Pertimbangan Memilih Towing atau Derek Saat Mobil Mogok

Share this post:
Pertimbangan Memilih Towing atau Derek Saat Mobil Mogok
Sial bisa menimpa kapan saja dan di mana saja. Misalnya mogok dalam perjalanan sehingga mengharuskan sobat memesan layanan pengiriman mobil. Dalam kondisi seperti ini ada dua pilihan, yaitu towing atau derek. Masing-masing ada kelebihan dan kekurangannya lho, sobat. Jadi jangan salah pilih.

Ilustrasi Mobil Towing

Towing bisa menjadi penyelamat saat situasi darurat.

Mungkin sobat pernah kebingungan untuk memilih antara towing atau derek ketika harus mengirim mobil ke bengkel dengan kondisi mesin yang tak bisa dinyalakan. Tak perlu bingung karena kedua cara yang disebutkan punya peruntukkannya masing-masing yang lebih pas.

Karena alasan tertentu, cara derek mobil lazimnya dipakai untuk membawa kendaraan yang mengalami kerusakan parah, misalnya karena habis mengalami kecelakaan. “Derek lebih ke arah mobil hancur bekas tabrakan karena susah untuk dipindahkan posisinya dan tidak bisa dinaikkan ke bak gendong,” ujar Hariawan Arif Maulana, pemilik usaha kirim mobil TowInc yang bermarkas di Jakarta.

>>> Baca juga:

Menyoal biaya, derek mobil memang lebih murah dibanding towing gendong. Hariawan menjelaskan, biasanya selisih biaya antara towing atau derek sekitar Rp200 ribu hingga Rp300 ribu untuk sekali tarikan di dalam kota. Meski derek menawarkan harga lebih murah, ada hal lain yang tak kalah penting untuk dipertimbangkan, yaitu faktor keamanan.

“Lebih baik towing karena mobil dalam posisi normal dan tidak dipaksa jalan dalam keadaan mati,” sambung Hariawan. Dirinya menambahkan, cara derek mobil sebenarnya menarik satu sisi mobil. Pada titik tertentu hal ini berpotensi mengganggu konstruksi. Alasannya karena bobotnya hanya dibebankan ke satu sisi saja.

>>> Capek Mobil Bermasalah Terus? Mungkin Sobat Bisa Cari Gantinya di Listing CintaMobil.com

Ilustrasi Mobil Diderek

Derek lebih pas untuk digunakan membawa mobil yang rusak parah seperti habis kecelakaan.

Nah, sampai di sini semoga sobat sudah memiliki bayangan mana yang harus dipilih antara towing atau derek. Jika kondisi mobil memang rusak parah hingga menyentuh sektor bodi dan kaki-kaki, maka derek mobil mobil adalah pilihan yang pas. Namun, jika kerusakkan hanya berada di sektor mesin yang membuat mobil benar-benar tak bisa dinyalakan, maka towing adalah jawabannya.

>>> Baca juga:

Maka itu, tips tambahan untuk mereka yang hendak memesan layanan pengiriman mobil adalah informasikan secara jelas kondisi kendaraan saat memesan. Apakah mobil hanya rusak mesin atau habis mengalami kecelakaan. Hal ini akan membantu petugas memberi saran antara memilih towing atau derek. Beri juga informasi detail tentang lokasi jemput dan antaranya biar biaya yang diberikan lebih pasti.

“Sebagai pengusaha towing, biasanya kami tanyakan dulu wilayah antar dan jemputnya sehingga baru bisa ditentukan biasanya. Apabila dalam keadaan habis tabrakan, kita memastikan apakah keempat rodanya bisa berputar atau tidak,” tutup Hariawan.

>>> Dapatkan Tips Menarik dari Bermanfaat Lainnya di Sini

Share this post:
 
back to top