Nih Caranya Biar Mesin Turbo di Mobil Lebih Awet!

16/09/2021

Perawatan dan service

3 menit

Mobil mesin turbo kian marak meramaikan jalanan Indonesia. Kalau dari Anda ada yang kepincut untuk meminangnya, yuk ketahui cara perawatan mobil mesin turbo.

Setahun belakangan, mesin turbo makin banyak digunakan pada mobil-mobil di Indonesia. Bak gayung bersambut, kehadiran mobil mesin turbo di Tanah Air juga disambut penerimaan yang baik oleh masyarakat. Mobil bermesin turbo dipercaya bisa menyemburkan tenaga yang besar. Tentu ini menjadi nilai plus bagi para pencinta performa. 

Komponen pada mobil turbo bekerja dengan cara memanfaatkan aliran udara dari gas buang mesin untuk memutar baling-baling turbin, sehingga menghasilkan udara yang terkompresi dalam volume yang banyak.

mobil mesin turbo

Mesin turbo di mobil DFSK

Udara dari turbo kemudian didinginkan melalui intercooler sebelum akhirnya masuk kembali ke dalam mesin yang dapat membantu proses pembakaran bahan bakar supaya lebih optimal. Hasilnya dapat meningkatkan performa ketika dipacu di jalanan, namun juga mobil jadi tetap irit bahan bakar.

Kalau sudah mengetahui cara kerjanya, ada baiknya pula untuk mengetahui perawatan mobil bermesin turbo agar bisa awet dan tahan lama. Tak perlu khawatir, perawatannya terbilang mudah. Apa saja ya? Simak tips merawat mobil turbo seperti dijelaskan DFSK Indonesia berikut ini. 

>>> Berikut Kelebihan Dan Kekurangan Daihatsu Rocky Turbo

1. Periksa dan Ganti Oli Mesin Secara Berkala

Oli mesin memegang peranan penting karena memiliki fungsi vital. Mulai dari melindungi mesin dari keausan akibat gesekan komponen di dalamnya, membantu menjaga suhu mobil, hingga membersihkan sejumlah kerak-kerak yang ada. Anda bisa memeriksa volume oli mesin dan kualitasnya melalui dipstick yang biasanya ada di mesin.

Apabila volume oli sudah berkurang atau kondisinya sudah keruh, bisa datang ke bengkel untuk melakukan pergantian oli mesin. Melakukan perawatan berkala dan pergantian oli mesin di bengkel resmi akan mendapatkan jaminan spesifikasi oli mesin yang direkomendasikan pabrikan dan pemeriksaan kendaraan yang menyeluruh secara akurat. 

>>> Pilihan Mobil Turbo Seharga Toyota Raize-Daihatsu Rocky

2. Pakai BBM Minimal RON 92

BBM Pertamax

Gunakan BBM dengan RON 92 untuk membuat mobil turbo lebih awet

Perawatan yang paling sederhana yang bisa dilakukan sendiri adalah dengan menggunakan bahan bakar yang tepat sesuai dengan rekomendasi pabrikan. Kendaraan bermesin turbo membutuhkan bensin dengan RON minimal 92

Penggunaan  bensin yang tepat sesuai rekomendasi pabrikan akan membantu sistem pembakaran bekerja sempurna. Terlebih bagi mobil turbo ini yang diharuskan menggunakan bahan bakar berkualitas sehingga performa mesin mobil bisa maksimal namun tetap irit bahan bakar.

3. Rutin Membersihkan Filter Udara

Kunci dari proses kerja turbo adalah udara yang masuk ke dalam turbin. Sehingga pemilik kendaraan sebaiknya rutin membersihkan saringan udara. Jika sampai saringan udara kotor maka maka fungsi turbo ini akan menjadi tidak maksimal. Pekerjaan membersihkan filter udara ini bisa dilakukan di bengkel ataupun sendiri. Bila Anda memutuskan untuk mengerjakannya sendiri, jangan lupa untuk mengikuti panduan yang tertera pada buku petunjuk manual. 

>>> Kisah Intercooler, Sang 'Radiator' Pendingin Udara Turbo

Menjadi jurnalis otomotif di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2016 dan telah memiliki ragam pengalaman menguji mobil hingga mengunjungi pameran otomotif tingkat dunia. Bergabung sebagai Editor di Cintamobil sejak tahun 2020.

Lulusan Universitas Trisakti ini mengawali karir sebagai jurnalis di kanal ekonomi di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2015. Kemudian pada tahun 2016, dipercaya untuk mengisi kanal otomotif. Sebagai jurnalis di bidang otomotif, tentu dituntut untuk mengetahui ragam informasi yang berkaitan dengan mobil, motor, hingga lalu lintas kendaraan. Pun demikian dengan aturan lalu lintas yang berlaku saat ini. 

Tidak cuma memiliki pengetahuan soal industri otomotif Tanah Air, bekerja di media mainstream artinya dituntut juga untuk menyajikan berita secara cepat dan akurat. 

Dengan kemampuan yang dimiliki, sejak saat itu pula mulai dipercaya untuk mengetes ragam mobil baru di Indonesia maupun luar negeri. Adapun ragam mobil yang pernah dicoba antara lain di kelas LCGC, Low MPV, SUV, mobil listrik murni hingga Supercar sekelas Ferrari.

Tak cuma itu, aneka pameran otomotif berskala nasional dan internasional di berbagai negara juga telah dihadirinya. Pada tahun 2020, memutuskan untuk bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Editor.

Experience

  • Tokyo Auto Salon 2019
  • Geneva International Motor Show 2017
  • GIIAS 2016, 2017, 2018, 2019
  • IIMS 2017, 2018, 2019
  • IMOS 2016, 2018
 
back to top