Mesin Nissan Grand Livina Sering Ngelitik? Ini Penyebabnya

04/06/2021

Perawatan dan service

4 menit

Bagi pemilik Nissan Grand Livina, mungkin Anda pernah menemukan bunyi ketukan dari arah mesin saat sedang berkendara. Kondisi pada Livina Anda disebut gejala mesin ngelitik atau knocking.

Bagi pemilik Nissan Grand Livina, mungkin Anda pernah menemukan bunyi ketukan dari arah mesin saat sedang berkendara. Suara tersebut biasanya akan semakin terdengar ketika pedal gas ditekan lebih dalam.

Kondisi pada Livina Anda disebut gejala mesin ngelitik atau knocking. Hal tersebut terjadi ketika bahan bakar tidak terbakar dengan rata pada ruang bakar sehingga menimbulkan kesalahan timing pengapian pada mesin.

Mesin ngelitik dapat bisa disebabkan dua hal, penggunaan bahan bakar dengan oktan yang tak sesuai standar mesin atau penumpukan karbon pada ruang bakar. Jika dibiarkan, hal tersebut dapat mengakibatkan kerusakan pada dinding ruang bakar dan piston mobil.

>>> Harga Mobil Grand Livina Bekas Kredit Kini Makin Terjangkau, Berminat?

Penggunaan Bahan Bakar yang Kurang Tepat

Gambar Pompa Bahan Bakar

Penggunaan bahan bakar dengan oktan tak sesuai standar pabrikan dapat mengakibatkan mesin ngelitik

Ketika bunyi ngelitik muncul pada Grand Livina Anda, langkah pertama yang dapat dilakukan adalah menggunakan bahan bakar dengan oktan lebih tinggi. Jika Anda menggunakan bahan bakar dengan RON 90 atau 91, coba gunakan bahan bakar dengan RON lebih tinggi.

Jika gejala tersebut masih terjadi, berarti penyebabnya ada di penumpukan karbon yang diakibatkan oleh sensor EGR (Exhaust Gas Recirculation) pada mobil Anda. Sensor EGR sendiri berfungsi untuk menghalangi karbon hasil pembakaran yang tidak sempurna agar tidak keluar lewat knalpot.

Gambar Mesin Grand Livina

Meski berfungsi untuk menekan emisi, sensor EGR dapat menimbulkan endapan karbon pada mesin Livina

Sensor tersebut akan menekan emisi gas buang menjadi lebih rendah, namun di sisi lain dapat mengakibatkan pengendapan karbon pada mesin. Karena endapan karbon tersebut, kinerja piston di ruang bakar akan terganggu dan akhirnya mengakibatkan timing pengapian yang tidak tepat dan menimbulkan mesin ngelitik.

Apa yang Bisa Dilakukan Ketika Gejala Ngelitik Semakin Parah?

Gambar carbon cleaning mesin

Tune up dan carbon cleaning mesin Anda untuk membersihkan karbon yang mengendap pada ruang bakar

>>> Pernah Dengar Istilah Italian Tune Up? Begini Caranya

Lakukan tune up dan servis carbon cleaning pada mesin Livina Anda. Untuk hal ini, sebaiknya Anda langsung berkonsultasi dengan bengkel yang berpengalaman dan terpercaya. Karena penggunaan carbon cleaner yang tidak tepat dan berlebihan juga bisa mengakibatkan efek negatif pada mesin di kemudian hari.

Ketika gejala ngelitik sudah hilang, usahakan untuk memacu mobil Anda mendekati redline sesekali saat jalanan sedang sepi agar karbon sisa pembakaran tidak kembali mengendap.

>>> Baca artikel tips & trick tentang otomotif terbaru di sini

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com.
 
back to top