Parkir di Bawah Sinar Matahari Langsung Diklam Bikin Virus Corona Cepat Mati

26/05/2020

Perawatan dan service

3 menit

Share this post:
Dalam sebuah studi yang dirilis oleh University of Georgia baru-baru ini, parkir di bawah sinar matahari langsung diklaim bisa membuat virus corona cepat mati.

Berjemur di bawah sinar matahari sangat bermanfaat untuk mendapatkan vitamin D. Kandungan dalam vitamin D dapat membuat sel-sel kekebalan tubuh lebih aktif untuk melawan benda asing yang masuk ke tubuh termasuk virus. 

Oleh karena itu, kegiatan berjemur akhir-akhir ini banyak dilakukan masyarakat di Tanah Air dengan tujuan menghalau virus di tengah penyebaran Covid-19 masuk ke dalam tubuh Anda. 

Tapi rupanya tak cuma orang yang bisa menghalau virus karena berjemur, melainkan juga mobil Anda. 

Memarkir mobil di jalan

Memarkir mobil di pinggir jalan

>>> Jangan Terlalu Sering Parkir Mobil Di Tempat Miring, Ini Dampaknya

Efektif Cegah Corona

Dilansir Cintamobil.com dari situs Forbes, Selasa (26/5/2020) dalam sebuah penelitian yang dilakukan Profesor Travis Glenn seperti dirilis Universty of Georgia belum lama ini menyebut suhu panas dapat membuat virus Covid-19 cepat mati. Artinya bila parkir di bawah sinar matahari langsung juga dapat membunuh virus corona. 

"Virus corona bisa hidup beberapa hari permukaan yang berbeda dengan suhu ruang, namun bisa mati lebih cepat pada temperatur tinggi," ucap Travis dalam studinya. 

Dalam studi juga disebutkan, respons serupa ditunjukan pada virus SARS-Cov-1 dan kemungkinan SARS-Cov-2 (Corona) akan menunjukkan hal yang sama terhadap suhu panas. 

Dicontohkan Glenn, benda yang dipanaskan hingga suhu 98 derajat dapat membunuh hingga 99,99 persen virus. Bila suhunya di atas 118 derajat, hanya butuh lima menit untuk membunuh virus dengan presentasi yang sama. 

>>> Temukan pilihan mobil berkualitas di sini

Meski begitu, memarkir mobil di bawah terik sinar matahari langsung dapat berbahaya bila di dalamnya ada anak, hewan peliharaan, ataupun benda elektronik yang dapat berpotensi meledak. 

"Atmosfer dan kaca mobil cenderung transparan  terhadap radiasi singkat sinar matahari dan hanya sedikit menghangatkan," tulis meteorologis di Golden Gate Weather Services Jan Null. 

Tetap Jaga Kesehatan Tubuh

Meninggalkan mobil di bawah sinar matahari artinya membiarkan suhu panas meningkat di dalamnya. Material seperti dashboard, jok, dan lainnya dapat mudah panas akibat terpapar langsung sinar matahari. 

parkir mobil di lapangan luas

Parkir di bawah paparan sinar matahari langsung

>>> Nggak Cuma Bodykit Porsche, RWB Buat Jam Tangan Juga Lho!

Namun, dalam rangka untuk pencegahan virus corona Null menyebut itu justru efektif. Selain menjemur mobil di bawah sinar matahari langsung, Anda juga perlu rajin membersihkannya bila perlu menggunakan cairan disinfektan. 

Yang terpenting tak hanya mobil yang perlu dipersiapkan untuk mencegah penyebaran virus corona. Melainkan tubuh Anda juga harus siap menghalau virus dengan rajin mencuci tangan, membersihkan diri, juga mengkonsumsi makanan bergizi agar daya tahan tubuh semakin kuat. 

>>> Berbagai tips dan trik otomotif terpercaya hanya ada di Cintamobil.com

Menjadi jurnalis otomotif di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2016 dan telah memiliki ragam pengalaman menguji mobil hingga mengunjungi pameran otomotif tingkat dunia. Bergabung sebagai Editor di Cintamobil sejak tahun 2020.

Lulusan Universitas Trisakti ini mengawali karir sebagai jurnalis di kanal ekonomi di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2015. Kemudian pada tahun 2016, dipercaya untuk mengisi kanal otomotif. Sebagai jurnalis di bidang otomotif, tentu dituntut untuk mengetahui ragam informasi yang berkaitan dengan mobil, motor, hingga lalu lintas kendaraan. Pun demikian dengan aturan lalu lintas yang berlaku saat ini. 

Tidak cuma memiliki pengetahuan soal industri otomotif Tanah Air, bekerja di media mainstream artinya dituntut juga untuk menyajikan berita secara cepat dan akurat. 

Dengan kemampuan yang dimiliki, sejak saat itu pula mulai dipercaya untuk mengetes ragam mobil baru di Indonesia maupun luar negeri. Adapun ragam mobil yang pernah dicoba antara lain di kelas LCGC, Low MPV, SUV, mobil listrik murni hingga Supercar sekelas Ferrari.

Tak cuma itu, aneka pameran otomotif berskala nasional dan internasional di berbagai negara juga telah dihadirinya. Pada tahun 2020, memutuskan untuk bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Editor.

Experience

  • Tokyo Auto Salon 2019
  • Geneva International Motor Show 2017
  • GIIAS 2016, 2017, 2018, 2019
  • IIMS 2017, 2018, 2019
  • IMOS 2016, 2018
 
back to top