Peran Deodorant Untuk Menghilangkan Bau Busuk Interior Mobil

Share this post:
Peran Deodorant Untuk Menghilangkan Bau Busuk Interior Mobil
Bukan rahasia kalau interior mobil wangi memberikan kenyamanan ekstra bagi pengemudi dan para penumpang. Tapi tahu tidak kalau dari banyak jenis pewangi interior mobil, deodorant menjadi salah satu yang layak dipilih untuk menghilangkan bau busuk. Simak ulasan berikut!

Kotoran yang tersimpan di dalam mobil tidak hanya membuat interior terlihat berantakan dan jorok. Seringkali berbagai macam kotoran dan sisa-sisa bungkus makanan yang tersimpan di dalam mobil menimbulkan bau tidak sedap yang bisa menempel pada karpet dan juga jok kursi mobil. Karena itu setelah interior mobil dibersihkan dari kotoran, jangan lupa untuk menggunakan deodorant yang memiliki fungsi untuk membuat kabin memiliki aroma yang wangi.

Jangan salah, deodorant disini bukan deodorant untuk menghilangkan bau ketiak. Tapi deodorant dalam makna Adjective yaitu penghilang bau busuk. Ada beberapa macam jenis model deodorant mobil yang bisa Anda gunakan, bahkan bagi yang tidak suka wewangian kini juga ada alat penghisap bau yang membuat mobil Anda lebih netral aromanya tanpa parfum buatan.

1. Minyak wangi

Foto minyak wangi dalam mobil

Minyak wangi mobil bisa bertahan lebih dari satu bulan

Deodorant yang pertama berbentuk minyak yang biasanya dikemas dalam botol dan bisa Anda pasangkan pada ventilasi AC sehingga wangi dari minyak tersebut bisa tersebar ke seluruh kabin mobil. Jenis deodorant ini mudah untuk dipasangkan, meski harganya lebih mahal dibandingkan produk sejenis lainnya tetapi biasanya satu botol bisa bertahan hingga lebih dari satu bulan tergantung dengan pemakaian blower AC mobil Anda.

>>> Kabin Mobil Kurang Dingin? Begini Tips Menjaga Kondisi AC Mobil Tetap Normal

2. Gel wangi

Foto parfume gel di dashboard mobil

Parfume gel paling baik diletakkan di tempat dengan sirkulasi udara besar

Deodorant mobil yang kedua memiliki bentuk gel yang dikemas dalam wadah plastik dengan ventilasi pada bagian sisinya yang. Gel ini akan mengeluarkan wangi dengan sendirinya tanpa harus dipasangkan pada ventilasi blower AC sehingga bisa Anda letakkan di dashboard, bisa juga di bagasi yang biasanya menjadi sumber bau mobil. Dibandingkan dengan minyak, deodorant mobil model gel akan sulit menebarkan wanginya jika diletakkan di tempat yang sirkulasi udaranya sempit, tetapi harganya lebih murah dibandingkan dengan model minyak.

3. Pewangi gantung

Foto parfum gantung di mobil, elegan

Tak hanya mengharumkan, pewangi gantung juga menambah estetika

Untuk pewangi yang lebih murah dan tidak terlalu tajam baunya, Anda bisa menggunakan tipe deodorant mobil yang digantung. Pewangi ini adalah minyak yang dibungkus dengan plastik dan digantung dengan menggunakan tali di mana wangi parfumnya akan keluar jika ada sirkulasi udara. Biasanya, pewangi gantung digantungkan di kaca spion atau di bagian handle tangan penumpang.

>>> Dikeluhkan Pembeli Cina, Ini Teknologi Baru Ford untuk Menghilangkan Bau Mobil Baru

4. Aerosol

Sedang menyemprotkan wewangian dalam mobil

Arahkan semprotan ke tempat yang Anda inginkan

Setelah membersihkan mobil dari kotoran, Anda bisa menyemprotkan deodorant mobil berupa spray kalengan untuk membuat mobil jadi lebih wangi dengan lebih cepat, meski efeknya memang tidak tahan lama. Tapi menggunakan pewangi ini cukup efisien untuk membuat interior mobil jadi lebih wangi dan tidak bau sampah atau bau sisa makanan. Semprotan aerosol juga bisa langsung menghilangkan bau rokok pada interior mobil yang biasanya menempel sehingga susah untuk dihilangkan. Anda juga bisa memilih jenis deodorant semprot yang bisa membunuh bakteri penyebab bau pada kabin mobil sehingga membuat mobil jadi lebih netral baunya.

>>> Ingin membeli mobil baru? Lihat saja listingnya di Cintamobil.com

5. Auto plug-in

Foto parfum plug-in di mobil FIAT

Deodorant plug-in butuh aliran listrik untuk melepas aroma wangi

Ada juga model deodorant mobil yang bisa Anda hubungkan dengan outlet listrik yang tersedia di kabin mobil untuk melepaskan wangi dari parfum yang ada di alat ini. Wangi dari alat ini hanya akan keluar jika dicolokkan ke outlet sehingga Anda bisa memilih kapan harus menggunakan deodorant ini misalnya ketika mobil ditumpangi orang lain sehingga kesan terhadap mobil Anda tetap bagus, atau ketika mobil belum sempat dibersihkan sehingga untuk menyamarkan baunya Anda bisa menancapkan alat deodorant ini ke outlet yang tersedia.

Umumnya peran deodorant dalam membersihkan kotoran untuk mobil adalah membuat kabin interior mobil tetap wangi dan bebas bau. Sampah dan kotoran-kotoran, serta sisa makanan yang meski sudah dibersihkan kadang masih meninggalkan bau yang menempel. Berbagai macam jenis deodorant mobil di atas bisa Anda pilih untuk memastikan semua penumpang nyaman untuk menaiki mobil Anda karena bebas bau tengik.

>>> Temukan berbagai tips dan trik otomotif terpercaya hanya di sini!

Share this post:
Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top