapat aksesoris tambahan juga seperti kisi-kisi tambahan, grill mesh berbahan stainless steel, untuk bagian rocker panelnya menggunakan bagian Porsche 911 yang dimodifikasi, sementara kaca samping depan dan belakangnya dibuat dari bahan plexiglass.

Hal paling menarik dari Porsche 356 RSR adalah mesin yang digunakan, mesin boxer flat-4 twin-turbo 2,4 liter yang menghasilkan tenaga 393 HP, dan disambungkan dengan girboks lima percepatan. Tampak biasa saja memang, namun mobil ini hanya berbobot 884 kilo, yang mengartikan power-to-weight rationya adalah 1:2,25.

Mesin Porsche 356 RSR Emory Motorsports

Perpaduan body ringan dan mesin bertenaga menghasilkan power-to-weight ratio yang mumpuni

Untuk merampungkan Porsche 356 RSR ini, Emory Motorsport membutuhkan waktu empat tahun. Jelas saja, tim harus mengawinkan dua sasis yang memiliki perbedaan panjang 3,35 inci (8,5 cm). Begitupun proses memasukkan beberapa komponen 964 ke dalam body dan sasis mulai dari rack-and-pinion steering, rem, dan suspensi. Belum lagi proses memasukkan mesin ke dalam ruang mesin 364 yang lebih kecil.

>>> Lihat inspirasi modifikasi mobil di sini

Porsche 356 RSR 1960 racikan Emory Motorsports

Porsche 356 RSR buatan Emory Motorsports adalah sebuah Porsche Hot Rod

Well, kami bisa bilang kerja empat tahun yang dilakukan Emory Motorsport dalam proses modifikasi Porsche 356 berbuah manis. Lihat saja hasilnya, sebuah Porsche 356 RSR 1960 yang sangat unik namun masih menjaga identitas khas Porsche, belum lagi performa agresif berkat power-to-weight ratio yang sangat baik.

>>> Tips & trik otomotif terlengkap ada di sini

Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.
 
back to top