Pilih Shampo Mobil yang Aman, Perhatikan Hal Ini

22/07/2019

Perawatan dan service

4 menit

Ketika harus pilih shampo mobil yang banyak tersedia di car care center, maka sebaiknya Anda membertimbangkan beberapa hal berikut ini. Karena jika salah, shampo malah akan merusak permukaan cat mobiil.

Guna merawat kendaraan kesayangan Anda, rajin membersihkannya merupakan langkah yang wajib dilakukan. Dan untuk mencuci rutin mobil Anda, tidak perlu harus ke salon mobil atau car detailing, tapi bisa Anda lakukan sendiri di rumah.

>>> Mencuci Mobil Sendiri yang Benar, Ini Tahapannya

Saat akhir pekan atau ketika ada waktu luang, kegiatan mencuci mobil sendiri memang bisa menjadi kegiatan yang mengasyikkan. Tetapi Anda perlu waspada nih saat akan menggunakan shampo untuk mencuci mobil. Karena jika salah pilih shampo mobil, maka akan berefek negatif pada permukaan cat mobil Anda.

Yuk perhatikan hal-hal berikut ini ketika Anda akan pilih shampo mobil yang banyak tersedia dipasaran:

1. PH

cuci mobil dengan shampo

Pilih shampo mobil dengan PH balance

>>> Promo mobil baru ada disini

Hal pertama yang harus Anda perhatikan dari shampo mobil adalah kadar PH yang dikandungnya. Sebaiknya Anda memilih shampo yang bertuliskan keterangan PH Balance atau PH7. Selain itu, sebaiknya pilih juga yang memiliki kandungan Brightening Agent. Karena formula ini dapat merawat dan mengkilapkan cat mobil Anda.

2. Detergen

Menggosok cat mobil dengan shampo

Jangan gunakan shampo yang mengandung detergen

Saat membaca kadar kandungan kimia pada shampo tersebut, perhatikan pula apakah shampo mobil yang Anda pilih mengandung detergen atau tidak. Sebaiknya hindari shampo yang memiliki kandungan detergen. Karena dapat menyebabkan lapisan wax pada cat mobil terkikis.

3. Silikon

mobil dnegan busa shampo

Shampo yang mengandung silikon akan membuat cat kusam

>>> Cari mobil bekas berkualitas ada disini

Kemudian pastikan juga saat pilih shampo mobil, shampo tersebut tidak memiliki kandungan silikon. Sebab kandungan kimia tersebut dapat menyebabkan cat kusam dan memudar akibat lapisannya terkikis ketika bersentuhan dengan permukaan cat mobil.

4. Organik

mobil dengan busa shampo

Shampo organik juga baik untuk lingkungan

Hal terbaik ketika memilih shampo untuk mobil kesayangan Anda adalah dengan memilih shampo organik. Karena dengan menggunakan bahan-bahan alami, maka akan lebih aman untuk permukaan cat mobil Anda. Selain itu busa shampo ketika mencuci mobil juga mudah terurai oleh tanah.

Demikian hal-hal yang harus diperhatikan ketika pilih shampo mobil. Untuk itulah, sebaiknya baca dulu keterangan campuran bahan disetiap shampo yang akan Anda beli. Jangan sembarang pilih shampo mobil lagi ya...

>>> Tips & trik lain baca disini

Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top