Pahami Kesehatan Mobil Dengan Mendengar Bunyi-Bunyi Aneh

Share this post:
Pahami Kesehatan Mobil Dengan Mendengar Bunyi-Bunyi Aneh
Terkadang ada bunyi-bunyian yang timbul saat sebuah mobil berjalan, terutama mobil sudah berumur. Bunyi tersebut adalah tanda untuk memperlihatkan kesehatan komponen-komponen mobil. Inilah beberapa bunyi yang menanda bahwa mobil Anda mengalami masalah.

Wanita sedang memutar lingkar kemudi mobil
Bunyi berdendung saat mengemudi

1. Bunyi berdendung

  • Pada saat roda berputar

Bunyi ini bisa mengindikasikan kondisi bearing roda mulai lemah karena aus atau kering karena ada kebocoran. Getarannya terdengar hingga kabin. Tapak ban yang tidak rata juga adalah salah satu penyebab menimbulkan bunyi berdendung itu.

pria berbaju merah sedang mendengar bunyi aneh di dalam mobilnya
Mendengar bunyi aneh saat mobil berdiam

  • Pada saat mobil diam

Dengung yang berubah sesuai putaran mesin, kemungkinan berasal dari dudukan mesin yang sudah lemah dan biasanya diiringi getaran. Rambatan getaran itu menimbulkan bunyi dengung.

gambar air conditioner mobil dan sebuah tangan sedang menghidupkannya
Hati-hati dengan bunyi bergesek

>>> Baca juga: 4 tanda sistem transmisi mengalami masalah

2. Bunyi bergesek

  • Saat AC dihidupkan

Bunyi ini timbul hanya ketika AC dihidupkan. Kemungkinan bearing puli kompresor AC sudah lemah atau sekadar belt tensioner yang terganggu putarannya. Bunyi ini semakin terdengar ketika putaran mesin dinaikkan.

  • Ketika kopling dioperasikan

Ada bunyi gesekan ketika pedal kopling tidak ditekan, sementara bunyi hilang saat pedal ditekan. Kemungkinan besar throw away bearing pada rumah kopling, atau lazim disebut dek laher sudah harus diganti.

gambar sebuah kaki seorang laki-laki sedang menginjak rem mobil
Bunyi bergesek saat rem diinjak

>>> Baca juga: Jadwal perawatan berkala untuk mobil baru

  • Saat rem diinjak

Pada sepatu rem cakram, ada indikator tingkat keausannya. Berupa lempengan yang akan berbunyi ketika bergesek dengan cakram. Saat rem diinjak dan bunyi gesekan ini terdengar, artinya sepatu rem perlu diganti.

seorang ahli sedang memeriksa mesin maupun timing belt mobil
Bunyi berdecit berarti belt mobil mengalami masalah

>>> Untuk mendapat lebih banyak pengalaman tentang perawatan dan servis mobil, klik sini

3. Bunyi berdecit

  • Belt

Belt adalah komponen utama yang dituduhi ketika muncul bunyi berdecit dari ruang mesin. Belt yang mana? Saat setir diputar, berarti belt power steering. Sementara ketika AC dihidupkan belt kompresor AC yang longgar atau aus. Lantas, saat beban kelistrikan bertambah, seperti lampu, wiper atau hal lain dengan kelistrikan, asalnya dari belt alternator.

Pria sedang memeriksa belt nobil
Belt mobil

  • Rem

Bunyi berdecit ketika rem diinjak maupun tidak diinjak, terutama pada rem tromol, bisa disebabkan adanya kotoran yang mengganggu kinerja pengurang laju ini. Sebaiknya dibersihkan.

Itulah beberapa bunyi yang mencerminkan kondisi kesehatan mobil yang perlu Anda perhatikan. Semoga tulisan ini bermanfaat untuk sobat-sobat!
>>> Untuk membaca tulisan lain tentang pengalaman, tips dan trik pemakaian mobil, klik sini

Share this post:
 
back to top