Pengaruh Pentingnya Pendingin Mesin Mobil dan Kenapa Anda tidak Boleh Meremehkannya

Pengaruh Pentingnya Pendingin Mesin Mobil dan Kenapa Anda tidak Boleh Meremehkannya
Sebagaimana cairan pada mobil lainnya, pendingin mobil memainkan peran besar dalam bagaimana mobil anda berjalan. Cintamobil memberikan beberapa isu terkait pentingnya pendingin mesin, serta peranannya dalam kondisi mekanik dan perawatan kendaraan.

Mengabaikan kondisi cairan tentu saja bisa memberikan masalah besar ke depannya pada kendaraan anda. Sebagaimana halnya oli, anda akan mengetahui pentingnya pendingin mesin dalam kehidupan mobil baik jangka panjang maupun jangka pendek.

  • Kegunaan Pendingin Mesin

Pendingin mesin sebenarnya adalah campuran cairan air dan antibeku yang terletak pada radiator kendaraan anda. Pendingin mesin mencegah mesin anda terlalu panas dalam cuaca panas dan membeku atau terlalu dingin dalam cuaca dingin yang ekstrem. Kondisi ‘terlalu’ ini merupakan kondisi yang sangat berbahaya bagi mesin.

Sistem pendingin mesin yang ada pada kap mobil berwarna maroon

Contoh pendingin mesin pada mobil

Pendingin mesin bekerja dengan mencapur air dan antibeku 1:1 dalam sistem pendingin mobil, tapi aturan ini tidak selalu baku. Mengingat kondisi cuaca yang bervariasi, perpaduan ini bisa terjadi dengan meningkatkan tidik didih atau mengurangi titik beku. Hal ini dilakukan untuk menyesuaikan dengan cuaca yang ada di luar mobil.

>>> Baca juga Mengenal Viskositas pada cairan oli mesin

  • Alasan kenapa anda tidak boleh mengabaikan pendingin mesin

Efek dari perawatan mesin yang buruk bisa menjadi bencana besar dan yang lebih parah lagi, merusak mesin dalam jangka waktu yang lama. Pendingin yang ada pada mobil diperkirakan akan mengalami penurunan secara alami dari waktu ke waktu karena kondisi mengemudi yang berat.

Gambar yang memperlihatkan cara kerja sistem pendingin mesin

Cara kerja pendingin mesin

Penurunan ini mungkin mengakibatkan kelembapan yang tidak perlu salam sistem pendingin mobil. Kelembapan yang ada akan membuat sistem pendingin anda bekerja lebih keras dari biasanya, terutama saat uap berubah dan akhirnya memanaskan komponen logam pada mesin anda

>>> Baca juga tips merawat mobil lainnya disini

Evan Waterless Coolant memberikan solusi yang menarik; perusahaan ini menawarkan pendingin tanpa air dengan titik didih lebih tinggi dan titik beku lebih rendah. Misalnya, titik didih yang lebih tinggi dari 190 Celcius dibandingkan dengan titik didih terendah 109 Celcius dari pendingin etilen glikon konvensional mencegah pendingin tanpa air menjadi mendidih atau menciptakan uap.

Perhatikan video berikut tentang pentingnya pendingin mesin

  • Perbedaan mobil lama dan mobil baru

Beberapa mobil, contohnya Toyota, membuat perubahan pada jenis pendingin yang digunakan pada kendaraan mereka. Waalny, pendingin dalam bentuk murni dan tidak murni dan harus diencerkan dengan air dalam rasio tertentu (pendingin 60 – 40 air). Setelah 2004, Toyota mengubah menjadi pendingin seumur hidup sepanjang 50.000km dan pendingin yang tidak perlu dicampur dengan air serta bisa bisa mendeteksi kebocoran lebih cepat.

Contoh sistem pandingin mesin pada mobil Forester '99

Contoh pendingin mesin gaya lama

Perusahaan lain seperti Audi dan Mercedes memiliki jadwal perawatan pendingin yang lebih pendek untuk kendaraan baru mereka. Untuk mobil Audi, mobil mereka memerlukan interval jadwal perawatan 30.000 km dan Mercedes memerlukan interval yang lebih ketat lagi, yaitu dengan 16.000 km untuk sebagian besar model mesin bensinnya.

Karena itu, mengetahui bagaimana mobil anda beradaptasi dalam hal pendingin mesin bisa menjadi cara yang tepat untuk merawat mobil. Berusuran dengan perawatan pendingin mesin dan melakukannya dengan benar merupakan salah satu cara memperpanjang daya tahan mobil. Anda bisa melihat pentingnya pendingin mesin setelah mengendarai dan melihat bagaimana mesin mobil bekerja.

>>> Baca juga tips dan trik lainnya disini

 
back to top