Perhatikan Hal yang Perlu Dipertimbangkan Ketika Melakukan Modifikasi Berikut Ini

Share this post:
Perhatikan Hal yang Perlu Dipertimbangkan Ketika Melakukan Modifikasi Berikut Ini
Jika Anda sudah memiliki kendaraan selama beberapa tahun, Anda mungkin memiliki keinginan untuk melakukan modifikasi mobil. Meskipun banyak bengkel dan ulasan yang memudahkan perubahan mobil, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan ketika melakukan modifikasi.

Di era industri otomotif memberikan beragam fungsi dan bentuk kendaraan, masih ada pengemudi yang ingin mengubah tampilan mobil sesuai dengan keinginannya sendiri. Jika Anda termasuk penggemar modifikasi atau ingin memperbaharui komponen mobil Anda, berikut hal yang perlu dipertimbangkan ketika melakukan modifikasi mobil yang perlu Anda ketahui:

1. Peningkatan rasio gandar (axle)

Perubahan ini telah menjadi modifikasi populer diantara pemilik truk pickup sejak awal. Biasanya dilakukan untuk meningkatkan kapasitas penarikan, karena rasio yang lebih tinggi dapat mempermudah mesin dan transmisi untuk menambahkan lebih banyak torsi dalam pengemudian.

Dengan komputerisasi dan elektifikasi, Anda bisa menukar set gigi dengan rasio yang berbeda yang dibangun pabrikan. Tapi Anda bisa mengalami banyak masalah dengan rem anti-lock, pergeseran transmisi, stabilitas kontrol dan sejenisnya. Perubahan sistem ini mengandalkan perhitungan akurat kecepatan kendaraan dan driveline.

Begini penjelasan cara kerja Axle pada Toyota Land Cruiser

Beberapa pembuat mobil memungkinkan berbagai computer on-board diprogam ulang untuk mengenali rasio baru. Tapi yang lain tidak bisa. Jadi, sebelum Anda mengubah pengaturan rasio ini, sebaiknya perhatikan apakah kendaraan Anda memungkinkan terjadinya perubahan atau tidak.

>>> Baca juga Tips memodifikasi mobil tua untuk meningkatkan performa

2. Penukaran ukuran ban

Masalah yang sama juga bisa terjadi keika Anda menukar ukuran pada pada kendaraan. Tidak hanya berlaku pada truk dan SUV, banyak pengemudi yang mencari opsi ban yang berbeda untuk sedan, hatchback, CUV dan mobil sport mereka. Beberapa konsumen melakukannya untuk tampilan dan kinerja, sementara yang lain mencari ban yang lebih murah dibandingkan ban low-profile yang mahal.

Gambar yang menunjukan beberapa ban dengan beragam ketebalan

Perhatikan lingkar ban jika ingin modifikasi

Aturan praktis adalah Anda sebaiknya tetap berada dalam 3 persen lingkar ban asli, lebih besar atau lebih kecil, saa mencari kecocokan ban baru. dengan meggunakan kalkulator ukuran ban, Ada dapat dengan mudah menemukan situs web yang memberikan perhitungan matematika untuk modifikasi Anda.

3. Sistem pencahayaan LED

Gambar yang menunjukan lampu dengan sistem pencahayaan LED pada mobil

Kelistrikan pada mobil memiliki memiliki sistem yang rumit

Bahkan lampu depan berteknologi rendah telah dikomputerisasi dan menambahkan lampu LED pada kendaraan dapat membingungkan sistem kontrol pencahayaan. Perubahan ini bisa mengakibatkan lampu ketika berjalan di siang hari tidak berfungsi. Untuknya, semakin banyak kendaraan yang menggunakan LED sebagai opsi pabrik. Anda bisa meminta diler Anda untuk meningkatkan perangkat lunak kendaraan sehingga semuanya tetap terang.

>>> Baca juga tips perawatan lainnya disini

4. Peningkatan sistem pembuangan

Bagi sebagian orang, suara merupakan hal yang palng penting sehingga melakukan modifikasi sistem pembuangan menjadi sebuah keharusan. Jika Anda sedikit mencari pencarian daring, Anda akan menemukan sebagian besar sistem diiklankan sebagai ‘cat back’, yaitu bagian kontrol emisi asli dari sistem tetap berjalan dan berfungsi.

Gambar yang menunjukan bagian sistem pembuangan pada mobil dilihat dari bawah

Modifikasi sistem pembuangan berpengaruh pada kontrol emisi sistem

Menukar seluruh sistem, tanpa memperhitungkan efek pada sensor oksigen dan sensor elektronik lainnya mengakibatkan lampu peringatan akan menyala permanen. Bahkan, resiko denda dan tilang dari kepolisian bisa Anda dapatkan jika tidak berhati-hati melakukan modifikasi sistem pembuangan ini.

Melakukan modifikasi merupakan salah kenikmatan tersendiri bagi pecinta mobil. Tapi tentu saja, ada hal yang perlu dipertimbangkan ketika melakukan modifikasi. Kesalahan sedikit saja bisa membuat biaya perbaikan Anda lebih besar dibandingkan budget untuk modifikasi itu sendiri.

>>> Baca juga tips dan trik lainnya disini

Share this post:
 
back to top