Periksa Bagian Ini Jika Tiba-tiba AC Toyota Fortuner Panas

12/01/2020

Perawatan dan service

5 menit

Periksa Bagian Ini Jika Tiba-tiba AC Toyota Fortuner Panas
Ketika mengalami kondisi AC Toyota Fortuner panas, tentunya hal tersebut akan merepotkan diperjalanan. Untuk mengatasinya, coba Anda periksa lima bagian ini.

AC mobil memang memiliki peranan yang cukup vital saat berkendara. Bukan hanya untuk mengusir hawa panas saat berkendara di siang hari, namun juga mengatasi munculnya embun di kaca apabila berkendara ketika hujan.

Lalu bagaimana jika AC tiba-tiba tak mampu mengeluarkan hawa sejuk. Bahkan cuma blower AC yang jalan dan menghasilkan hawa panas di kabin. Sejumlah pemilik mobil pun pernah mengalami hal ini, termasuk juga pemilik Toyota Fortuner.

>>> Ini Triknya Biar AC Mitsubishi All New Pajero Sport Lebih Cepat Dingin

Lalu apa saja yang harus diperiksa jika AC Toyota Fortuner panas?

1. Kondensor Kotor

kondensor AC mobil kotor

Kondensor bisa kotor jika ada daun kering atau debu menempel saat mobil digunakan

Kondensor bertugas untuk membantu proses pendinginan AC. Agar tujuan ini tercapai, kondensor harus bersih dari debu dan kotoran yang menempel. Karenanya, coba periksa kondisi kondensor mobil Anda. Karena posisinya yang ada dibagian depan mobil, bisa jadi debu, daun kering, atau kotoran lain menumpuk pada komponen ini yang menyebabkan AC mobil panas.

2. Evaporator Kotor

evaporator AC mobil

Evaporator juga wajib bebas dari debu dan kotoran

Sama sepeti kondensor, tugas evaporator juga membantu menciptakan hawa dingin pada AC mobil. Dan bagian ini pun tidak boleh dipenuhi debu atau kotoran. Jika kotor, maka AC akan terasa panas walau blower sudah bekerja maksimal.

3. Magnetic Clutch

magnetic clutch ac mobil

Kalau magnetic clutch rusak, maka kompresor juga tidak bisa bekerja maksimal

Ini merupakan komponen yang membantu kinerja kompresor AC mobil. Jika magnetic clutch rusak, maka kompresor tidak bisa bekerja untuk menghasilkan hawa dingin pada AC mobil.

4. Fan Belt Putus

fan belt mobil

Tali kipas bertugas menggerakkan kompresor dan kondensor pada sistem AC mobil

Ketika fan belt putus maka putaran kondensor dan kompresor tidak akan terjadi. Sehingga nantinya sirkulasi hawa dingin dari freon juga akan terganggu. Inilah yang sering terasa AC cuma mengeluarkan tiupan angin blower.

5. Kompresor Rusak

kompresor AC mobil

Saat ada komponen pada kompresor yang rusak, maka segeralah perbaiki atau ganti dengan yang baru

Kompresor AC mobil terdiri atas beberapa komponen di dalamnya. Jika ada komponen yang rusak, maka kompresor tidak akan bekerja. Beberapa indikasinya adalah temperatur AC mobil yang sering naik turun. Kalau sudah seperti ini, maka dipastikan jadi penyebab AC Toyota Fortuner panas.

>>> Tips dan trik menarik lainnya ada disini

Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top