6 Rekomendasi Oli Mobil Xenia yang Terbaik dan Terlengkap

31/12/2020

Perawatan dan service

8 menit

Share this post:
6 Rekomendasi Oli Mobil Xenia yang Terbaik dan Terlengkap
Ada beberapa oli mobil Xenia yang bisa Anda pilih untuk merawat mesin mobil tersebut. Namun sebelum memilih, pastikan gunakan oli yang sesuai spesifikasi, teknologi,d an usia pada mesin mobil tersebut ya!.

Oli memiliki peranan penting pada setiap komponen di sebuah kendaraan bermotor termasuk mobil. Karena oli akan melumasi bagian dari komponen-komponen tersebut agar pergerakan antar komponen berlangsung lancar. Bisa dibilang, oli adalah 'darah' dari mesin, tanpa adanya oli mesin mobil akan macet, dan berujung komponen internal mesin rusak.

Misalnya pada bagian mesin, saat mesin mobil dihidupkan tentunya antar komponen akan saling bergerak secara simultan. Agar tidak terjadi gesekan diantara komponen-komponen yang bekerja inilah dibutuhkan pelumas. Dan supaya gerak antar komponen bisa tetap lancar, maka wajib menggunakan pelumas yang berkualitas dan spesifikasinya tepat dengan kebutuhan mesin tersebut.

Ini karena setiap mesin mobil pastinya membutuhkan oli dengan spesifikasi yang ebrebda pula. Contohnya oli mobil Xenia pasti akan berbeda spesifikasi yang dibutuhkannya dibanding oli untuk Sigra walaupun kedua mobil ini sama-sama diproduksi oleh Daihatsu.

Nah kalau Anda pemilik Daihatsu Xenia, kali ini Cintamobil.com akan membahas apa saja oli mesin mobil Xenia yang kami rekomendasikan, baik untuk oli mesin mobil Xenia 1300cc atau oli mobil Xenia 1000cc, termasuk berapa harga oli mobil Xenia tersebut.

>>> Inilah 7 Kelebihan Konsep DNGA Daihatsu

Pastikan Memilih Oli Mobil Xenia yang Sesuai Kebutuhan Mesin

Mesin Daihatsu Xenia

Pastikan mengetahui spesiifkasi mesin Daihatsu Xenia Anda sebelum mengganti olinya

Selain jenis mesin dan teknologi yang digunakan pada mesin tersebut, maka kondisi dan usia mesin juga mempengaruhi jenis spesifikasi oli yang dibutuhkan. Misalnya untuk mobil-mobil dengan usia lebih dari 5 tahun, maka disarankan menggunakan oli dengan viskositas sedikit lebih besar supaya karakter oli yang masuk ke ruang mesin juga lebih kental. Sedangkan untuk mesin berteknologi terbaru, maka butuh oli dengan viskositas kecil agar oli yang masuk ke ruang mesin juga lebih encer.

Demikian pula untuk oli Daihatsu Xenia patut diperhatikan spesifikasi mesin dari mobil tersebut. Untuk Xenia generasi pertama, Daihatsu masih menggunakan mesin 1.000 cc EJ-DE non VVT-i dan mesin 1.300 cc K3-E. Saat facelift dua mesin tersebut mendapat teknologi VVT-i sehingga kodenya menjadi EJ-VE untuk yang 1.000 cc, serta K3-VE yang 1.300 cc. Saat major facelift di 2015, mesin 1.300 cc yang digunakan diganti dengan mesin 1NR-VE  berteknologi Dual VVT-i dan mendapat tambahan mesin 1.500 cc yang mengusung mesin 2NR-VE. Enam mesin ini tentunya membutuhkan spesifikasi oli yang berbeda-beda.

Untuk Daihatsu Xenia generasi awal atau yang diproduksi sebelum 2015, maka oli mesin yang direkomendasikan memiliki spesifikasi SAE 10W-40. Sementara untuk oli mobil Xenia setelah atau sama dengan 2015 yang usianya kurang dari 5 tahun, amat dianjurkan menggunakan spesifikasi oli SAE 5W-30.

Untuk kebutuhan oli 5W-30 sebetulnya PT Astra Daihatsu Motor (ADM) sebagai produsen Daihatsu Xenia di Indonesia sudah menyediakan Daihatsu Genuine Oil. Namun untuk oli dengan SAE 10W-40 maka bisa pilih beberapa dari merk pelumas aftermarket yang banyak tersedia dipasaran.

Hal berikutnya yang perlu diperhatikan adalah kapasitas oli dari masing-masing tipe Daihatsu Xenia. Untuk kapasitas oli mobil Xenia 1000cc dengan filter oli adalah sebanyak 2,3 liter, sementara tanpa filter oli kapasitasnya 2,1 liter. Kemudian untuk kapasitas oli mobil Xenia 1300cc dengan filter oli 3 liter dan tanpa filter oli 2,7 liter.

Untuk mengetahui apa saja oli yang cocok untuk Daihatsu Xenia yang cocok, berikut beberapa merk oli mobil yang kami rekomendasikan untuk Anda :

  1. Daihatsu Genuine Oil 5W-30
  2. TOP 1 HP Sport 5W-30
  3. Motul H-Tech 100 Plus 5W-30
  4. Fastron Techno 10W-40
  5. Shell Helix HX6 10W-40
  6. Castrol Magnatec 10W-40

>>> Komparasi Toyota Avanza 1.3E A/T Atau Daihatsu Xenia 1.3R A/T, Harga Beda Tipis Pilih Mana?

1. Daihatsu Genuine Oil 5W-30

Daihatsu Genuine Oil 5W-30

Oli yang paling direkomendasikan utnuk Xenia terbaru

Ini merupakan oli mobil Xenia yang dipasarkan oleh ADM dengan menggandeng Pertamina dan diawasi langsung oleh Daihatsu Jepang. Ini untuk memastikan kualitas dari Daihatsu Genuine Oil sesuai standar internasional untuk kebutuhan kinerja mesin-mesin mobil Daihatsu.

Untuk Anda pemilik Daihatsu Xenia terbaru yang mesinnya berkode 1NR-VE dan 2NR-VE (Xenia 1.500 cc) serta sudah mengadopsi teknologi Dual VVT-i, maka yang direkomendasikan adalah Daihatsu Genuine Oil dengan spesifikasi 5W-30. Anda bisa mendapatkan oli ini di dealer atau bengkel resmi Daihatsu.

Harga Daihatsu Genuine Oil 5W-30 untuk kemasan 1 Liter : Rp 55.000

2. TOP 1 HP Sport 5W-30

Oli TOP 1 HP Sport 5W-30

Oli dari TOP 1 yang bisa dipakai ke Daihatsu Xenia terbaru

TOP 1 menyediakan oli yang bisa diapikasikan untuk mesin Daihatsu Xenia terbaru. Kandungan Xtra-Clean Additives pada oli ini juga akan bekerja membersihkan kerak yang mungkin terdapat pada ruang meisn tersebut sekaligus mencegah kerak dari sisa pembakaran kembali timbul.

Selain itu oli ini juga akan menjaga suhu mesin tetap stabil meski melaju pada kondisi jalan yang macet. Menariknya, untuk mendapatkan semua kelebihan itu, harga oli ini juga cukup terjangkau.

Harga TOP 1 HP Plus 5W-30 untuk kemasan 1 Liter : Rp 90.000

3. Motul H-Tech 100 Plus 5W-30

Motul H-Tech 100 Plus

Oli berkualitas untuk Daihatsu Xenia terbaru

Oli full sintetis lain yang juga kami rekomendasikan untuk oli mobil Xenia 1300cc dan 1500 cc terbaru adalah Motul H-Tech 100 Plus dengan viskositas 5W-30. Oli ini memiliki kandungan khusus yang bertugas membersihkan ruang mesin serta menjaga dinding dan bagain bagian mesin dari kemungkinan aus akibat terjadi gesekan saat mesin bekerja.

Oli ini juga akan menjaga suhu mesin mobil tetap optimal meski pada kondisi jalan macet atau dipacu dengan kecepatan tinggi. Sehingga kinerja mesin juga akan tetap pada kondisi yang terbaik.

Harga Motul H-Tech 100 Plus 5W-30 untuk kemasan 1 Liter : Rp 180.000

>>> Review Daihatsu Hy-Fun 2019: Menerka Cikal Bakal Daihatsu Xenia Masa Depan

4. Fastron Techno 10W-40

Fatron Techno 10W-40

Oli dari Pertamina yang cocok untuk Daihatsu Xenia

Untuk oli mobil Xenia yang cocok jika kendaraan Anda diproduksi di bawah tahun 2015, maka coba Fastron Techno 10W-40. Meskipun viskositas dari pelumas ini cukup kental, namun oli ini berjenis full sintetis yang mengandung aditif khusus racikan Pertamina.

Kandungan pada pelumas ini akan memberikan perlindungan terhadap semua komponen di dalam mesin bahkan sejak pertama kali mesin dihidupkan. Ini bertujuan agar mesin tidak mengalami stress tinggi selama mobil digunakan.

Harga Fastron Techno 10W-40 untuk kemasan 4 Liter : Rp 260.000

5. Shell Helix HX6 10W-40

Sehll Helix HX6 10W-40

Visikotas 10W-40 disarankan untuk Xenia bermesin EJ-DE dan K3-VE

Shell juga menyediakan oli untuk Daihatsu Xenia dengan viskositas 10W-40 melalui Helix HX6. Oli semi sintetis ini menggunakan teknologi Flexi-Molecule dan Active Cleansing yang akan membentuk lapisan film yang bekerja memberikan perlindungan pada permukaan komponen mesin dan aktif membersihkan ruang mesin hingga celah terkecil.

Bahkan Shell mengklaim kalau perlindungan terhadap komponen mesin yang diberikan oleh Shell Helix HX6 bisa 40 persen lebih baik daripada pelumas lain yang sejenis.

Harga Shell Helix HX6 10W-40 untuk kemasan 4 Liter : Rp 352.000

6. Castrol Magnatec 10W-40

Castrol Magnatec 10W-40

Dengan viskositas 10W-40, oli ini cocok juga untuk Xenia berusia lebih dari 5 tahun

Oli mesin mobil Xenia berikutnya yang kami rekomendasikan jika mobil Anda sudah berusia lebih dari 5 tahun adalah Castrol Magnatec. Berjenis oli semi sintetis, pelumas dengan viskositas 10W-40 ini teknologi Self Healing Layer yang bekerja untuk membentuk lapisan perlindungan dan memperbaiki dengan sendirinya saat kamu berkendara dalam kondisi stop and go.

Kemudian oli Castrol Magnatec juga memiliki molekul pintar yang dapat melekat pada setiap komponen mesin hingga ke bagian terkecil. Sehingga semua komponen ini bisa terlindungi untuk menjaga kualitasnya ketika mesin berkerja.

Harga Castrol Magnatec 10W-40 kemasan 4 Liter : Rp 360.000

Itulah beberapa rekomendasi oli mobil Xenia dari berbagai merk yang bisa Anda pilih. Pastikan kesesuaian antara spesifikasi oli dengan kebutuhan mesin Daihatsu Xenia kesayangan Anda ya!

>>> Jangan lupa klik tips dan trik untuk mendapatka informasi menarik lainnya seputar perawatan mobil

Share this post:
Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Ia menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

Berita lain

Mau Bikin Sarung Jok Mobil Xenia? Pertimbangkan Dulu 5 Ini

13/12/2020

Pengemudian

8 menit

Ketika sedang muncul hasrat untuk membuat kabin Diahatsu Xenia Anda terlihat lebih keren dan berkelas, maka tak ada salahnya dengan memasang cover jok mobil Xenia. Karena dengan kombinasi model dan warna yang tepat, jok mobil tersebut akan membuat tampilan interior berbeda.

Lihat juga

Yuk Pahami Perbedaan Disetiap Tipe Mobil Xenia

14/05/2020

Jual beli

8 menit

Ada beberapa tipe mobil Xenia yang ditawarkan Daihatsu. Meskipun dari segi dimensi tetap sama, namun semuanya memiliki perbedaan sendiri-sendiri yang perlu dipahami.

Lihat juga

Cari Mobil Keluarga Terjangkau? Harga Daihatsu Xenia Bekas Sekarang Mulai Rp50 Jutaan!

09/12/2019

Jual beli

5 menit

Harga Daihatsu Xenia bekas kini amat terjangkau. Untuk Xenia generasi awal, harganya sudah di kisaran Rp50 juta. Sementara yang all new model sudah di bawah Rp100 juta.

Lihat juga

Model Lama Masih Menarik, Intip Harga Kredit Xenia Bekas yang Menggiurkan

24/08/2019

Jual beli

3 menit

Meskipun Daihatsu Xenia sudah mendapatkan pembaruan beberapa waktu lalu, tapi Xenia bekas masih menjadi komoditas menarik di pasar mobil kali ini. Tak harus membayar langsung, ada banyak harga kredit Xenia bekas yang menarik untuk Anda.

Lihat juga

5 Keuntungan Membeli Daihatsu Great New Xenia Buat Mudik Lebaran

18/05/2019

Jual beli

Membeli Daihatsu Great New Xenia untuk dipakai mudik Lebaran ke kampung halaman merupakan hal yang bisa kami rekomendasikan. Karena setidaknya ada lima keuntungan ketika Anda memilih mobil keluarga yang satu ini.

Lihat juga
 
back to top