Perhatikan Empat Tanda Kampas Rem Harus Diganti

24/01/2020

Perawatan dan service

5 menit

Perhatikan Empat Tanda Kampas Rem Harus Diganti
Ada beberapa tanda kampas rem harus diganti yang wajib Anda perhatikan. Karena jika diabaikan, maka bahaya kecelakaan akibat mobil mengalami rem blong bisa saja terjadi.

Rem merupakan komponen penting dalam sebuah kendaraan. Karena dengan perangkat inilah, laju kendaraan bisa dihentikan agar tidak terjadi kecelakaan. Untuk itulah, penting selalu menjaga kinerja pada seluruh sistem pengereman.

Satu dari beberapa komponen dalam sebuah sistem pengereman adalah kampas rem. Karena menjadi komponen yang langsung bersentuhan dengan perputaran roda, kampas rem memiliki usia pakai yang relatif lebih cepat habis dibanding komponen pengereman lainnya. Sehingga komponen ini masuk dalam komponen fast moving.

>>> Tips Memilih Minyak Rem Sesuai Kebutuhan Mobil

Lalu apa yang menjadi tanda kampas rem harus diganti? Berikut ada empat faktor diantaranya:

1. Rem Mulai Tidak Pakem

mobil Mercedes mengerem

Waspada saat mobil terus melaju perlahan walau pedal rem telah diinjak

Saat mobil melaju kemudian di rem, mobil terasa masih tetap berjalan walau kecepatannya sudah cukup berkurang. Kalau kejadian ini berlangsung, maka bisa jadi kampas rem telah menipis sehingga daya cengkramnya pun berkurang. Akibatnya laju mobil tidak langsung berhenti walau pedal rem sudah diinjak penuh.

>>> Promo mobil baru terbaik dan termurah ada disini

2. Injak Pedal Rem Semakin Dalam

pedal rem mobil

Perhatikan pula kedalaman injakan pedal rem

Tanda kampas rem sudah waktunya harus diganti juga bisa dirasakan dari pedal rem. Jika kaki harus menginjak pedal rem terlalu dalam untuk bisa menghentikan laju mobil, maka itu berarti kinerja rem sudah waktunya diperiksa. Segeralah untuk lakukan servis komponen rem pada mobil Anda.

3. Minyak Rem Berkurang

volume minyak rem mobil

Selalu cek kondisi dan volume minyak rem sebelum berpergian

Ciri-ciri sistem pengereman mobil bermasalah juga bisa diperhatikan dari volume minyak rem. Jika volume minyak rem sering turun dari batas normal, maka itu berarti ada kerusakan pada sistem rem mobil tersebut. Jadi sebaiknya rutin mengecek volume minyak rem ya...

>>> Ada banyak pilihan mobil bekas berkualitas termurah disini

4. Ganti Secara Rutin

odometer mobil

Ganti kampas rem secara rutin dengan memperhatikan odometer

Mengganti kampas rem juga tak harus menunggu komponen itu menipis atau bahkan rusak. Penggantian komponen ini sebaiknya dilakukan secara rutin ketika mobil sudah mencapai jarak tempuh tertentu. Untuk mobil transmisi manual, sebaiknya ganti kampas rem tiap 60.000 - 70.000 kilometer. Sementara untuk mobil matik tiap 35.000 - 40.000 kilometer.

>>> Tips dan trik menarik lainnya ada disini

Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top