Pascalebaran, Berikut Tips Pengecekan Mobil Ringan Yang Bisa Anda Lakukan Sendiri

15/06/2019

Perawatan dan service

4 menit

Pascalebaran, Berikut Tips Pengecekan Mobil Ringan Yang Bisa Anda Lakukan Sendiri
Usai menempuh perjalanan mudik dan kembali ke tempat asal, kondisi kendaraaan Anda harus diperiksa untuk tetap prima. Namun, ada langkah pengecekan mobil ringan yang bisa Anda periksa sendiri.

Libur Idul Fitri yang dirayakan dengan suka cita bersama keluarga telah berlalu. Perjalanan panjang yang ditempuh terasa sangat melelahkan untuk mobil Anda, belum lagi faktor lain yang tak kalah krusialnya seperti kemacetan dan daya tampung mobil.

>>> Hati-hati tertipu, inilah ciri-ciri mobil bekas layak beli

Agar mobil selalu prima, Anda harus melakukan pemeriksaan rutin di bengkel untuk memastikan tidak ada masalah berarti dengan mobil. Namun demikian, ada beberapa komponen yang dapat anda periksa sendiri.

Ingin tahu apa saja? Simak tips pengecekan mobil ringan berikut ini:

Ban

Kegiatan memeriksa tekanan angin ban

Pastikan tekanan angin ban sesuai dengan rekomendasi pabrikan

Layaknya sepatu di kaki manusia, ban memiliki peran krusial. Mulai dari menopang tubuh mobil, mengatur laju mobil, hingga meredam getaran yang diterima mobil. Terlebih dengan muatan orang dan barang berlebih.

>>> Temukan mobil bekas idaman Anda di sini

Tips pengecekan mobil ringan, yang pertama, pastikan tekanan angin ban sesuai rekomendasi pabrikan. Cek juga kondisi fisik ban, mulai dari telapak hingga dinding ban. Ukur ketebalan ban dan pastikan tak ada cacat fisik di dinding ban. Perhatikan juga kondisi pelek dan juga ban serep.

Oli Mesin

Pengecekan oli menggunakan dipstick

Gunakan dipstick untuk melihat kondisi fisik oli mesin

Punya peran krusial dalam pelumasan mesin, hal selanjutnya dalam tips pengecekan mobil ringan lakukan pengecekan takaran oli mesin melalui dipstick. Segera tambah jika kurang, dan perhatikan warna oli mesin, apakah berwarna coklat, keruh, atau kental.

Kaki-kaki

Teknisi memeriksa kaki-kaki mobil

Setelah disiksa selama perjalanan mudik, langsung periksa kaki-kaki mobil Anda

Ada empat komponen penting pada kaki-kaki, yakni sistem kemudi, suspensi, rem, dan penggerak roda. Semuanya saling berkaitan satu sama lain, dan mendapatkan tekanan dari gaya mengemudi serta kondisi jalan, khususnya untuk mobil penggerak roda depan.

>>> Temukan tips perawatan mobil di sini

Hal ini disebabkan seluruh komponen terpusat di bagian depan mobil, periksa jika ada kebocoran pelumas, karet getas atau sobek, lakukan juga spooring dan balancing agar kondisi kaki-kaki mobil kembali fit.

Cairan Mobil

Pengisian air Coolant untuk Radiator

Jangan lupa periksa juga cairan mobil Anda

Beratnya perjalanan mudik tentunya cukup menyiksa mobil, bagian yang tekena imbas lebih dulu biasanya cairan mobil yang ditandai penguapan. Untuk langkah terakhir tips pengecekan mobil ringan, lakukan pengecekan air radiator, air aki (jika menggunakan aki basah), oli rem, oli transmisi, freon water, hingga air wiper.

Sesuaikan takaran dengan yang disarankan pabrikan, dan periksa apakah ada kebocoran atau kerusakan lainnya. Jangan abaikan jika ada hal mencurigakan.

Bagaimana, mudah bukan? Semoga tips pengecekan mobil ringan ini dapat menjaga kondisi mobil Anda tetap prima, meski setelah perjalanan jauh dan melelahkan.

>>> Temukan tips otomotif lainnya di sini

Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.
 
back to top