Perhatikan Hal Ini Saat Cuci Mobil Dengan Teknologi Robotic

Share this post:
Perhatikan Hal Ini Saat Cuci Mobil Dengan Teknologi Robotic
Seiring berkembangnya zaman, teknologi membuat segala hal menjadi semakin mudah, termasuk cuci mobil. Yang kini semakin mutakhir dengan teknologi cuci mobil robotic.

Cuci mobil robotic - Saat musim penghujan, kegiatan cuci mobil menjadi salah satu keharusan untuk menjaga mobil tetap bersih dan prima. Namun, tentu akan membuang waktu dan tenaga kita jika hal tersebut menjadi rutinitas sehari-hari.

Solusinya, Anda bisa datang ke tempat pencucian mobil berbayar dan yang paling ringkas dan cepat adalah tempat cuci mobil robotic. Mengandalkan sistem kerja semi otomatis, tempat cuci ini bekerja efektif dan efisien dalam membersihkan mobil Anda.

>>> Baca juga: Ini Alasan Tidak Boleh Menggunakan Deterjen Pencuci Piring Untuk Mencuci Mobil

Alhasil, Anda hanya menghabiskan waktu beberapa menit untuk cuci mobil, dan dapat melakukan kegiatan lainnya semisal makan siang atau kembali ke tempat kerja, Anda pun tak perlu keluar mobil selama proses pencucian.

Meski demikian, Anda harus memperhatikan hal-hal di bawah ini demi keselamatan Anda saat melakukan cuci mobil robotic, apa saja?

1. Perhatikan aba-aba petugas cuci mobil

Petugas membersihkan mobil yang sedang dicuci

Meski menggunakan teknologi robot, ternyata masih ada petugas yang bertugas membersihkan detail-detail mobil.

Biasanya, di bagian tengah rel cuci mobil robotic terdapat celah besar di mana ada petugas yang mencuci bagian kolong mobil. Perhatikan aba-aba petugas supaya mobil tidak jeblos ke dalam lobang tersebut.

>>> Hati-hati, lagu favorit bisa menjadi masalah saat mengemudi

Ada juga tempat yang menggunakan rel motorik untuk menggerakkan mobil Anda dari satu titik ke titik lainnya, jika posisinya tidak pas, mobil Anda tak akan ditarik dengan baik.

2. Tutup Rapat kaca mobil

Menggunakan semprotan bertekanan tinggi dan alat pencuci besar, bisa saja air menyelinap masuk ke dalam kabin mobil. Untuk mengatasinya pastikan seluruh kaca mobil tertutup rapat, pastikan juga ventilasi AC jangan sampai terbuka.

>>> Sedang mencari mobil baru, temukan di sini

3. Nyalakan AC mobil

Selama beberapa menit mobil Anda akan tertutup rapat dan terisolasi dari dunia luar, pastikan AC mobil tetap menyala supaya tetap nyaman di dalam mobil.

4. Netralkan gigi, lepas rem parkir

Sebagian besar tempat cuci mobil robotic menggunakan rel untuk menarik mobil dari satu titik ke titik lainnya. Supaya bisa berjalan lancar di rel, Anda harus menempatkan transmisi di netral dan melepas rem parkir.

>>> Baca tips perawatan mobil lainnya di sini

5. Jangan injak pedal gas dan rem

Karena mobil digerakkan oleh rel, maka Anda tak perlu menekan pedal gas dan rem, terlebih mesin mobil tetap menyala. Yang perlu Anda lakukan hanyalah rileks di dalam mobil, sembari menunggu intruksi selanjutnya dari petugas cuci mobil.

6. Lipat spion

Kaca spion mobil sebelah kiri

Agar tidak rusak, Anda perlu melipat kedua kaca spion Anda saat cuci mobil robotic

Beberapa tempat cuci mobil robotic memiliki terowongan yang terbatas, alhasil risiko spion tersenggol mesin pun cukup besar, belum lagi dengan mekanisme alat pembersih yang berputar di sekeliling mobil. Oleh sebab itu, lipat kedua spion kamu agar aman, dan tidak patah akibat mesin pencuci robotic.

>>> Tips & Trik otomotif terlengkap hanya di Cintamobil.com

Share this post:
Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.
 
back to top