Perawatan di Rumah, Ini 6 Perawatan Mobil Matik yang Sering Terlupa

01/05/2020

Perawatan dan service

3 menit

Share this post:
Perawatan di Rumah, Ini 6 Perawatan Mobil Matik yang Sering Terlupa
Masa-masa karantina ini mengharuskan kita untuk tetap di rumah. Sedangkan untuk perawatan mobil matik yang dilakukan di rumah, ada beberapa hal yang sering terlupa.

Cara terbaik untuk merawat mobil matik adalah dengan mengikuti jadwal servis yang disarankan oleh pabrikan. Tetapi ketika layanan servis gratis sudah berakhir, tak semua konsumen mengikuti servis pabrikan lagi. Sayangnya ada sejumlah perawatan yang terlupa. Jika Anda memiliki merawat mobil sendiri, perhatikan beberapa hal yang sering terlupa dalam perawatan mobil matik.

1. Periksa cairan transmisi

Pada beberapa mobil, memeriksa oli transmisi semudah memeriksa oli. Caranya mudah. Biarkan mobil menyala dan pastikan mesin cukup hangat ketika Anda mengeluarkan dipstick. Periksa cairan pada dipstick. Oli transmisi biasanya berwarna merah muda atau hampir bening. Melalui dipstick, periksa apakah tinggi cairan sesuai dengan garis pada dipstick.

tangan yang sedang mengecek oli transmisi
Anda bisa memeriksa cairan transmisi melalui dipstick

2. Periksa filter transmisi

Sebagian mobil modern memang sudah tidak lagi menggunakan filter transmisi. Tetapi mobil lawas memiliki filter transmisi yang harus diganti dari waktu ke waktu. Penggunaannya memang sepnuhnya tergantung merek dan model. Namun memeriksa filter transmisi sangat penting untuk menjaga daya tahan serta masa pakai transmisi Anda.

>>> Cegah Mundur, Ini Cara Menyetir Mobil Manual di Jalan Menanjak

3. Mengganti oli transmisi

Beberapa pabrikan mulai menjual mobil dengan gimik “lifetime transmission fluid” atau “long-life transmission fluid”, membuat kesan perawatan transmisi otomatis lebih sedikit dibandingkan transmisi manual. Tapi tentu saja setiap cairan yang digunakan pada mobil memiliki masa berlaku dan akan aus sepanjang perjalanan.

tangan yang sedang mengganti oli transmisi
Perawatan mobil matik yang sering dilupakan; mengganti oli transmisi

Transmisi modern bekerja lebih keras dan lebih lama dibandingkan pendahulunya. Dan kekuatan serta daya tahan oli transmisi menurun dari waktu ke waktu. Mobil dengan long life transmission fluid mengalami kegagalan transmisi setelah 150.000 kilometer. Jika Anda ingin mendapatkan transmisi otomatis yang tetap dalam kondisi prima, Anda bisa mengganti cairan transmisi ketika mobil sudah mencapai 100.000 kilometer.

Namun yang paling penting adalah menggunakan jenis oli transmisi yang tepat. Pastikan kekentala oli yang digunakan sesuai dengan rekomendasi pabrikan. Ketika Anda memeriksakan mobil ke bengkel resmi, Anda bisa memperhatikan oli jenis apa yang digunakan pada mobil Anda. Anda juga bisa melihat rekomendasi oli transmisi yang digunakan melalui buku manual.

>>> 4 Tips Penting Perawatan Mobil Matik Pada Saat #DirumahAja

4. Mengganti minyak rem

Minyak rem bersifat higroskopis, artinya menarik dan menyerap kelemban. Bahkan dalam sistem rem yang tertutup, minyak rem dapat menyerap uap air dari lingkungan sekitarnya sehingga menurunkan titik didih minyak rem. Bahkan jika hal ini selalu dibiarkan akan mempengaruhi dan mengakibatkan karat dan korosi pada sistem rem hidrolik.

tangan yang sedang mengganti minyak rem
Perawatan mobil matik agar tetap prima meliputi penggantian minyak rem

Sebagian besar pabrikan sudah menentukan interval servis untuk mengganti minyak rem. Ketika mobil telah berjalan selama beberapa tahun, ada kemungkinan interval yang diberikan sudah tidak berlaku lagi. Bagi Anda yang melakukan perawatan sendiri, Anda bisa mengganti minyak rem setiap 60.000 kilometer atau setiap tiga tahun sekali.

>>> Berikut Tips Membeli Mobil Matik Bekas Agar Terhindar Dari Kerugian Lebih Besar

5. Mengganti coolant

Mirip dengan cairan transmisi otomatis, cairan coolant sekarang dijual dengan nama “long life coolant” pada mobil. Tentu saja hal ini tak sepenuhnya benar. Kekuatan dan kerja coolant pun menurun seiring waktu dalam penggunaan normal. Apalagi ketika Anda sering membawa mobil sebagai pengendaraan sehari-hari.

tangan yang sedang menuangkan air coolant
Penggantian coolant akan membuat sistem pendingin tetap sehat

Sepanjang digunakan, keseimbangan ph coolant menjadi kurang dari ph ideal dan dapat merusak pendinginan mobil, mulai dari komponen sistem pendingin bahkan mesin. Interval yang disarankan untuk penggantian coolant yaitu 60.000 hingga 100.000 kilometer. Penggantian ini akan menjaga pendingin berada dalam konsentrasi yang tepat dan menjaga sistem pendingin tetap sehat.

>>> Ingin membeli mobil bertransmisi otomatis? Dapatkan daftarnya di sini

6. Filter AC

Selain filter oli, Anda juga perlu memperhatikan fiter AC. Disebut juga dengan filter udara kabin digunakan untuk meyaring udara yang masuk ke kabin penumpang dari luar kendaraan. Beberapa kendaraan menggunakan filter partikel yang sederhana untuk menghilangkan debu dan kotoran dari udara yang beredar di dalam kabin.

tangan yang sedang mengganti filter AC
Filter AC yang kotor bisa memperburuk kualitas udara di dalam kabin

>>> Jangan lupa klik sini untuk lanjut simak tips dan trik perawatan dan service mobil lainnya dari Cintamobil.com

Ketika filter AC terlalu kotor, maka kemampuannya untuk menyaring udara kotor akan berkurang. Bahkan pada beberapa kasus masalah pada filter AC bisa membuat udara di dalam kabin menjadi lebih bau. Penggantian filter biasany tidak terlalu mahal dibandingkan komponen lainnya. Namun dengan begitu bisa meningkatkan kualitas udara yang Anda hirup di dalam mobil.

Pengecekan dan perawatan mobil matik bisa dengan mudah dilakukan di rumah. Tetapi pada beberapa kesempatan, Anda membutuhkan bantua professional agar mobil tetap berada dalam kondisi prima. Jika sudah mencapai waktu pengecekan berkala, Anda bisa menggunakan layanan servis di rumah yang sudah disediakan oleh sebagian besar pabrikan dan bengkel yang ada saat ini.

>>> Simak pula tips dan trik otomotif terkini lainnya di Cintamobil.com

Share this post:
Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Berita lain

4 Tips Penting Merawat Transmisi Matik Pada Saat #DirumahAja

29/04/2020

Perawatan dan service

3 menit

Tidak menggunakan mobil bukan hanya ketika dibawa berjalan. Jangan lupa untuk merawat transmisi matik ketika sedang tidak digunakan selama masa karantina ini.

Lihat juga

Berikut Tips Gunakan Transmisi Matik untuk Pemula yang Aman

28/02/2020

Pengemudian

5 menit

Meski sepintas mudah, mengendarai mobil transmisi matik butuh perhatian khusus, terlebih untuk pemula. Untuk itu, simak tips gunakan transmisi matik berikut ini

Lihat juga

Mengenal Radius Putar Mobil, Hitungan Matematika untuk Berbelok

18/04/2020

Pengemudian

3 menit

Dengan perbedaan jarak poros roda pada kendaraan, radius putar mobil mengindikasikan berapa jarak yang dibutuhkan agar mobil bisa berbelok dengan sempurna.

Lihat juga

Jangan Asal Derek Mobil Matik yang Mogok di Jalan!

18/03/2020

Pengemudian

5 menit

Perlu pengetahuan sebelum menderek mobil matik saat mogok di jalan. Jika asal pasang alat penderek, maka ada risiko bagian transmisi jebol akibat roda dipaksa berputar.

Lihat juga

Berikut Tips Membeli Mobil Matik Bekas Agar Terhindar Dari Kerugian Lebih Besar

27/02/2020

Jual beli

4 menit

Memilih mobil bekas matik memang butuh ketelitian khusus. Untuk itu, simak tips membeli mobil matik bekas yang aman agar terhindari dan kerugian lebih besar

Lihat juga
 
back to top