Pilih Hidrolik atau Elektrik, Ini Beda Jenis Power Steering Mobil

30/09/2020

Perawatan dan service

2 menit

Share this post:
Pilih Hidrolik atau Elektrik, Ini Beda Jenis Power Steering Mobil
Mobil terbaru menggunakan power steering untuk membantu pengendaraan. Beda teknologi, apa saja jenis power steering yang digunakan pada mobil terbaru?

Perkembangan teknologi pada kendaraan bertujuan untuk menjadikan pengendaraan menjadi lebih mudah. Salah satunya teknologi yang digunakan pada setir untuk membantu membelok yang dikenal dengan nama power steering. Secara umum, ada dua power steering yang digunakan di Indonesia. Dan berikut beberapa perbedaan dari kedua jenis power steering tersebut.

Power steering hidrolik

Sistem hidrolik merupakan sistem yang paling umum dan sistem pertama yang digunakan pada kendaraan. Dilansir dari Hyundai Indonesia, sistem power steering hidrolik adalah teknologi yang menggunakan jalur hidrolik bertekanan untuk meringankan kinerja roda kemudi. Sistem yang bisa didapatkan pada Hyunda H-100 ini pada umumnya memiliki komponen yang terdiri dari rak kemudi, tabung reservoir, katup, silinder, dan sabuk.

ilustrasi cara kerja power steering hidrolik
Sistem kerja power steering hidrolik yang masih sederhana

Cara kerja power steering hidrolik cukup sederhana. Menggunakan prinsip tekanan cairan, sistem akan mengambil cairan dari tabung reservoir ke rak kemudi ketika roda kemudi dibelokkan. Ada katup dan silinder yang terhubung ke tabung reservoir dan sistem hidrolik yang terdapat pada rak kemudi. Ketika katup terbuka, cairan hidrolik mengalir ke katup dan mendorong rak kemudi ke arah yang dituju. Sehingga setir akan menjadi lebih ringan secara linear. 

Sistem ini sebaiknya digunakan dengan seksama. Perhatikan kondisi mobil ketika sedang diparkirkan, yaitu dengan tidak memarkirkan kendaraan ketika setir dalam keadaan miring. Jika hal ini terjadi, maka sistem akan mendapatkan beban berlebih pada satu sisi sehingga memungkinkan terjadinya kebocoran untuk jangka panjang.

>>> Ternyata Ini Penyebab Power Steering Berat dan Cara Mencegahnya

Power steering elektrik

Sistem ini dikenal juga dengan nama Electric Power Steering atau EPS. Power steering elektrik adalah jenis power steering terbaru yang kompleks namun menjadi lebih sederhana dibandingkan sistem hidrolik karena mengguanakan elektrifikasi. Tak ada sistem sabuk dan hidrolik yang merepotkan. Sistem ini bisa Anda temukan pada Hyundai Kona yang lebih baru.

cara kerja power steering elektrik
Sistem power steering elektrik dibuat lebih kompleks

>>> Berikut Tindakan Preventif Yang Membuat Power Steering Elektrik Berumur Panjang

Ada beberapa tipe sistem EPS, namun sebagian besar memiliki prinsip yang hampir sama. Cara kerja EPS dengan sensor mendeteksi arah putaran setir serta motor yang membantu memperingan kinerja setir. Keunggulan kemudi EPS dirasakan pada minimnya perawatan yang dibutuhkan. EPS juga memperingan beban mesin dan menambah efisiensi mesin ketika berkendara.

Memang harga yang dibayarkan untuk sistem ini lebih mahal dibandingkan power steering hirdolik. Tapi keunggulannya termasuk setir yang lebih efisien. Bahkan Anda bisa memarkirkan mobil dalam keadaan setir berbelok karena tidak ada daya listrik yang mengisi motor listrik pada sistem EPS.

>>> Klik sini untuk lanjut simak tips dan trik yang berguna lainnya

Share this post:
Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Berita lain

Cara Memeriksa dan Menambah Oli Power Steering

21/08/2017

Perawatan dan service

2 menit

Semua mobil memiliki sistem power steering hidrolik yang membantu pengemudi untuk memutar setir dengan ringan. Jadi pemilik harus selalu ingat memeriksa ketinggian oli power steering dan menambahkannya kalau diperlukan

Lihat juga

Ternyata Ini Penyebab Power Steering Berat dan Cara Mencegahnya

05/09/2020

Perawatan dan service

3 menit

Banyak hal bisa membuat power steering berat sehingga bisa mengganggu. Berikut beberapa hal yang menjadi penyebab power steering berat dan cara mencegahnya.

Lihat juga

Awas, 4 Hal Ini Sebabkan Power Steering Rusak

24/07/2020

Perawatan dan service

4 menit

Power steering adalah komponen yang krusial sehingga akan menggangu kinerja mobil secara keseluruhan jika mengalami masalah. Apa saja pemicu masalah sistem kemudi ini?

Lihat juga

Begini Cara Kerja VFC Power Steering Fortuner Dan Hilux Baru

11/06/2020

Mobil baru

3 menit

Toyota Fortuner dan Hilux baru sudah dilengkapi dengan VFC (Variable Flow Control) di kemudinya, begini cara kerja VFC power steering Fortuner dan Hilux anyar..

Lihat juga

Bengkel MW Power Steering, Sudah Dipercaya Sejak Tahun 1990-an

20/02/2020

Perawatan dan service

5 menit

Bengkel MW Power Steering bisa menjadi bengkel alternatif untuk perbaikan power steering mobil Anda. Diakui beberapa konsumennya, bengkel ini cukup piawai memperbaiki berbagai masalah power steering dan harganya pun bersahabat.

Lihat juga
 
back to top