Penyebab Bau Asap Knalpot di Kabin Mobil dan Cara Mengatasinya

01/10/2020

Perawatan dan service

4 menit

Share this post:
Penyebab Bau Asap Knalpot di Kabin Mobil dan Cara Mengatasinya
Pernahkan Anda mencium bau asap knalpot di kabin mobil ketika sedang berkendara? Agar tak terulang lagi, simak apa saja penyebab dan cara mengatasinya.

Bau pada kabin mobil tentu saja sangat mengganggu, apalagi ketika perjalanan jauh. Tapi beberapa masalah pada mobil bisa menyebabkan kabin menjadi bau, salah satunya terasa seperti asap knalpot. Bagi Anda yang pernah atau sedang mengalami hal ini, beberapa masalah berikut mampu membuat kabin memiliki bau seperti asap knalpot.

Kenapa AC mobil bau asap knalpot?

Masalah paling utama yang bisa menyebabkan bau asap knalpot di kabin mobil yaitu dengan terganggunya sirkulasi udara pada mobil. Cek actuator pengatur sirkulasi udara pada AC. Jika posisi tombol menunjukkan sirkulasi udara dari luar ke dalam kabin, maka udara luar akan masuk ke dalam kabin.

ventilasi AC mobil Toyota berwarna hitam
Asap knalpot bisa masuk ke dalam kabin melalui AC

>>> Knalpot Keluar Air Tiap Pagi Tanda Mobil Sehat, Benarkah?

Dilansir dari Auto2000, kabin berbau asap knalpot bisa terjadi karena mobil sedang berada di dalam kemacetan atau berada di dekat truk. Dengan sirkulasi dari luar ke dalam, mobil yang berada di tengah-tengah kemacetan bisa menerima udara bercampur asap knalpot dari luar. Solusinya adalah dengan memindahkan pengaturan sirkulasi udara ke posisi udara kabin.

Masalah kedua adalah terbukanya karet kabin yang berhubungan dengan udara luar atau kolong mobil. Karet ini biasanya bisa ditemukan pada bodi belakang di bawah bagasi, karet penutup kabel kabin ke ruang mesin, steering column, atau selang AC. Karet yang sobek atau mengeras bisa menyebabkan bau asap knalpot masuk ke dalam kabin.

>>> Auto2000 Sediakan Fasilitas Uji Emisi Gas Buang Gratis saat Servis Berkala

Mencegah bau asap masuk ke dalam kabin mobil

Cek ventilasi secara berkala untuk memastikan bau dari luar tak sembarangan masuk ke dalam mobil. Terkadang ventilasi udara pada mobil sudah buruk dan perlu diganti. Jika tak segera diganti, tak menutup kemungkinan Anda bisa mencium bau limbah atau bau sampah yang menyengat mengurangi kenyamanan sepanjang perjalanan.

tangan yang sedang mengecek AC mobil
Cek ventilasi secara berkala untuk mencegah bau di dalam kabin

Jika Anda merasakan bau knalpot di mobil, buka jendela agar udara di dalam kabin berganti. Sebagian besar udara berbau asap knalpot memiliki kandungan CO2. Terlalu lama menghisap udara tersebut akan menyebabkan pusing atau gangguan pernafasan. Pastikan untuk melakukan perawatan berkala secara teratur untuk mencegah masalah berkelanjutan pada mobil.

>>> Beragam pilihan mobil Toyota baru dan bekas ada di sini

Share this post:
Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.
 
back to top