Peledak Kecil pada Kendaraan Polestar Saat Uji Tabrakan, Apa Gunanya?

Peledak Kecil pada Kendaraan Polestar Saat Uji Tabrakan, Apa Gunanya?
Sebagai perusahaan yang mengedepankan keselamatan pengemudinya, Polestar menggunakan peledak kecil pada kendaraan ketika uji tabrakan. Lalu, untuk apa peledak tersebut?

Bagi yang tidak tahu, Volvo sangat terobsesi pada keselamatan pengendaraannya. Hal tersebut ternyata menurun pada Polestar yang kini sudah terpisah sepenuhnya dari Volvo. Mereka selalu berusaha untuk memastikan pengemudi dilindungi dari semua jenis tabrakan. Cara yang dipakai juga unik; menggunakan peledak kecil pada kendaraan. Tapi, bukankah peledak malah bisa berakibat fatal bagi keselamatan penumpang?

Sepertinya jawabannya langsung diberikan oleh Polestar. Perusahaan yang bermarkas di Gothenburg, Swedia ini baru saja mengunggah sebuah video yang memamerkan mobil pertamanya ketika mendapatkan uji tabrakan.

Video uji tabrakan dari Polestar 1

Meskipun sebagian mobil terbuat dari serat karbon, mobil yang diberi nama Polestar 1 ini memiliki papan bahan yang meledak saat benturan terjadi. Selain menyebutnya sebagai “papan squib” dalam video tersebut, Polestar tidak memberikan penjelasan untuk ledakan itu.

>>> Perusahaan Mobil Kembangkan Teknologi untuk ‘Berbicara’ dengan Lampu Merah

“Squib” memang terkesan asing. Bagi yang belum tahu, jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia, “squib” berarti petasan. “Squib” yang digunakan oleh Polestar tepatnya adalah petasan yang sering digunakan untuk spesial efek di dalam film. Penonton serial Kamen Rider atau Power Rangers pasti familiar dengan ledakan di tubuh karakter. Inilah “squib” yang dipakai oleh Polestar.

Gambar yang menunjukan uji keselamatan Polestar 1

Lihat ledakan di bagian atas Polestar 1

>>> Dapatkan tips perawatan mobil lainnya hanya di sini

Namun, apa gunakan ledakan tersebut? Ternyata ledakan tersebut memiliki arti penting dalam pengembangan sistem keselamatan kendaraan Polestar. Ketika ditanyai oleh Road and Track, perwakilan Polestar mengungkapkan, “Papan squib, yang dipasang di atap mobil, berisi sejumlah squibs (perangkat piroteknik) yang terhubung ke berbagai elemen di dalam mobil seperti airbag, sabuk pengaman, dll.”

“Setiap squib dirancang untuk meledakkan ketika sensor yang sesuai di dalam mobil dipicu saat tabrakan,” jelas mereka. “Ini memungkinkan para insinyur untuk mengamati ketika setiap elemen di dalam mobil dipicu, sesuai dengan visual yang direkam oleh kamera di luar mobil. Misalnya. bisa melihat kapan airbag diaktifkan sesuai dengan perkembangan kecelakaan. Hasil menentukan apakah penyesuaian untuk algoritma dan elemen teknis lainnya diperlukan.”

>>> Ingin membeli mobil baru terbaik lainnya? Dapatkan informasinya hanya di sini

Gambar yang menunjukan Polestar 1

Polestar siap memberikan keamanan lengkap bagi pengemudi dan penumpang Polestar 1

Jadi, pada dasarnya teknisi Polestar sudah menghubungkan beberapa sistem keselamatan dengan peledak kecil pada kendaraan menunjukan bagian mana yang mati ketika tabrakan terjadi. Hal ini membuat teknisi mengerti apa yang dapat diperbaiki atau disesuaikan ketika terjadi benturan.

>>> Baca juga tips dan trik mobil lainnya disini

Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.
 
back to top