Ngabuburit Yuk dengan Bersihkan Jamur Kaca Mobil

30/04/2021

Perawatan dan service

3 menit

Share this post:
Jamur kaca di mobil berisiko mengganggu kenyamanan dan menghalangi visibilitas pengendara. Dengan tips berikut, Anda bisa membersihkannya tanpa perlu ke bengkel lho.

Jamur pada kaca kendaraan seringkali membuat kesal. Selain membuat eksterior kusam, visibilitas pengemudi saat sedang berkendara terutama di malam hari dan saat saat hujan lebat bisa terganggu. Jika dibiarkan lama-lama, jamur kaca akan semakin banyak dan membuat kondisi mobil menjadi buruk. 

Agar hal itu dapat dihindari, penting bagi Anda untuk rajin memeriksa dan menjaga kebersihan kaca mobil secara berkala. Sebenarnya, untuk membersihkan jamur kaca, Anda tidak perlu menyambangi bengkel. Anda bisa melakukannya sendiri di rumah saat ada waktu luang dengan bahan-bahan dan alat yang mudah didapatkan di pasaran. 

Tips Membersihkan Jamur Kaca Mobil

Berikut adalah serangkaian tips untuk membersihkan jamur yang bersarang di kaca mobil Anda.

pentingnya membersihkan jamur kaca di mobil

membersihkan jamur kaca di mobil sangatlah penting

1. Cari Tahu Tipe Kaca Mobil

Sebelum membersihkan jamur kaca, ada baiknya jika Anda mencari tahu dulu seperti apa spesifikasi kaca mobil Anda untuk menentukan material yang cocok digunakan sebagai pembersih. Biasanya spesifikasinya ada di bagian sudut bawah kaca.

2. Jangan Bersihkan Jamur Kaca Mobil di Tempat Panas

Sebaiknya, membersihkan jamur kaca mobil dilakukan di tempat yang tidak langsung terkena sinar matahari. Hal ini dikarenakan, cairan atau bahan yang digunakan untuk membersihkan jamur kaca akan cepat mengering. Bukannya hilang, justru cairan yang mengering tersebut akan menimbulkan flek pada permukaan kaca.

orang sedang mengelap kaca mobil

orang sedang mengelap kaca mobil bagian depan

3. Gunakan Kain Microfiber

Untuk membersihkan komponen mobil termasuk kaca, pastinya Anda membutuhkan kain. Sebenarnya, ada banyak sekali jenis kain pembersih, tetapi yang umum digunakan adalah kain microfiber karena memiliki daya serap yang tinggi. Terbuat dari material halus, microfiber tidak akan memberikan efek baret pada mobil saat diaplikasikan.

>>> Menghilangkan Kaca Mobil Berembun saat Hujan, Bisa Pakai Tembakau

Beragam Pembersih Jamur Kaca Mobil 

Ada banyak daftar barang yang bisa dimanfaatkan untuk membersihkan jamur kaca di mobil, seperti berikut:

1. Cairan Pembersih Kaca Mobil

Cairan pembersih kaca mobil atau biasa disebut glass cleaner adalah pilihan utama untuk membersihkan jamur kaca mobil. Teksturnya kental, jadi Anda harus mencampurnya dengan air. Setelah dicampur dengan air, semprotkan cairannya ke mobil, kemudian lap dengan kain.

orang sedang membersihkan kaca mobil dengan sabun pembersih

orang sedang membersihkan kaca mobil dengan sabun pembersih

Glass cleaner mampu mengangkat kotoran dan jamur serta kerak air yang ada di pori-pori kaca, sehingga menjadikannya kinclong.

2. Minuman Bersoda

Tidak hanya menyegarkan dahaga, minuman bersoda juga bisa digunakan untuk membersihkan jamur kaca lho! Caranya menggunakannya sangat sederhana. Pertama, bersihkan dulu seluruh permukaan kaca mobil menggunakan kain kering. Setelah itu, basahi kain berbahan lembut dengan air soda. Gosok perlahan agar tidak menimbulkan goresan pada kaca. Terakhir, lap kaca mobil sampai kering.

3. Pasta Gigi

Ternyata, pasta gigi adalah salah satu bahan yang bisa diandalkan untuk membersihkan jamur kaca. Anda hanya perlu mengoleskan pasta gigi pada permukaan kaca mobil yang disarangi jamur. Diamkan sejenak hingga  pasta gigi mengering. Setelahnya, bilas dan gosok dengan air bersih. Lalu, lap kacanya sampai tidak ada bekas air yang tersisa.

pasta gigi bisa membersihkan kaca mobil

pasta gigi dapat membersihkan kaca mobil yang disarangi jamur

 

4. Alkohol Kadar 50% - 90%

Terakhir, ada alkohol dengan kadar 50% hingga 90%, yang diklaim mampu membasmi jamur kaca. Sama seperti sebelumnya, basahi kain dengan alkohol, lalu gosok seluruh permukaan kaca mobil. Setelah itu, lap sampai kering. Anda juga bisa menggunakan hand sanitizer untuk membersihkan kaca, mengingat bahannya berbentuk gel sehingga tak berpotensi merusak bodi mobil.

5. Pemutih Pakaian

Selain pasta gigi, pemutih pakaian juga bisa digunakan untuk memberantas jamur kaca mobil, sungguh multifungsi. Anda hanya perlu membasahi kain dengan cairan pemutih pakaian. Lalu gosokkan kain itu ke permukaan kaca yang terkena jamur. Kemudian, bilas dan lap sampai kaca kering.

basahi kain dengan cairan pemutih pakaian

membersihkan kaca mobil dengan cairan pemutih pakaian 

>>> Ngabuburit #DiRumahAja Bersihkan Kaca dari Jamur

Menyukai dunia menulis di bangku SMP hingga serius menggeluti dunia SEO sejak tahun 2011. Penggemar berat FC Barcelona, konser musik, dan eksplorasi alam, kini menulis SEO di Cintamobil.com sejak Maret 2021.
 
back to top