Perhatikan 5 Hal Ini untuk Menghemat Biaya Perawatan Mobil

01/04/2021

Perawatan dan service

1 menit

Share this post:
Ketika Anda memiliki mobil tentu harus siap dengan biaya perawatan mobil. Agar lebih hemat ketika melakukan servis mobil, sebaiknya perhatikan 5 tips berikut ini.

Memiliki mobil berarti harus siap dengan biaya-biaya perawatan yang timbul seiring dengan pemakaiannya. Merawat mobil memang tidak semudah yang dibayangkan. Terlebih lagi bagi Anda yang menggunakan mobil sebagai kendaraan harian. Perawatan secara  rutin bisa mencegah terjadinya kerusakan pada mesin kendaraan.

Dilihat dari sisi biaya, memang terlihat bahwa perawatan mobil membutuhkan biaya besar. Namun jika dibandingkan dengan perbaikan ketika mobil sudah rusak, tentu biaya yang harus dikeluarkan jauh lebih besar lagi. 

Pertama kali yang harus selalu diperhatikan saat merawat mobil kesayangan adalah performa mesin. Mengingat mobil Anda merupakan mesin yang terdiri dari sekian banyak komponen untuk mendukung mobilitas, tentu saja Anda harus rajin melakukan perawatan mobil. Biaya yang dikeluarkan memang tidak sedikit, namun beberapa tips berikut ini akan membantu Anda untuk menghemat biaya perawatan mobil yang efektif. 

Ganti Oli secara Rutin

Oli adalah cairan pelumas mesin yang memiliki fungsi krusial dan tidak bisa digantikan. Selain berfungsi sebagai pelumas, oli mobil juga berfungsi sebagai pendingin mesin. Ganti oli mobil disarankan setiap 5.000 hingga 10.000 km tergantung jenis oli yang digunakan oleh mobil Anda. 

mengganti oli secara rutin

Rutin mengganti oli untuk menjaga performa mobil

Penggantian oli dapat dilakukan di rumah maupun di bengkel, namun jika Anda ingin berhemat maka Anda bisa melakukannya sendiri di rumah. Anda cukup mengeluarkan uang untuk pembelian oli sesuai dengan takaran yang direkomendasikan oleh pabrikan mobil Anda dan juga filter oli.

Periksa Tekanan Angin secara Berkala

Sering kali permasalahan pada ban mobil dianggap sepele oleh sebagian besar pemilik kendaraan. Permasalahan pada ban ini justru membuat Anda mengeluarkan biaya yang lebih besar lagi. Mengemudikan mobil dengan ban yang kempes akan membuat mesin membakar bensin yang lebih banyak. Tidak hanya itu, ban yang kekurangan tekanan udara kemudian dipaksa menopang beban mobil berakibat pada munculnya retak-retak pada ban. 

memeriksa tekanan angin ban

Pentingnya memeriksa tekanan angin secara berkala sebagai salah satu perawatan mobil

Anda disarankan untuk melakukan pengecekan pada tekanan ban secara berkala sesuai dengan rekomendasi yang tertulis pada frame pilar pintu pengemudi. Tekanan ban yang pas akan menambah kenyamanan Anda dalam berkendara. Manfaat lainnya tentu saja mencegah kerusakan pada ban, velg, maupun kinerja mesin mobil Anda. 

>>> Cara Perawatan Kolong Mobil Supaya Nggak Karatan

Panaskan Mesin Mobil Sebelum Dipakai

Saat ini budaya memanaskan mesin mobil mungkin memang terdengar menggelitik mengingat teknologi pada mesin mobil semakin canggih. Kenyataannya, memang memanaskan mesin mobil sangat penting dilakukan dalam rentang waktu 10 hingga 15 menit sebelum mobil dikendarai. Sama halnya dengan manusia ketika akan berolahraga disarankan untuk melakukan pemanasan terlebih dahulu, memanaskan mesin mobil dilakukan agar mesin melakukan persiapan dalam sistem pengapian dan kelistrikan.

Hindari Mengemudikan Kendaraan secara Agresif

mengemudikan mobil

Pentingnya berhati-hati dalam membawa mobil

Kebiasaan mengendarai mobil dengan kecepatan tinggi sangat berpengaruh pada kualitas mesin. Hindari kebiasaan mengemudi dengan kecepatan tinggi dan pengereman keras atau mendadak. Cara ini dinilai sangat efisien untuk menghemat penggunaan bahan bakar hingga 40%. Penghematan bahan bakar menjadi semakin optimal jika Anda dapat mempertahankan kecepatan maksimal pada kisaran 80 km/jam. Melaju pada kecepatan 100 km per jam membuat mesin bekerja lebih keras sehingga bahan bakar yang dikonsumsi menjadi naik sekitar 15% lebih besar.

Lakukan Servis Rutin 

Satu hal yang paling penting dan krusial yang wajib dijaga oleh pemilik mobil adalah melakukan servis rutin. Mobil bekas maupun mobil baru wajib mendapatkan servis secara berkala meskipun sudah tidak mendapatkan layanan servis gratis dari dealer. Melakukan servis rutin kendaraan justru akan sangat menguntungkan Anda karena mobil selalu dalam performa yang baik dan terawat. Mobil yang jarang diservis meningkatkan risiko masalah lain pada mesin sehingga menimbulkan biaya perawatan yang sangat mahal.

Itulah beberapa hal yang sebaiknya Anda perhatikan demi menghemat biaya agar tidak terjadi pembengkakan pada saat servis kendaraan roda empat kesayangan. Sebagai pemilik mobil, sudah sewajarnya Anda bertanggung jawab terhadap kondisi kendaraan Anda dengan melakukan perawatan mobil. Dengan tetap memperhatikan perawatan harian, akan membuat kondisi mesin mobil lebih awet dan tetap prima. 

>>> MG Tingkatkan Layanan Gratis Biaya Perawatan Mobil Hingga 100.000 Kilometer

Menyukai dunia menulis di bangku SMP hingga serius menggeluti dunia SEO sejak tahun 2011. Penggemar berat FC Barcelona, konser musik, dan eksplorasi alam, kini menulis SEO di Cintamobil.com sejak Maret 2021.
 
back to top