Oli Bekas Menghitam, Pertanda Baik atau Buruk?

08/03/2020

Perawatan dan service

2 menit

Share this post:
Oli Bekas Menghitam, Pertanda Baik atau Buruk?
Oli bekas seringkali berwarna hitam saat dilakukan penggantian di interval waktu tertentu. Ini menjadi pertanda baik, atau sebaliknya jadi pertanda buruk?

Salah satu 'kewajiban' yang harus dilakukan pemilik kendaraan bermotor yaitu melakukan penggantian oli mesin atau pelumas secara berkala dalam waktu tertentu. Tujuannya agar performa kendaraan tetap terjaga dan kendaraan bisa berumur panjang.

Foto menunjukkan proses mengganti oli mobil

Oli penting untuk menjaga performa kendaraan

Penggantian bisa dilakukan sendiri maupun bengkel. Namun paling recommended dilakukan oleh bengkel resmi. Selain peralatan yang memadai, proses penggantian dilakukan oleh ahlinya sembari melakukan pengecekan part yang lain.

Oli Bekas Menghitam

Nah, yang biasa kita lihat oli bekas yang akan diganti pasti berwarna hitam, meskipun saat dimasukkan pertama kali warnanya merah, biru tua, kuning keemasan atau kuning kecoklatan. Apakah itu pertanda baik atau pertanda buruk?

Asumsi pertama bagi yang belum tahu pasti menganggap oli jelek dan tidak berkualitas. Faktanya tidak demikian. Menurut Product Development and Technical Support PT. Topindo Atlas Asia (TOP1 Indonesia), Lucky oli bekas menghitam tidak selalu menjadi pertanda buruk atau menandakan oli jelek.

>>> Ini Bahayanya Kalau Oli Mesin Diesel Dipakai ke Mesin Bensin

Foto menunjukkan oli bekas berwarna hitam

Oli bekas menghitam, bukan berarti jelek

"Tak selamanya oli berwarna hitam itu berarti oli jelek. Oli yang sudah dituang dalam mesin, pasti saat dikeluarkan lagi oli sudah hitam. Hal tersebut wajar, karena oli tersebut sudah tercampur dengan residu ruang mesin, jadi bukan berarti oli jelek," tutur Lucky seperti dikutip dari laman TOP1 Indonesia.

Senada dengan penuturan di atas, laman resmi Federal Oil juga menyebutkan kalau oli bekas yang menghitam bukan karena kualitas oli yang buruk. Tapi hasil dari proses pembakaran dan gesekan antar logam dalam mesin. Panas dan gesekan ini lah yang memicu perubahan warna oli. Semakin lama dan semakin sering kendaraan digunakan warna semakin pekat.

Perubahan warna ini menunjukkan oli bisa bekerja secara maksimal karena bisa membersihkan mesin hingga ke celah-celah terkecil serta mendinginkan mesin.

>>> Temukan berbagai pilihan mobil baru dan bekas berkualitas di sini

Kesimpulan

Oli bekas berwarna hitam bukanlah pertanda buruk. Melainkan indikasi kalau oli bekerja secara maksimal. Jadi, tak ada yang perlu dikhawatirkan.

>>> Tips dan trik menarik lainnya ada disini

Share this post:
Fatchur Sag
Penulis
Fatchur Sag
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.

Berita lain

Jangan Terkecoh, Ini Ciri-Ciri Oli Mobil Berkualitas

01/03/2020

Perawatan dan service

4 menit

Karena perannya yang sangat krusial, Anda tidak bisa asal dalam memilih oli karena dapat mempengaruhi performa dan kondisi mesin. Apa saja ciri-ciri oli mobil berkualitas?

Lihat juga

Efek Pakai Oli Palsu, Untung Puluhan Ribu Rugi Puluhan Juta

29/02/2020

Perawatan dan service

5 menit

Harga oli palsu yang cenderung lebih murah dari oli asli bisa membuat siapa saja tergiur. Padahal ada efek pakai oli palsu yang dapat membuat pengeluaran Anda untuk perbaikan mesin mobil berkali-kali lipat lebih mahal dari harga oli itu sendiri.

Lihat juga

Lokasi Ditentukan, Pemerintah Targetkan Pembangunan Jalan Tol Probolinggo-Banyuwangi Selesai 2025

19/02/2020

Pasar mobil

1 menit

Lokasi Jalan Tol Probolinggo-Banyuwangi sudah ditentukan dan pembangunan segera dimulai. Pemerintah menargetkan tahun 2025 selesai dan bisa beroperasi.

Lihat juga

Ini Akibatnya Jika Oli Mesin Kering

20/01/2020

Perawatan dan service

5 menit

Kalau tidak pernah diperhatikan, oli mesin kering bisa saja terjadi. Jika sudah seperti ini, maka akan berdampak sangat buruk buat komponen-komponen di mesin.

Lihat juga

Bukan Jadi Limbah, Ternyata Ini Manfaat Oli Bekas

15/02/2020

Perawatan dan service

5 menit

Selain jadi limbah berbahaya buat lingkungan, ternyata ada manfaat oli bekas yang dapat digunakan. Beberapa orang pun berhasil membuktikan khasiat oli bekas tersebut.

Lihat juga