Perhatikan Hal Ini Sebelum Memanaskan Mobil

Share this post:
Perhatikan Hal Ini Sebelum Memanaskan Mobil
Memanaskan mobil sebelum berkendara dirasa banyak orang adalah hal yang penting demi menjaga performa mobil tetap prima pada saat dikendarai, namun masih banyak masyarakat yang salah kaprah dalam melakukannya yaitu cukup ambil kunci mobil lalu nyalakan mesin dan injak gas semaunya. Jadi sebelum memanaskan mobil perhatikan beberapa hal ini.

Memanaskan mobil sebelum berkendara adalah hal yang penting supaya perfoma mobil tetap prima pada saat dikendarai, namun masih banyak orang yang salah kaprah dalam melakukannya. Memanaskan mobil tidak semudah, ada banyak hal yang perlu diperhatikan agar tujuan memanaskan mobil dapat tercapai.  Jadi sebelum memanaskan mobil apa yang kita harus perhatikan?
 

asap keluar dari knalpot mobil
Memanaskan mobil sebelum digunakan kira-kira 5 menit
 

1. Panaskan mobil cukup 5 menit

Memanaskan mesin mobil merupakan hal yang cukup penting bagi performa kendaraan. Sebelum dikendarai sebaiknya hidupkan mesin selama kurang lebih 5 menit, dan sebaiknya cek pula indikator suhu panas mesin yang ada di bagian dashboard. Jika jarum sudah menunjukan 1/3 berarti mobil sudah siap untuk digunakan. Jangan sampai lebih dari itu karena mobil akan mengalami overheating.

>>> Baca juga: Memanaskan mesin pada mobil, perlu atau tidak?
 

2. Hindari menekan pedal gas pada saat memanaskan

Kecanggihan tekhnologi saat ini membuat pengguna tidak perlu lagi memanaskan mobil dengan menginjak pedal gas. Yang perlu dilakukan adalah starter mobil kemudian biarkan menyala pada keadaan konstan.
 

>>> Baca juga: Warna asap knalpot menentukan kondisi mesin kendaraan
 

3. Matikan AC sebelum mesin dinyalakan

Saat memanaskan mobil, AC mobil perlu Anda perhatikan. Pastilah AC mobil sudah dimatikan terlebih dahulu sebelum mobil dipanaskan. Akibat jika AC dinyalakan sebelum mesin menyala dengan normal adalah merusakan pada komponen mesin AC.
 

mobil sedang operasi di garage
Memanaskan mobil di tempat terbuka
 

>>> Klik sini untuk membaca tulisan lain tentang pengalaman merawat, servis mobil
 

4. Panaskan mobil ditempat terbuka

Hal terakhir yang perlu Anda perhatikan ialah ruang untuk memanaskan mobil. Jika memanasi mobil dalam keadaan tertutup maka akan membuat sirkulasi udara tidak dapat bergerak karena gas atau asap yang ditimbulkan tidak baik untuk dihirup dan berdampak negatif terhadap kesehatan Anda.

Memanaskan mobil secara rutin tentu mempunyai manfaat tersendiri seperti menghindari terjadinya kebocoran salah satu komponen. Kondisi mesin mobil yang telah panas kontan dapat membuat pembakaran bahan bakar mobil menjadi lebih optimal yang berpengaruh pada lebih hematnya pengonsumsian bahan bakar mobil. Jangan lupa 4 hal di atas sebelum memanaskan mobil Anda.
>>> Untuk tahu pengalaman, tips dan trik pemakaian mobil lainnya, klik sini

Share this post:
 
back to top