Perkenalkan HRE3D+, Velg Titanium Pertama di Dunia

Perkenalkan HRE3D+, Velg Titanium Pertama di Dunia
Sebagai salah satu penyedia ban untuk performa tinggi, HRE Wheels dan GE Additive mengumumkan perjanjian kemitraan dengan meluncurkan teknologi velg titanium pertama yang dibuat menggunakan teknologi EBM (sejenis percetakan 3D).

HRE dan GE menyebut teknologi velg titanium pertama ini dengan nama HRE3D+. Sesuai dengan bahannya, prototipe velg baru ini menunjukan teknologi masa depan yang sedang dikerjakan oleh kedua perusahaan menggunakan material canggih, yaitu titanium. Teknologi ini bisa dimanfaatkan untuk membuat desain yang rumit.

Presiden HRE Alan Peltier menjelaskan, "Bekerja dengan tim AddWorks milik GE Additive memberi kami akses ke teknologi aditif terbaru dan menakjubkan tim insinyur, memungkinkan kami untuk mendorong batas-batas desain velg melampaui segala kemungkinan dengan metode saat ini. Untuk HRE, kemitraan dengan GE Additive ini menggerakkan kita ke masa depan.”

>>> Teknologi Semakin Berkembang, Muncul Mild Hybrid. Apa Bedanya?

Gambar HRE3D+ di mobil McLaren sangat mewah

HRE3D+ yang ditanamkan pada McLaren

Tentu saja penggunaan titanium sebagai velg bukan tanpa alasan. Tujuan dari proyek ini adalah untuk menguji kemampuan aditif manufaktur dengan aplikasi praktis serta menciptakan desain velg yang sangat canggih menggunakan titanium. Selain itu, titanium juga memiliki kekuatan spesifik yang jauh lebih tinggi daripada aluminium dan lebih tahan korosi, membuatnya sangat ringan.

Menggunakan velg Monoblok alumunium tradisional, 80% material yang dikeluarkan dari blok alumunium seberat 45 kg. Dengan manufaktur aditif, hanya 5% material yang dibuang dan bisa didaur ulang, memberikan proses pembuatan yang lebih efisien.

>>> Tertarik untuk membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Klik di sini untuk informasi lebih lanjut

Gambar menunjukan proses pembuatan HRE3D+

HRE3D+ dibuat menggunakan bahan titanium dan serat karbon

Selain bahan yang kuat dan tahan lama, desain juga dikerjakan oleh Vista, tim HRE yang berbasis di California serta tim GE AddWorks di Ohio. Menggunakan perpaduan desain dua model velg HRE yang ada, kedua perusahaan menggunakan EBM Arcam Q20 dan Q10 dalam lima bagian terpisah. Kemudian digabungkan dengan pusat kustom serta menguncinya pada serat karbon menggunakan pengencang titanium.

Menanggapi kerjasama ini, Robert Hanet selaku Teknisi Desain Senior GE Additive AddWorks menyatakan, “HRE bangga terhadap komitmennya pada keunggulan dan kualitas di pasar. Ini sangat pas terhadap AddWorks untuk bekerja pada proyek ini dengan mereka dan benar-benar merevolusi cara merancang dan memproduksi velg.”

>>> Ulasan seputar teknologi otomotif bisa Anda baca disini

Begini proses produksi HRE3D+ dari HRE Wheels

HRE3D+ memang masih belum dijual dengan bebas di pasaran. Tetapi velg titanium ini akan dipajang mulai 13-16 November di stan GE Additive (D30) pada pameran dagang Formnext di Frankfurt, Jerman. Sedangkan informasi lebih lanjut bisa Anda dapatkan di laman resmi HRE Wheels, www.hrewheels.com.

>>> Temukan berbagai tips dan trik otomotif terpercaya hanya di sini

Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.
 
back to top