Pengeringan Interior Mobil Hanya dalam 4 Langkah Sederhana

21/11/2018

Perawatan dan service

2 menit

Pengeringan Interior Mobil Hanya dalam 4 Langkah Sederhana
Satu pekerjaan harus dilakukan pemilik mobil manakala interior mobilnya ketumpahan air, yaitu pengeringan. Terlihat gampang, tapi hal ini tetap perlu cara benar agar proses pengeringan tidak menimbulkan dampak lain yang lebih buruk.

Masalah interior mudah saja ditemui. Misal saat perjalanan ada yang menumpahkan air minum dan bahkan karena banjir yang membuat air masuk. Proses pengeringan interior mobil tentu akan berbeda tergantung dari skala basah yang dihadapi. Jika hanya ketumpahan air minum, Anda tidak perlu serepot harus mengeringkan air banjir.

Jika basah sekala besar, Anda tidak boleh asal cepat kering. Memaksa proses pengeringan tanpa informasi yang cukup dapat menyebabkan efek negatif. Contohnya saat mengeringkan jok. Jika dipaksa kering dengan menggunakan hair dryer, bagian permukaan memang akan kering, tapi bagian dalam jok masih akan lembab. Jika dibiarkan, hal ini bisa menimbulkan bau tidak sedap dan bahkan jamur.

Foto minuman kaleng didalam mobil

Hati-hati bawa minuman dalam mobil, jangan sampai tumpah

Untuk mengeringkan interior mobil dengan benar dan sederhana, ikuti 4 langkah berikut ini!

1. Bongkar Mobil Anda

Jika masalah basah di mobil sangat parah, ada baiknya Anda membongkar interior mobil Anda. Membongkar ini hanya bagian – bagian yang basah saja, contoh seperti jok dan karpet. Jika tidak dibongkar, masalah basah bisa membuat kondisi dalam mobil terasa kotor dan lembab karena tidak kering menyeluruh. Hal seperti banjir bisa membuat area bawah alas mobil terendam air. Jika karpetnya tidak dibongkar, air yang diserap tidak akan bisa kering dengan cepat.

2. Lakukan Treatment yang Sesuai Tergantung Bagiannya

Setelah mengambil part – part mobil yang basah, waktunya membersihkan dan mengeringkan mereka dengan treatment yang cocok. Berikut adalah treatment – treatment khusus yang bisa Anda lakukan

  • Gunakan Lap Kering untuk permukaan keras. Contoh hal yang bisa dibersihkan dengan lap kering adalah dashboard dan interior
  • Vacum dan Blower. Penyedot di vacuum cleaner dapat menarik air yang terjebak di dalam material yang menyerap air. Contohnya busa jok dan karpet tebal.
  • Jemur. Beberapa material yang mudah kering, cukup dijemur dibawah sinar matahari untuk kering. Contohnya seperti karpet tipis dalam mobil.

Treatment yang lebih kompleks memang ada tapi biasanya membutuhkan alat khusus. Untuk treatment khusus ini lebih baik serahkan pada tempat service dan bengkel.

>>> Menjual Mobil Bekas: Perhatikan Kebersihan dan Kerapian Kendaraan

Foto seorang petugas detailing sedang membersihkan jok mobil pelanggan

Akan lebih mudah jika treatment dilakukan oleh ahlinya

3. Biarkan Terbuka di Bawah Sinar Matahari

Setelah kelembaban diangkat ke permukaan, sinar matahari akan mengeringkannya. Tergantung seberapa basah interior mobil Anda, waktu yang dibutuhkan untuk benar – benar kering juga akan berbeda. Selain dijemur, Anda juga bisa menggunakan blower untuk membuat aliran udara panas saat dijemur makin menyebar dalam mobil.

4. Pasang Kembali dan Gunakan Pengharum

Setelah bagian seperti jok, karpet dan bagian lain sudah kering, pasang kembali semuanya ke dalam mobil. Pastikan benar – benar cek agar tidak ada kesalahan dalam pemasangan. Hal seperti karpet yang tidak pas bisa menyelip ke pedal dan tentunya membuat tidak nyaman.

Setelah semua selesai terpasang, semprotkan pewangi ke dalam mobil. Hal ini untuk menghilangkan aroma matahari setelah menjemur. Aroma matahari memang nyaman tapi jika dicium di ruang tertutup seperti mobil, aromanya bisa mengganggu.

>>> Musim Hujan Mulai Datang, Kelembaban Bisa Akibatkan Bau Pada Mobil

Foto pengharum mobil mewah Vanzo

Gunakan pengharum untuk melawan bau tidak sedap pada interior mobil

Bagi Anda yang ingin mencari parfum untuk mobil Anda, intip berbagai pilihannya di sini:

>>> Tips terlengkap seputar mobil bisa ditemukan di Cintamobil

Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top