Pentingnya Filter Oli Pada Mobil

Share this post:
Pentingnya Filter Oli Pada Mobil
Setiap kali kita mengganti oli, kita akan diberikan kertas sebagai tanda untuk kembali mengganti oli ketika sudah mencapai jarak tempuh yang ditentukan. Jika diperhatikan, tidak hanya jarak tempuh terakhir untuk mengganti oli baru, namun jarak tempuh terakhir untuk mengganti filter oli pada mobil juga disertakan disitu.

Apakah filter oli pada mobil termasuk komponen penting yang harus diperhatikan? Jawabannya iya, karena filter oli pada mobil merupakan komponen yang begitu penting bagi sebuah mobil karena perannya yang bermanfaat bagi mesin mobil anda.

gambar kertas yang biasa diberikan setelah ganti oli

Kertas yang diberikan setelah ganti oli

>>> Untuk melihat tips dan trik bagi mobil anda bisa dilihat disini

Filter oli pada mobil berfungsi untuk membersihkan atau menyaring agar kotoran tidak tercampur dengan oli mesin. Oli mesin yang bersih akan memberikan pelumasan yang baik pada bagian mesin. Karena fungsinya sebagai penyaring, maka suatu saat filter oli akan penuh dengan kotoran sehingga harus diganti.

gambar filter oli mobil yang kotor

Filter oli mobil yang kotor

>>> Untuk melihat tips dan trik merawat mobil bisa dilihat disini

Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mengganti filter oli? Biasanya filter oli diganti minimal sekali setiap penggantian oli yang kedua kalinya. Sebagai contoh, misalnya ketika anda mengganti oli di jarak tempuh terakhir sekitar 5.000 km, maka ketika anda mengganti oli untuk kedua kalinya di jarak tempuh sekitar 10.000 km, maka saat itulah anda harus mengganti filter oli pada mobil anda. Filter oli akan diganti duluan dengan yang baru sebelum mengisi kembali oli baru pada mobil anda. Meskipun patokannya demikian, lebih baik berkonsultasi dengan teknisi bengkel karena mereka akan mengecek kondisi mobil anda dan memberikan saran apakah filter oli sebaiknya diganti atau tidak.

gambar filter oli yang dijual secara umum

Filter oli yang biasa dijual secara umum

Apa yang terjadi ketika anda lupa mengganti filter oli pada mobil anda? Biasanya filter oli lama yang sudah penuh dan tersumbat akan membuat oli yang seharusnya bersih ketika mengganti oli baru menjadi terkontaminasi dengan kotoran yang membuat kinerja mesin mobil tidak maksimal. Jika dibiarkan, tidak hanya mesin mobil yang bermasalah hingga rusak, tetapi beberapa komponen mobil yang lainnya juga terkena imbasnya. Mau tidak mau anda harus mengeluarkan biaya lebih untuk memperbaiki komponen-komponen mobil yang rusak tersebut.

>>> Klik disini untuk melihat mobil bekas yang disediakan oleh cintamobil.com

Share this post:
 
back to top