Penasaran Kenapa Suara Lampu Sein Berbunyi “Tik”? Ini Alasannya

06/07/2019

Perawatan dan service

3 menit

Share this post:
Penasaran Kenapa Suara Lampu Sein Berbunyi “Tik”? Ini Alasannya
Pernahkah Anda bertanya-tanya kenapa lampu sein selain mengeluarkan suara “tik” ketika diaktifkan? Ternyata suara lampu sein tersebut merupakan bagian dari perkembangan lampu sinyal belok ini.

Lampu sein selalu menjadi sinyal yang diaktifkan ketika pengemudi akan berbelok. Ketika diaktifkan, maka lampu sein akan mengeluarkan suara “tik” yang berulang-ulang hingga akhirnya dimatikan. Meskipun tidak besar, namun sebagian pengemudi merasa terganggu dengan suara lampu sein yang berkedip.

mobil Buick keluaran 1938 berwarna putih 
Lampu sein pertama kali digunakan pada beberapa model Buick

Sinyal belok yang berkedip mulai muncul di mobil pada akhir 1930-an ketika Buick memasukannya pada beberapa modelnya. Secara tradisional, suara berkedip pada lampu sein terjadi karena panas. Dalam versi awalnya, pengemudi akan menyalakan lampu sein dan listrik akan memanaskan pegas bimetal di dalam mobil yang menyebab pegas bengkok hingga menyentuh logam kecil.

>>> Lampu Rem Berwarna Merah dan Kuning, Ternyata Ada Manfaat Penting Dibaliknya

Kedua komponen yang terhubung akan dilewati arus listrik dan menyalakan lampu sein. Pegas tersebut akan dingin dengan cepat dan kembali ke bentuk aslinya dan mematikan lampu sein. Ketika pegas membengkok dan kembali ke bentuk semula akan menciptakan suara “klik”.

Evolusi berikutnya dari lampu sein menggunakan trik yang serupa. Tetapi alih-alih memindahkan pegas karena panas, sistem terbaru mengirimkan pulsa elektronik ke sebuah medan elektromagnet melalui sebuah chip. Saat diaktifkan, elektromagnet menarik gulungan kawat dan memutus arus yang menyalakan cahaya lampu.

>>> Dapatkan berbagai penjelasan tentang teknologi di dalam mobil hanya di sini

tangan yang memegang komponen lampu sein LED 
Lampu sein saat ini sudah memiliki indikator LED

Tanpa denyut dari chip, sistem elektromagnet dimatikan. Gulungan kawat akan kembali pada posisi sebelumnya dan menjembatani sirkuit yang memberikan daya ke bola lampu. Sama halnya dengan pegas termal, gulungan kawat akan menimbulkan bunyi “klik” setiap kali diaktifkan.

>>> Cari promo mobil baru paling menarik disini

Untuk model yang lebih baru, sebagian besar lampu sein berfungsi menjadi lebih terkomputerisasi. Banyak mobil yang diproduksi saat ini bergantung pada perintah komputer yang mengaktifkan lampu sein, melewatkan proses yang menghasilkan “suara tik”.

Ini alasan kenapa lampu sein akan berbunyi klik ketika diaktifkan

Tetapi bunyi lampu sein yang khas mempengaruhi sebagian besar pengemudi. Beberapa pengemudi juga dilaporkan gelisah jika tidak mendengar apapun setelah mengaktifkan lampu sein, itulah sebabnya suara mekanis masih ada di era komputer. Meskipun pada banyak mobil modern suara lampu sein hanya disiarkan melalui sistem audio kendaraan.

>>> Tips terlengkap seputar mobil bisa ditemukan di Cintamobil

Share this post:
Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Berita lain

Sejarah Lampu Belakang Berwarna Merah dan Lampu Sein Kuning

Ada banyak hal yang sudah seperti keharusan dalam kehidupan sehari-hari, tapi masih membingungkan untuk dijelaskan. Salah satunya adalah kenyataan bahwa lampu belakang berwarna merah dan lampu sein berwarna kuning, bukan hijau, biru, atau hitam ala anak metal.

Lihat juga

Memperbaiki Kerusakan Lampu Sein atau Lampu Sinyal di Rumah

Banyaknya kabel dan komponen listrik yang ada pada sebuah mobil bisa membuat sedikit kesalahan berakibat rusaknya fungsi mesin. Sumber masalah yang umum misalnya lampu, kabel, konektor, flasher dan switch. Untuk masalah lampu sinyal, memperbaiki lampu sein bisa diselesaikan di rumah.

Lihat juga

Lampu Indikator Rem ABS Jeep Wrangler JK Menyala Setelah Off-Road, Kenapa?

29/06/2019

Perawatan dan service

3 menit

Lampu indikator rem ABS yang menyala memang membuat khawatir semua pemilik mobil, tak terkecuali para pemilik Jeep Wrangler JK. Jika Anda mengalami masalah tersebut, jangan panik dan simak ulasannya berikut ini

Lihat juga

Ini Alasan Lampu Kabin Mobil Harus Mati Saat Berkendara Malam Hari

02/06/2019

Pengemudian

4 menit

Pernah gak sih Anda memikirkan mengapa lampu kabin mobil harus mati saat kendaraan sedang melaju di malam hari? Ternyata ada berbagai alasannya lho yang berhubungan dengan keselamatan berkendara.

Lihat juga

Jangan Sampai Salah, Inilah Perbedaan Lampu LED dan DRL

20/05/2019

Perawatan dan service

4 menit

Anda mungkin kini familiar dengan istilah lampu LED dan lampu DRL. Tapi sudahkah Anda mengetahui, apa sebenarnya perbedaan lampu LED dan DRL? Supaya tidak salah kaprah, yuk kenali perbedaan keduanya.

Lihat juga
 
back to top