Pahami Arti Beragam Lampu Indikator Mobil Diesel Modern

15/01/2021

Perawatan dan service

8 menit

Sama seperti mobil bermesin bensin, lampu indikator mobil diesel juga banyak sekali macamnya dan masing-masing mempunyai arti tersendiri sebagai petunjuk bagi para pemilik mobil tersebut.

Saat ini mobil-mobil bermesin diesel semakin digemari. Alasannya antara lain mobil diesel memiliki torsi yang cukup besar namun konsumsi bahan bakarnya bisa lebih hemat. Apalagi mesin diesel modern sudah tak lagi punya getaran dan asap knalpot hitam sedahsyat dahulu.

Sering disebut dengan istilah clean diesel, sejumlah produsen otomotif pun menyediakan line up produknya dengan yang bermesin diesel modern. Brand-brand otomotif mewah seperti BMW, Mercedes Benz, Porsche, hingga Volkswagen (VW) juga punya varian model yang bermesin diesel. Bahkan dibeberapa negara, varian mesin diesel ini lebih laris ketimbang yang bermesin bensin.

Mesin diesel modern juga sering dinilai sebagai langkah paling realistis sebelum beralih menggunakan motor atau baterai listrik. Ini akibat efiseiensi bahan bakar yang bisa diciptakan mesin-mesin ini sudah lebih baik serta menghasilkan emisi gas buang yang juga lebih rendah.

Jika Anda satu dari sekian banyak pemilik mobil diesel modern maka wajib mengetahui lampu indikator mobil diesel yang ada pada panel dashbaord. Karena lampu-lampu ini menunjukkan komponen tertentu dari kendaraan tersebut. Jika ada satu diantaranya yang menyala saat mobil sedang digunakan, Anda perlu curiga, karena itu merupakan pertanda ada suatu masalah pada komponen yang dimaksud.

Lalu apa saja arti lampu indikator mobil diesel yang banyak ditemui? Berikut beberapa diantaranya:

1. Indikator Check Engine

Lampu Indikator Check Engine Mobil

Peringatan jika mesin mendeteksi ada yang tidak beres

Jika ada indikator bergambar mesin menyala maka itu berarti lampu indikator check engine yang sedang memberi tahu sesuatu kepada si pemilik mobil. Umumnya indikator ini menyala karena sistem komputer pada mobil mendeteksi ada yang tidak beres di ruang mesin. Bukan tidak mungkin setelah indikator check engine menyala akan dibarengi performa mobil yang melambat atau bahkan mesin sama sekali tidak bisa dihidupkan.

2. Indikator Water Sedimentation

Indikator Water Sedimen Mobil Diesel

Peringatan jika mesin mendeteksi kemasukan air dalam jumlah melebihi batas toleransi

Jika ada indikator bergambar seperti air yang menetas dari tungku, maka ini artinya indikator water sedimentation menyala. Lampu indikator mobil diesel yang satu ini menginformasikan jika mesin mobil kemasukan sejumlah air yang melewati batas maksimal toleransi. Mungkin kondisi tersebut akibat adanya pengembunan di dalam mesin yang menyebabkan munculnya air pada tangki bahan bakar.

>>> Lampu Indikator Menyala Terus Artinya Ada yang Tak Beres dengan Mobil

3. Indikator Glow Plug

Indikator Glow Plug Diesel

Kalau lampu ini terus menyala berarti komponen rusak

Lampu indikator lainnya yang sering ditemui pada panel dashboard mobil diesel adalah bergambar seperti tali yang menggulung. Ini adalah indikator glow plug yaitu kawat pijar yang gunanya membantu mesin diesel untuk menyala ketika pertama kali distarter saat kondisi mesin masih dingin. Normalnya indikator glow plug akan menyala beberapa saat sampai mesin hidup dan kemudian otomatis segera mati. Tapi kalau lampu indikator mobil diesel yang satu ini terus menyala, maka ada kerusakan di komponen ini.

4. Indikator Diesel Particulate Filter

Indikator Diesel Particular

Indikator jika filter bahan bakar sudah terlampau kotor

Pada dashboard mesin diesel modern juga bisa ditemui indikator berbentuk seperti knalpot. Nama indikator ini adalah Diesel Particulate Filter (DPF). Filter tersebut berfungsi menyaring partikel kasar dari tangki bahan bakar agar tidak ikut masuk ke ruang bakar. Apabila kotoran sudah terlalu menumpuk pada komponen DPF, maka lampu indikator mobil diesel ini akan menyala guna memberi tahu pemilik mobil untuk segera menggantinya.

>>> Jangan Langsung Panik Jika Indikator Check Engine Chevrolet Captiva Menyala

5. Indikator Battery

Lampu Indiaktor Aki Mobil

Artinya aki atau alternator sudah tak kuat lagi mensuplay listrik

Apabila pada panel dashboard di sisi pengemudi muncul indikator bergambar kotak persegi panjang dan ada logo negatif (-) serta positif (+), maka itu artinya indikator baterai yang menyala. Penyebabnya bisa aki mobil sudah lemah dan tak lagi dalam mensuplay listrik untuk kebutuhan komponen lain di mobil. Atau bisa pula kondisi alternator yang sudah harus diganti. Sering kali indikator ini menyala dibarengi mesin mobil yang tak bisa dihidupkan.

6. Indikator Temperatur Mesin

Indikator Temperatur Mesin Overheat

Tandanya mesin over heat

Apabila saat mobil sedang melaju tiba-tiba muncul lampu indikator seperti termometer, maka itu berarti mesin mengalami panas berlebih (over heat). Penyebabnya mungkin karena sistem pendinginan mesin tidak bekerja dengan baik seperti radiator rusak, air radiator habis, atau kipas radiator tidak berputar. Sebaiknya langsung hentikan mobil di tempat yang aman agar suhu mesin kembali normal sembari memastikan bagian apa yang mengalami kerusakan.

 

>>> Indikator Bensin Ngaco, Mungkin Penyebabnya Ada Disini

7. Indikator Low Oil Pressure

Indikator Oli Mesin Mobil

Artinya oli mesin kuantitasnya kurang dari batas minimal

Indikator lainnya yang juga mungkin pernah muncul dipara pengguna mobil diesel adalah lambang yang menyerupai bentuk teko dengan tetesan air. Lambang ini sejatinya adalah indikator oil pressure. Jika indikator tersebut menyala, maka berarti mesin mobil kekurangan oli yang wajib segera ditambahkan atau diganti dengan oli baru.

8. Indikator Gearbox

Indikator Transmission

Perlu lakukan pengecekan pada sistem transmisi

Apabila pada panel dashboard pengemudi muncul logo seperti gigi roda disertai tanda seru, itu artinya ada kerusakan pada bagian gearbox kendaraan tersebut. Bisa saja kemunculan indikator ini akan disertai mobil tidak mampu melaju atau tak dapat dioper posisi tuas transmisinya. Segera lakukan pengecekan di bengkel kepercayaan Anda saat indikator tersebut muncul.

>>> Tidak Perlu Panik, Ini Tips Saat Lampu Indikator di Panel Instrumen Mobil Menyala

9. Indikator Maintenance

Lampu Indikator Maintenance

Logo ini muncul sebagai pengingat waktunya servis berkala

Lambang lainnya yang juga ada pada dashboard mobil diesel adalah berbentuk seperti kunci inggris. Jika logo ini muncul, maka sistem pada mobil mendeteksi adanya masalah pada kelistrikan mobil. Atau bisa juga logo ini menandai peringatan jadwal servis berkala kendaraan Anda wajib segera dilakukan.

10. Indikator Bahan Bakar

Indikator Bahan Bakar

Pemilik mobil diesel sebaiknya jangan sampai logo ini muncul

Terakhir yang terlihat sepele namun jangan sampai terjadi adalah munculnya indikator bahan bakar. Jika lampu indikator ini menyala maka menandakan bahan bakar yang tersedia di tangki akan segera habis. Bagi pemilik mobil diesel, sebaiknya jangan sampai lampu indikator ini menyala. Lakukanlah pengisian bahan bakar, minimal jika indikator bahan bakar sudah menunjukkan kapasitas tangki berkurang setengah dari jumlah maksimal. Itu untuk menghindari kondisi uap air memenuhi tangki dan merusak bagian mesin.

Demikianlah beberapa lampu indikator mobil diesel yang sering ditemui. Selain kesepuluh lampu indikator itu, masih banyak lampu indikator lain yang memiliki makna tersendiri. Anda tinggal mengeceknya di buku pedoman pemilik kendaraan yang diberikan dealer saat membeli mobil tersebut guna mengetahui masing-masing artinya.

>>> Jangan lupa klik tips dan trik untuk mendapatkan informasi bermanfaat lainnya seputar perawatan mobil

Pertanyaan Sering Diajukan

Dimanakah posisi lampu indikator ini?
Lampu indikator berada pada panel dashboard tepatnya di panel instrument pengemudi
Apakah lampu indikator ini sama pada setiap mobil?
Sebagian besar lampu indikator tersebut bentuknya serupa hampir pada semua mobil, yang membedakan hanya warnanya saja, bisa merah, kuning, atau oranye.
Ada berapa jenis indikator mobil?
Ada bermacam-macm indikator mobil namun beberapa yang penting itulah: Indikator Check Engine, Indikator Sabuk Pengaman, Tanda “SRS”, Indikator Suhu Mobil, Lampu Indikator Aki, Lampu “ABS”, Lampu Indikator Oli.
Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top