Plus-Minus Servis Mobil di Bengkel Resmi vs Bengkel Umum

02/10/2021

Perawatan dan service

3 menit

Share this post:
Ketika periode servis gratis saat membeli mobil habis, pemilik dihadapkan dengan pilihan melakukan servis di bengkel resmi atau bengkel umum. Apa plus-minusnya?

Periode servis dan spare part gratis merupakan satu di antara beberapa keunggulan yang ditawarkan oleh Agen Pemegang Merek (APM) bagi konsumen yang membeli mobil mereka.

Tetapi setelah periode tersebut habis, Anda bisa memilih untuk melakukan servis rutin di tempat lain, termasuk di bengkel umum atau spesialis. Lantas, apa plus-minus dari tetap melakukan servis mobil di bengkel resmi vs bengkel umum? Di bawah ini kami akan menjabarkan keuntungan dan kerugiannya agar Anda bisa memilih dengan bijak.

Bengkel Umum

Plus

Ada beberapa kelebihan dari melakukan servis di bengkel umum, salah satu yang paling utama tentu saja harganya yang lebih terjangkau. Selain jasa servisnya mayoritas tak semahal di bengkel resmi, Anda juga bisa lebih bebas untuk memilih spare part yang digunakan.

>>> Tips Memilih Bengkel Umum Terpercaya Agar Tak Menguras Kantong

Gambar Pilihan Oli

Anda bisa lebih bebas untuk memilih oli dan spare part di bengkel umum

Misalnya memilih pelumas dengan harga yang lebih terjangkau, atau part aftermarket yang lebih murah dibandingkan genuine parts.

Selain itu, bengkel umum juga biasanya tak seramai bengkel resmi. Jika Anda terburu-buru untuk melakukan perawatan mobil atau memiliki kegiatan yang padat, ini bisa jadi nilai plus karena Anda tak perlu menunggu terlalu lama sampai mobil Anda ditangani oleh mekanik.

Minus

Jika Anda memutuskan untuk melakukan servis di bengkel umum, Anda harus melakukan riset terhadap pilihan bentgkel yang tersedia agar tidak salah memilih. Karena tak semua bengkel memiliki mekanik yang andal dan berpengalaman. Anda juga perlu mengetahui integritas dari bengkel tersebut.

Kalau salah memilih, bisa jadi Anda justru dibohongi oleh oknum-oknum tak bertanggung jawab yang bisa membuat pengeluaran dalam merawat mobil justru lebih tinggi ketimbang memilih bengkel resmi.

>>> Ini Lho Hal yang Dilakukan Saat Engine Tune Up Di Bengkel

Gambar Bengkel Umum

Pilih bengkel umum yang memiliki tim professional

Anda juga harus cermat dalam memilih oli yang sesuai dengan mobil yang Anda miliki, setidaknya mengetahui spesifikasi yang sesuai dengan buku manual mobil Anda.

Begitu pula dengan spare part alternatif yang digunakan. Jangan sampai hanya sekadar murah tetapi daya tahan dan performanya jauh lebih rendah dibanding genuine parts.

Bengkel Resmi

Plus

Untuk bengkel resmi (beres), kami pun bertanya dengan Tegar Ardisura Raharja, Head of Aftersales Marketing & Promotion Section PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI).

Dalam konferensi pers virtual yang diadakan pada Rabu lalu (29/9), Tegar mengakui bahwa beberapa konsumen memilih untuk merawat mobil mereka ke bengkel umum setelah masa garansi sudah tak berlaku lagi karena faktor efisiensi.

Meski begitu, Tegar mengingatkan konsumen harus mempertimbangkan soal history perawatan di bengkel resmi jika ingin servis di bengkel umum. Memang biaya perawatan di bengkel umum lebih terjangkau, namun histori kendaraan akan tercatat dan di-update secara berkala di database jika melakukan servis di beres.

>>> Beli Aksesoris Mitsubishi Xpander Dapat Diskon 50 Persen!

Gambar Spare Part

Beres menjamin bahwa spare part yang digunakan 100% orisinal

"Dengan begitu, apabila akan ada kerusakan bisa diprediksi terlebih dahulu dan dapat mencegah kerusakan menjadi lebih parah," ungkapnya.

Selain itu, konsumen akan mendapat jaminan spare part yang orisinal. Menurut Tegar, histori kendaraan yang jelas dan penggunaan spare part orisinal akan membuat harga jual kembali akan tetap tinggi.

Yang pasti, mobil Anda juga akan ditangani oleh mekanik berpengalaman yang bersertifikasi sehingga Anda tak perlu ragu untuk memercayakan perawatan mobil Anda ke beres.

Minus

Seperti yang kami sebutkan sebelumnya, kekurangan beres adalah harga jasa dan spare part yang tentunya lebih tinggi dibanding bengkel umum.

Gambar Bengkel Resmi Mitsubishi

Mitsubishi menawarkan program extended smart package untuk memberi kemudahan bagi konsumen melakukan servis di beres

Untuk itu, Tegar menjelaskan kalau Mitsubishi Motors memiliki program extended smart package bagi pemilik mobil yang masa garansinya sudah habis.

"Konsumen bisa mempertimbangkan datang lagi ke bengkel resmi, karena kami punya program perpanjangan masa garansi. Bisa lebih hemat biaya 27 persen," tuturnya.

Selain itu, beres cenderung lebih ramai dibandingkan bengkel umum sehingga Anda perlu membuat janji sebelum melakukan servis.

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com.

Taufan merupakan lulusan Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya. Lulus di tahun 2017, ia langsung mengejar passion dan ketertarikannya sebagai seorang jurnalis otomotif.

Tak butuh waktu lama, Taufan diterima bekerja di GridOto.com. GridOto.com merupakan kanal berita yang mengulas berbagai hal yang berkaitan dengan otomotif, dari mulai review dan test, berita dalam dan luar negeri, serta tips & trick sebagai panduan bagi para pengguna kendaraan bermotor.

Selama dua tahun bekerja di GridOto.com, Taufan diplot untuk menjadi jurnalis yang serba bisa. Dari mulai mengisi artikel news, tips & trick, test drive & review, menjadi host untuk kanal YouTube GridOto.com, hingga menjadi editor pengganti.

Mengunjungi berbagai pameran otomotif nasional dan internasional, menemui narasumber ATPM, dealer mobil bekas, hingga ke bengkel-bengkel spesialis sudah pernah ia jabani. Taufan pun kerap dipercaya menghadiri ajang media test drive untuk mencoba mobil-mobil baru. Dari LCGC seperti Datsun Go, hingga ke Supercar seperti McLaren 720S.

Di sela-sela pekerjaannya, Taufan adalah petrolhead tulen yang gemar mengoleksi mobil (baik dalam bentuk die cast atau mobil asli) dan mengikuti dunia motorsport roda empat. Hobi membacanya juga membuat Taufan memiliki pengetahuan yang cukup dalam terhadap sejarah dan perkembangan mobil di dunia.

Setelah dua tahun berkarya di GridOto.com, Taufan pun memutuskan untuk rehat di tahun 2019. Selama vakum menjadi jurnalis, ia sempat membuka bisnis detailing dan cuci mobil bersama dengan sahabatnya. Selama berbisnis, ia pun memperdalam pengetahuannya terhadap perawatan mobil.

Di tahun 2021, ia memutuskan untuk kembali ke industri yang ia cintai dengan bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer. Anda akan banyak menemukan tulisan Taufan mengenai berita otomotif dalam dan luar negeri, tips & trick, ulasan teknis mengenai mobil, serta hal-hal yang berkaitan dengan dunia motorsport di website ini.

 
back to top