Pahami Aturan Pasang Kaca Film Mobil yang Benar

17/07/2019

Perawatan dan service

4 menit

Share this post:
Pahami Aturan Pasang Kaca Film Mobil yang Benar
Saat memilih kaca film jangan asal yang gelap, pahami dulu aturan pasang kaca film mobil yang benar. Karena jika terlalu gelap akan mengganggu visibilitas berkendara Anda.

Kaca film yang dipasang pada mobil memang memiliki beberapa kegunaan. Paling mendasar tentunya demi menolak panas matahari langsung ke dalam kabin. Selain itu perangkat ini juga berfungsi menjaga privasi di dalam mobil.

>>> Kenali 4 Jenis Kaca Film Berikut Ini

Namun aturan pasang kaca film mobil harus Anda pahami. Jangan sembarang pasang kaca film yang segelap-gelapnya. Karena ini berkaitan dengan kenyamanan dan keselamatan berkendara Anda.

1. Kaca Depan

pasang kaca film depan

Kaca film depan jangan lebih dari 40 persen

Saat memilih kaca film untuk bagian depan, sebaiknya gunakan kaca film dengan tingkat kegelapan maksimal 40 persen. Jangan gunakan kaca film yang terlalu gelap untuk bagian kaca depan, karena ini berpengaruh pada visibiltas saat Anda berkendara.

>>> Promo mobil baru terbaik ada disini

Ketika Anda berkendara siang hari, tentunya bagian depan adalah bagian yang terkena silau matahari paling tinggi. Namun hal itu bisa Anda siasati dengan menggunakan kacamata hitam saat nyetir mobil. Jika Anda menggunakan kaca film yang terlalu gelap dengan alasan silau, maka perhitungkan jarak pandang pengemudi ketika Anda berkendara dengan mobil yang sama di malam hari.

Kaca film yang terlalu gelap akan memuat visibilitas terbatas. Tentunya hal ini akan sangat berbahaya, bukan hanya bagi Anda, tapi seluruh penumpang di mobil tersebut dan juga pengguna jalan lainnya. Aturan pasang kaca film mobil yang benar pun perlu Anda perhatikan.

>>> Tips perawatan mobil ada disini

2. Kaca Samping

pasang kaca film  jendela mobil

Kaca samping depan maksimal 60 persen

Kaca samping boleh menggunakan kaca film yang lebih gelap daripada kaca depan. Namun maksimal adalah 80 persen, jika lebih, maka ini juga akan mengganggu visibilitas berkendara. Sebaiknya untuk kaca samping bagian pengemudi dan penumpang depan lebih terang dibanding kaca samping penumpang belakang.

Jika kaca samping penumpang belakang 80 persen, maka kaca samping bagian penumpang depan dan pengemudi sebaiknya hanya 60 persen. Ini untuk membantu pengemudi mendapatkan visualitas yang masih tetap baik ke bagian belakang dan samping ketika akan menggunakan spion saat berkendara.

>>> Pilihan mobil bekas berkualitas ada disini

3. Kaca Belakang

kaca jendela mobil

Kaca film belakang maksimal 80 persen

Untuk kaca belakang masih diperbolehkan menggunakan kaca film dengan tingkat kegelapan hingga 80 persen. Kaca film yang cukup gelap ini mampu memberikan perlindungan privasi di dalam kabin yang cukup baik.

Tapi ingat ya... jangan sekedar gelap. Aturan pasang kaca film mobil tetap mengacu pada kemampuannya menolak sinar UV. Jadi, pilih kaca film yang berkualitas ya...

>>> Tips & trik lainnya ada disini

Share this post:
Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Ia menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

Berita lain

Ketahuan, Ternyata Bukan Gelapnya Kaca Film Yang Membuat Kabin Jadi Sejuk

Asumsi yang beredar di masyarakat makin gelap kaca film makin sejuk pula kabin mobil. Ternyata ini agak kurang pas. Menurut para ahli bukan tingkat kegelapan kaca film yang membuat kabin jadi sejuk, tapi kualitasnya.

Lihat juga

Yuk Mengenal Jenis Kaca Spion Mobil Berikut Fungsinya

23/05/2019

Perawatan dan service

4 menit

Jenis kaca spion mobil ternyata bukan cuma satu melainkan ada beberapa. Dan tiap-tiap kaca spion ini mempunyai fungsinya masing-masing. Seperti apa macam kaca spion tersebut dan bagaimana fungsinya? Yuk baca artikel ini.

Lihat juga

Lakukan 3 Hal Ini untuk Merawat Kaca Jendela Mobil Anda

Merawat kaca jendela mobil terkadang jadi hal yang dilupakan dibanding merawat komponen mesin. Padahal kaca jendela memiliki fungsi yang tak kalah pentingnya saat Anda berkendara.

Lihat juga

Review Hyundai Grand Avega 2011: Mobil Harga Rp. 100 Jutaan Dengan Fitur Lengkap

25/03/2019

Editor rate:

Hyundai selaku perusahaan otomotif asal Korea Selatan memiliki produk-produk berkualitas yang salah satunya adalah Grand Avega. Dari rangka bodi, Hyundai Grand Avega adalah mobil pertama dari keluarga Accent yang menganut konsep Fluidic Sculpture. Untuk informasi selengkapnya, mari kita simak review Hyundai Grand Avega 2011.

Lihat juga

Harga mobil March terbaru Januari 2021 & Promosi

01/01/2021

Nissan

Produk varian Hatchback, Nissan March, mulai diperkenalkan pada Februari 2017 lalu. PT. Nissan Motor Indonesia (NMI) memberikan beragam pembaruan pada versi teranyar Nissan March. Masih berdiri di kategori City Car, Nissan March akan memiliki fascia baru khususnya pada aspek eksterior depan serta fitur interiornya. Berapa harga Nissan March ini?

Lihat juga
 
back to top