Penyebab Terjadi Overheat Pada Mesin Mobil

Share this post:
Penyebab Terjadi Overheat Pada Mesin Mobil
Melakukan perjalanan panjang seperti liburan ke desa atau pergi ke luar kota sering terjebak macet panjang sehingga mesin terus-menerus bekerja. Mesin bekerja secara non stop dalam waktu lama sangat mudah mengalami overheat.

Mesin panas berlebih atau overheat adalah penyakit yang sering dikena mobil.  Overheat mungkin mengakibatkan mesin mobil rusak  bahkan terbakar kalau ia  tidak diatasi secara tepat waktunya. Untuk tahu kenapa mesin overheat, silahkan membaca tulisan di bawah  ini untuk mencari jawabannya.

mobil terbakar di tengah jalan

Mobil mengalami overheat jika tidak diatasi akan terbakar

Penyebab  utama terjadinya overheat adalah sistem pendingin mesin bermasalah mulai dari fungsi radiator, kipas radiator elektrik, thermostat, hingga water pump. Akan tetapi paling umum overheat terjadi akibat masalah pada radiator. Menurut penjelasan dari bapak Iwan Abdurahman- kepala Bengkel Toyota Astra Motor kebanyakan mobil yang mengalami overheat disebabkan oleh electric fan yang tidak berfungsi, kebocoran di bagian radiator dan penyumbatan radiator. Komponen electric fan memiliki usia pakai sendirinya, dan jika sudah mencapai umur hingga 80.000 km, sebaiknya pemilik harus  waspada. Dalam umur itu kerja dari electric fan sudah tidak optimal.
>>> Untuk membaca tulisan lain tentang pengalaman merawat dan servis mobil, klik sini

wanita sedang menelpon kepada garasi karena mobilnya terkena overheat dan tiba-tiba mogok di jalan

Mobil terkena overheat di tengah jalan

Pendek kata overheat bisa terjadi pada mobil apa pun, kapan pun dan dimana pun. Oleh karena itu, Anda harus  mengenal tanda tanda yang memperlihatkan  mesin mobil Anda mengalami Overheat yaitu  memiliki suhu di atas normal. Pada saat itu Anda harus membawa mobil ke bengkel  untuk diperbaikinya.
>>> Klik sini untuk membaca tulisan lain tentang pengalaman, tips dan trik pemakaian mobil

Share this post:
 
back to top