Penelitian: Semakin Mobil Tahan Lama, Semakin Banyak Masalah Pada Interior

29/01/2020

Perawatan dan service

3 menit

Share this post:
Penelitian: Semakin Mobil Tahan Lama, Semakin Banyak Masalah Pada Interior
Mobil dibuat lebih tahan dibandingkan sebelumnya. Meskipun menguntungkan pemilik, tetapi hal ini memberikan masalah pada interior kendaraan. Kenapa ya?

Perkembangan komponen kendaraan yang menjadikan mobil menjadi lebih tahan lama memang membuat usia mobil bertambah. Tetapi sayangnya ada masalah baru yang dirasakan oleh pemilik kendaraan, yaitu masalah pada interior kendaraan. Dijelaskan oleh USA Today, noda, retakan, dan elektronik yang ketinggalan zaman dapat merusak pengalaman berkendara.

Usia rata-rata mobil dan truk ringan di Amerika mencapai titik tertinggi sepanjang masa dengan usia pemakaian 11,8 tahun pada 2018, sebagaimana penelitian HIS Markit. Sebagian karena peningkatan mesin yang menjadi lebih tahan lama serta persyaratan pinjaman yang lebih panjang mendorong pemilik menggunakan kendaraan lebih lama.

beberapa mobil bekas yang sedang parkir
Diprediksi, semakin banyak mobil berusia lebih dari 15 tahun pada 2023 mendatang

Pada 2023, setidaknya sekitar 84 juta kendaraan berusia 16 tahun, meningkat 240% dari 35 juta pada tahun 2002, menurut IHS. Sayangnya, masa pakai kendaraan yang lebih tinggi memiliki pengaruh negatif. Plastik yang pudar dan noda pada kain meninggalkan kesan yang buruk dan menjadi masalah pada interior.

Meningkatnya layanan berbagi kendaraan atau penyewaan berbasis aplikasi membuat volume penumpang lebih tinggi dan interior berisiko lebih cepat aus. "Pelanggan menginginkan bahan-bahan dengan sentuhan lembut ini," kata Brent Gruber, Direktur Otomotif Senior di J.D. Power. "Mereka ingin semuanya terlihat sangat bagus, tetapi juga harus tahan lama dan juga harus tahan."

>>> Ini 10 Langkah Membersihkan Interior Mobil

Jok kulit dan arm rest

Teknisi dan mekanik membantu pembuat mobil mengembangkan interior yang tahan selama 15 tahun, bukan hanya 10 tahun. Pengembangan ini memperhatikan pelapis yang digunakan untuk armrest dan kain jok. Tetapi meningkatkan umur panjang interior sebesar 50% membutuhkan investasi dalam kompisisi dan desain baru, jelas Rebecca Liebert, Wakil Presiden Senior PPG.
Coating dan cat harus berkualitas tinggi hingga bisa bertahan sampai 20 tahun. Dari perspektif praktis, berarti menggunakan lebih banyak kulit sintetis pada kursi dibandingkan material fabric yang cenderung lebih cepat aus. "Ada peluang besar bagi para pembuat mobil untuk menemukan bahan baru yang tidak hanya lembut saat disentuh, tetapi juga tahan lama," kata Fisher.

 jok mobil berwarna beige yang sudah memudar
Jok bisa lebih cepat pudar jika tanpa perawatan yang memadai

Penciptaan bahan plastik yang lebih tahan lama masih dikembangkan untuk mengatasi masalah pada interior. Dua masalah yang paling sering terjadi pada interior adalah material yang memudar atau kain jok yang kotor. Hal tersebut dijelaskan J.D. Power yang melacak lebih dari 223 masalah pada kendaraan.

Sejak 2013 sampai 2019, J.D. Power menyebutkan bahwa kemajuan desain interior mengakibatkan 45% masalah pemudaran dan kotornya interior berkurang. Sebagian besar terjadi karena pergeseran ke arah kulit sintetis. "Kulit sedikit lebih tahan terhadap lecet dan tanah daripada bahan kain," kata Gruber.

>>> Dapatkan daftar mobil bekas dengan harga terbaik di sini

Sistem infotainment ketinggalan zaman

Gangguan pada sistem infotainment adalah salah satu masalah yang sering dikeluhkan pengemudi dalam penelitian terhadap kendaraa baru oleh Consumer Reports dan J.D. Power. Karena teknologi meningkat dengan sangat cepat, para pembuat mobil perlu mengintegrasikan pembaruan untuk perangkat lunak yang awalnya dirintis oleh Tesla.

dashboard Tesla berwarna hitam 
Tesla memiliki pembaharuan fitur secara nirkabel

Berbagai fitur pada mobil-mobil Tesla bisa ditingkatkan secara nirkabel. CEO Tesla, Elon Musk, mengungkapkan pembaharuan pada layar sentuh dan sistem keamanannya menjadi keunggulan kompetitif Tesla dibandingkan pesaingnya.

Berkembangnya sistem pada kendaraan bisa dilihat dari mobil-mobil premium Eropa yang mendapatkan pembaruan dari tahun ke tahun. Karena usia rata-rata mobil menjadi lebih tinggi, peningkatan sistem hiburan dan keamanan disebut sebagai bagian penting untuk kepuasan pelanggan.

>>> Tips dan trik menarik lainnya bisa Anda dapatkan di sini

Share this post:
Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Berita lain

3 Pilihan Bahan Retrim Stir Mobil yang Bikin Tampilan Interior Makin Keren

28/01/2020

Pengemudian

5 menit

Ada niat untuk retrim stir mobil Anda karena pelapis setir sudah rusak atau sekedar merubah penampilan interior? Pahami dulu tiga bahan yang biasa digunakan untuk melapis setir mobil.

Lihat juga

Rawat Interior Mobil Terendam Banjir Melalui Paket Khusus dari Autoglaze Indonesia

03/01/2020

Perawatan dan service

3 menit

Mobil Terendam Banjir mengintai banyak masalah untuk mobil. Salah satunya kabin mobil mengeluarkan bau tidak sedap akibat dari air yang masuk ke ruang kabin.

Lihat juga

Ini 10 Langkah Membersihkan Interior Mobil

28/12/2019

Perawatan dan service

3 menit

Interior mobil bersih merupakan dambaan semua orang. Jika kabin mobil kotor, tentunya membuat kenyamanannya akan berkurang dan tidak menyenangkan dikendarai.

Lihat juga

Cek Interior Mobil, Periksa Kondisi Lima Bagian Ini

13/12/2019

Jual beli

4 menit

Salah satu cara menilai kondisi mobil secara keseluruhan adalah dengan cek interior mobil. Nah, lima bagian ini bisa dijadikan ukuran bagaimana kondisi interior mobil, apa saja?

Lihat juga

Membeli Mobil Bekas, Kalau Bodi Dan Interior Sama Sama Kurang, Mana Lebih Penting?

22/10/2019

Jual beli

3 menit

Maunya membeli mobil bekas pun dapat yang bagus bodi dan interiornya. Tapi ketemunya sama-sama kurang, berarti harus memilih salah satu, bodi mulus atau interior bagus.

Lihat juga