Pengusaha Wajib Catat! Truk Listrik Lebih Efisien Dari Truk Diesel

17/07/2021

Perawatan dan service

3 menit

Efisiensi jadi variabel yang dilihat oleh para pengusaha truk, dan truk diesel memang punya beragam keunggulan, tapi ternyata mampu dipatahkan oleh truk listrik

Efisiensi bahan bakar memang menjadi salah satu variabel yang dilihat oleh para pengusaha truk. Dan harus diakui, saat ini truk diesel memang punya beragam keunggulan salah satunya efisiensi bahan bakar, tapi tahukah Anda ternyata keunggulan ini sudah mampu dipatahkan oleh truk listrik?

Lebih Irit Dibanding Truk Diesel

Oke, Cintamobil.com coba jabarkan, perhitungan sederhananya begini, charging baterai dari 0 ke 66 kWh biayanya Rp105 ribu. Itu didapat dengan asumsi biaya listrik per kWh adalah Rp1600. Coba bandingkan jika truk konvensional diisi solar dengan muatan 3 ton, konsumsi bahan bakar sebuah truk paling hanya sekitar 3 hingga 4 km/l.

Gambar Mitsubishi Fuso eCanter

Berdasarkan hasil perhitungan kami, truk lisrik ini jauh lebih efisien dari truk diesel

Itu artinya untuk mencapai 100 kilometer truk konvensional membutuhkan 30 sampai 40 liter. Jika isi solar biasa itu per liternya adalah Rp5500, berarti butuh uang Rp165 ribu hingga Rp220 ribu rupiah, jadi dibandingkan dengan solar biasa sekalipun energi listrik jauh lebih murah.

>>> Hebat! Truk Listrik Ini Ngecas Lebih Cepat Dari Laptop

Menguntungkan Dan Cocok Untuk Pengusaha

Truk ini jelas akan sangat menguntungkan bagi pengusaha dan juga menyenangkan bagi sopir truk karena bertabur fitur lengkap. Memang truk Mitsubishi Fuso eCanter ini tidak diciptakan untuk melahap perjalanan jauh seperti antar kota antar propinsi.

Foto fitur Mitsubishi Fuso eCanter

Fitur truk listrik ini lengkap

Sebab jarak maksimum 100 kilometer itu adalah asumsi jika barang terisi (dibawa truk) mencapai 75% dari rekomendasi. Fuso eCanter sendiri di Jepang memang digunakan untuk delivery barang dengan jarak pendek, kecepatan maksimumnya sendiri hanya berkisar 80-100 km/jam.

Foto Mitsubishi Fuso eCanter

Truk ini akan menguntungkan pengusaha

Lantas mengapa kami berani bilang ia menguntungkan bagi pengusaha? Itu semua karena skema truk Mitsubishi Fuso eCanter adalah rental atau sewa, jadi semua akan sangat tergantung pengusahanya, ingin berapa lama menyewa truk ini.

Foto emblem Mitsubishi Fuso eCanter

Kalau mau beli harganya setara 6 bahkan 7 Mitsubishi Pajero Sport Dakar

Dengan sewa, otomatis biaya yang dikeluarkan akan lebih murah dan lebih terukur, bandingkan jika pengusaha diminta untuk membeli truk listrik yang harganya setara 6 buah Mitsubishi Pajero Sport tipe Dakar, mungkin para pengusaha akan tidak mau. Biayanya semua menjadi pasti ketika rental.

>>> Mengenal Rem Bus dan Truk, Cakram vs Tromol

Spesifikasi Truk Listrik Mitsubishi Fuso eCanter

Ini adalah spesifikasi Mitsubishi Fuso eCanter 2020:

Penggerak Mitsubishi Fuso eCanter 2020

 Jenis Dinamo Elekrik

 AC Synchronous Electric Motor

 Jenis Baterai & Kapasitas Maksimum Baterai

 Six Mercedes-Benz liquid cooled, 360V, 82,8 kWh Lithium-ion Battery pack

 Jarak Tempuh Maksimum

 Up to 80 Miles (100 Kilometer)

 Rated Power

 135 KW atau setara dengan 180 Hp

 Rated Torque

 380 Nm

 Charging Time

 Quick Charge: 0-100% dalam 1,5 jam (Arus DC)

 Standart Charge: 200- 230 Volt (32 Ampare) 0-100% dalam 6-8 jam (Arus AC)

 Tipe Transmisi

 Otomatis Single Gear Reduction dengan Penggerak Roda Belakang

Rangka Fuso eCanter 2020

 Panjang X Lebar X Tinggi

 N/A 

 Jarak Sumbu Roda

 N/A

 Radius Putar Minimum

 44,6 Meter

 Jarak Terendah Ke Tanah

 N/A

 Jumlah Tempat Duduk

 3-seats

Suspensi/Kaki-Kaki Mitsubishi Fuso eCanter 2020

 Suspensi Depan & Belakang

 Depan: Laminated leaf spring with shock absorbers and stabilizer bar

 Belakang: Laminated leaf spring with shock absorbers and stabilizer bar

 Sistem Kemudi

 Ball Nut with Electric Hydraulic Power Boost (Tilt And Telescopic Adjustment)

 Rem Depan & Belakang

 Disc Brake & Disc Brake

 Teknologi Sistem Pengereman

 ABS & EBD with Two Stage Regenerative

 Teknologi Safety Sasis

 N/A

 Struktur Sasis

 Ladder Frame, Commercial Light Truck Segment

 Pelek

 Steel, 17,5 inch

 Jenis Ban

 Dunlop SP330k, 215/75R17.5

So, apakah Anda sebagai pengusaha tertarik untuk memiliki truk listrik sebagai armada andalan di perusahaan Anda? Atau hanya berminat sewa saja? Beri tahu kami ya...

Lulusan kampus Trisakti angkatan 2009 ini sebenarnya salah jurusan saat kuliah. Karena ia mengambil jurusan Ekonomi Akuntansi mengikuti kemauan ayahnya dibanding mengambil kuliah teknik maupun komunikasi yang menjadi minatnya. Namun, passion menulis dan ketertarikannya akan mobil membawanya melamar menjadi jurnalis otomotif. Gayung pun bersambut, pada tahun 2014 di mana sebelum Arfian wisuda, ia sudah diterima bekerja di Motorplus Weekly. Motorplus Weekly adalah sebuah tabloid dwi mingguan yang mengulas tentang sepeda motor. Lho kok sepeda motor? Yes, karena saat Arfian melamar pekerjaan di anak grup Kompas Gramedia tersebut, hanya posisi itu yang tersedia. Setelah lulus kuliah Arfian bekerja di sana selama tiga tahun sebagai reporter. Bekerja menjadi jurnalis khusus sepeda motor Arfian jalani dengan semangat dan senang hati. Tak terhitung berapa kali ia menemui narasumber, berkunjung ke bengkel maupun sekadar mencoba sepeda motor baru dari jenis scooter hingga motor besar. Di tengah perjalanan karirnya, Motorplus Weekly memiliki satu anak usaha lagi yakni Otoplus weekly yang berpusat di Surabaya, Jawa Timur. Melihat potensi dan passion yang dimiliki Arfian, Editor in Chief Motorplus saat itu, Alm Achmad ‘Feol’ Riswan menugaskan secara khusus Arfian untuk mengisi kolom otomotif roda empat. Arfian ditugaskan untuk test drive mobil di tabloid Otoplus tersebut mulai tahun 2016. Sampai saat ini sudah ratusan kendaraan baik berjenis truk, bus, hingga mobil sport yang Arfian coba. Kegemarannya menulis dengan detail, terstruktur dan teknis membuat ia memiliki pembaca setia dan dipercaya untuk menjadi test driver di tabloid tersebut. Sejak tahun 2018 Arfian bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer dan menjadi Senior Content Writer setahun kemudian. Di tahun 2021 ia dipromosikan menjadi Editor, dan dengan kinerja yang baik di tahun 2021 ini pula ia dipromosikan kembali menjadi Managing Editor untuk website ini. Education 2009 - 2014 Trisakti University, Bachelor Degree, Accounting 2006 - 2009 54 Senior High School 2003 - 2006 109 Junior High School Experience 2014 - 2016 Motorplus & Otoplus, Kompas Gramedia 2018 Content Writer Cintamobil.com 2019 Senior Content Writer Cintamobil.com 2021 Managing Editor Cintamobil.com Awards 2020 - 3rd Winner, Best Online Write Up Activity & Industry News, Warta Citra Adiwahana 2020 - 2nd Winner, Mitsubishi Journalist Writing Competition - Artikel Online Terbaik 2021 - 1st Winner, Best Online Product Review, Warta Citra Adiwahana

 
back to top