Ngabuburit #DiRumahAja Ulik Head Unit Audio di Mobil Anda

06/05/2020

Perawatan dan service

3 menit

Share this post:
Himbauan untuk tetap di rumah saat pandemik membuat kegiatan keluar rumah harus dibatasi, berikut tips Ngabuburit #DiRumahAja fdengan ulik Head Unit Audio di Mobil Anda

Himbauan untuk social distancing dan #DiRumahAja saat pandemic Corona (Covid19) ini membuat berbagai kegiatan di luar rumah harus dibatasi. Apalagi kini sudah memasuki bulan suci Ramadhan, membuat kegiatan menunggu bedug maghrib alias ngabuburit harus jelas dan berfaedah. Berikut ini kami berikan tips Ngabuburit #DiRumahAja untuk mengulik head unit audio di mobil Anda.

Foto test driver Cintamobil sedang mengemudikan mobil

Social distancing membuat kegiatan keluar rumah harus lebih dibatasi

KENALI HEAD UNIT MOBIL ANDA

Foto head unit Toyota Agya 1.2 G AT 2017

Kenali dahulu head unit di mobil Anda saat Ngabuburit #DiRumahAja

Pertama yang harus dilakukan adalah mengenali head unit mobil Anda. Apakah sudah touchscreen, atau masih belum menggunakan layar sentuh. Periksa juga berbagai pilihan equalizer yang tersedia dan juga setup dasar. Setup dasar yang kami maksud adalah settingan trable, bass, balance, hingga fadernya. Biasanya head unit paling standar pun di sebuah mobil pick up sudah tersedia 4 pengaturan dasar tersebut.

>>> Trik Memilih Head Unit Bekas yang Masih Berkualitas

JUMLAH SPEAKER DAN TWEETER MEMPENGARUHI OUTPUT SUARA

Gambar menunjukkan speaker di mobil All-new Toyota Harrier 2020

Jumlah speaker maupun kualitas speaker sangat menentukan kualitas reproduksi suara

Hal kedua yang tidak kalah penting dalam menentukan kualitas reproduksi suara adalah jumlah speaker bawaan mobil. Biasanya, mobil dalam keadaan standar telah dilengkapi paling sedikit 2 speaker. Rata-rata mobil yang dijual di Tanah Air sudah dilengkapi dengan 4 buah speaker meski tidak semua tatanan audio menggunakan tweeter untuk mengangkat suara vokal.

>>> Tidak Ingin Head Unit Mobil Anda Bermasalah, Simak Tips Ini

MENGATUR EQUALIZER

Foto head unit Suzuki XL7 Alpha AT 2020

Masuk ke preset equalizer pada head unit di mobil Anda

Salah satu fitur yang juga berguna untuk memaksimalkan audio pada sebuah mobil adalah equalizer. Ada dua cara untuk mengatur equalizer audio, pertama adalah melalui preset equalizer yang bisa disesuaikan dengan jenis musik yang diputar, seperti Jazz, Pop, RnB, HipHop, Rock, Electronic, Dance dan lainnya, dengan mengubah preset otomatis karakter suara akan mengikuti default jenis musik yang diputar.

>>> Apakah Anda sudah merawat mobil Anda dengan cara yang benar? Klik sini untuk lanjut simak tips dan trik merawat mobil dari para ahli otomotif di Cintamobil.com

Foto layar infotaiment Mitsubishi Eclipse Cross 2020

Tiap head unit memiliki layout tampilan yang berbeda untuk mengatur audionya

Cara kedua adalah mengatur sendiri preset equalizer sesuai selera. Anda tinggal masuk ke menu pengaturan di layar maupun head unit dan masuk ke pengaturan suara, lalu pilih EQ. Disini Anda tinggal tekan tombol dan bisa melakukan kustom pengaturan equalizer sesuai selera. Equalizer head unit terdiri dari bermacam-macam band yang artinya ada beberapa frekuensi yang bisa diatur. Subwoofer level juga bisa diatur sesuai selera Anda.

Gambar menunjukkan kabin belakang Honda HR-V 1.5 S CVT 2020

Jangan lupa atur fader (keseimbangan suara depan dan belakang) yang pas untuk Anda

Jadi begitulah cara Ngabuburit #DiRumahAja untuk mengulik head unit audio di mobil Anda. Mudah dilakukan kan? Pada seri berikutnya kami akan berikan tips ringan untuk memodifikasi audio mobil Anda agar kualitas suaranya bertambah signifikan.

>>> Klik sini untuk lanjut simak tips dan trik yang berguna lainnya

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, kini ia menjadi Managing Editor Cintamobil.com

About Arfian

Lulusan kampus Trisakti angkatan 2009 ini sebenarnya salah jurusan saat kuliah. Karena ia mengambil jurusan Ekonomi Akuntansi mengikuti kemauan ayahnya dibanding mengambil kuliah teknik maupun komunikasi yang menjadi minatnya. Namun, passion menulis dan ketertarikannya akan mobil membawanya melamar menjadi jurnalis otomotif.

Gayung pun bersambut, pada tahun 2014 di mana sebelum Arfian wisuda, ia sudah diterima bekerja di Motorplus Weekly. Motorplus Weekly adalah sebuah tabloid dwi mingguan yang mengulas tentang sepeda motor. Lho kok sepeda motor? Yes, karena saat Arfian melamar pekerjaan di anak grup Kompas Gramedia tersebut, hanya posisi itu yang tersedia.

Setelah lulus kuliah Arfian bekerja di sana selama tiga tahun sebagai reporter. Bekerja menjadi jurnalis khusus sepeda motor Arfian jalani dengan semangat dan senang hati. Tak terhitung berapa kali ia menemui narasumber, berkunjung ke bengkel maupun sekadar mencoba sepeda motor baru dari jenis scooter hingga motor besar.

Di tengah perjalanan karirnya, Motorplus Weekly memiliki satu anak usaha lagi yakni Otoplus weekly yang berpusat di Surabaya, Jawa Timur. Melihat potensi dan passion yang dimiliki Arfian, Editor in Chief Motorplus saat itu, Alm Achmad ‘Feol’ Riswan menugaskan secara khusus Arfian untuk mengisi kolom otomotif roda empat.

Arfian ditugaskan untuk test drive mobil di tabloid Otoplus tersebut mulai tahun 2016. Sampai saat ini sudah ratusan kendaraan baik berjenis truk, bus, hingga mobil sport yang Arfian coba. Kegemarannya menulis dengan detail, terstruktur dan teknis membuat ia memiliki pembaca setia dan dipercaya untuk menjadi test driver di tabloid tersebut. 

Sejak tahun 2018 Arfian bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer dan menjadi Senior Content Writer setahun kemudian. Di tahun 2021 ia dipromosikan menjadi Editor, dan dengan kinerja yang baik di tahun 2021 ini pula ia dipromosikan kembali menjadi Managing Editor untuk website ini.

Roles

Managing Editor, Cintamobil.com

Workplace

Jakarta, Indonesia

Education

2009 - 2014 Trisakti University, Bachelor Degree, Accounting

2006 - 2009 54 Senior High School

2003 - 2006 109 Junior High School

Experience

2014 - 2016 Motorplus & Otoplus, Kompas Gramedia

2018 Content Writer Cintamobil.com

2019 Senior Content Writer Cintamobil.com

2021 Managing Editor Cintamobil.com

Awards

2020 - 3rd Winner, Best Online Write Up Activity & Industry News, Warta Citra Adiwahana

2020 - 2nd Winner, Mitsubishi Journalist Writing Competition - Artikel Online Terbaik

2021 - 1st Winner, Best Online Product Review, Warta Citra Adiwahana

 
back to top