Pentingnya Membaca Manual Book Mobil

28/03/2021

Perawatan dan service

3 menit

Manual book mobil kerap disepelekan oleh pemilik kendaraan padahal dapat menyelesaikan masalah tanpa perlu panik tak melulu perlu bantuan mekanik.

Manual book mobil identik identik dengan produk baru. Meski kerap diabaikan, keberadaan buku panduan berguna untuk menyampaikan informasi penting pada konsumen. Utamanya fitur dan kelengkapan mengadopsi teknologi dengan perangkat komputer nan canggih.

>>> Alternator Mobil: Si Kecil yang Punya Peran Penting dalam Mobil

Gambar menunjukan Bungku manual

Buku manual Peugeot

Fungsi Manual Book

Manual book mobil disediakan bersama sejumlah produk dalam satu paket. Buku panduan ini berisi informasi sesuai dengan bagian yang terkait dari model atau produk tertentu.

“Fungsi manual book cukup signifikan terhadap penjualan sebuah produk. Manual book dapat membantu konsumen non-teknisi untuk menyelesaikan masalah tanpa bantuan ahli. Misalnya ketika mendapati masalah terkait produk, konsumen dapat membuka manual book terlebih dahulu, sebelum apakah harus memutuskan untuk pergi ke bengkel resmi,” terang Samsudin, After Sales Support PT Astra International.

Manual book bermanfaat untuk memberikan jawaban cepat kepada si empunya saat bermasalah atau adanya pertanyaan yang tentang produk tertentu. Pengguna dapat mencari informasi tentang fitur terbaru dan terhebat dari suatu produk. Selain itu, bagaimana cara menyelesaikan masalah ketika mendapatinya.

>>> Peugeot 308 Terbaru Meluncur, Ada Opsi Varian Hybrid

Gambar menunjukan Peugeot 3008

Tampilan Peugeot 3008

Haruskah Membaca Keseluruhan?

Perlukah membaca manual book mobil secara keseluruhan? Mungkin tidak perlu. Cukup melihat daftar isi. Setelah menemukan halaman yang tepat, konsumen silahkan membaca halaman sekilas untuk melihat apakah berisi informasi yang dibutuhkan. Itu adalah cara kebanyakan orang membaca manual book.

Sebagian besar manual book berisi panduan tertulis dan gambar terkait dalam bentuk ilustrasi sederhana. Bahasa yang digunakan pun disesuaikan dengan audiensnya. Dengan menjaga seminimal mungkin isi, namun tetap menjelaskan secara menyeluruh.

“Isi manual book biasanya terdapat informasi terpenting dan detail seperti Informasi Garansi, Instruksi Keselamatan, Instruksi Instalasi, Identifikasi Masalah, Instruksi Pengaturan, Spesifikasi Umum Produk serta Instruksi Perawatan dan Pemecahan Masalah. Sehingga konsumen tak perlu khawatir jika mendapati masalah di jalan,” tegas Samsudin.

Selain itu, di manual book juga tersedia infomasi Lokasi Pusat Layanan. Tujuannya bila ada masalah memerlukan perbaikan oleh teknisi resmi pabrikan. 

Untungnya, seiring berkembang zaman perangkat digital modern hadir selain manual book. Beberapa manual book untuk perangkat komputer disediakan dalam bentuk CD atau aplikasi diunduh melalui App Store atau Google Play. 

>>> Review Peugeot 3008 Allure Plus 2020: SUV Urban Negeri Mode

Sejak kuliah, Rahmat telah bercita-cita menjadi seorang jurnalis. Sarjana Sastra Indonesia ini mulai menjadi jurnalis sejak 2013 dan terjun di media otomotif setahun kemudian. Rahmat bergabung dengan tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

 
back to top