Ngabuburit #DiRumahAja Sambil Cek Kondisi Ban Anda

08/05/2020

Perawatan dan service

3 menit

Share this post:
Ngabuburit #DiRumahAja Sambil Cek Kondisi Ban Anda
Banyak hal yang dapat Anda lakukan saat menunggu waktu berbuka, salah satu diantaranya adalah dengan Ngabuburit #DiRumahAja Sambil Cek Kondisi Ban Anda

Ban merupakan salah satu hal terpenting yang ada di mobil. Sebab fungsinya bukan hanya sebagai penopang mobil saat di jalan, tapi juga berperan untuk mengarahkan kendaraan. Sambil menunggu waktu berbuka puasa yang tinggal beberapa jam lagi, ada baiknya cek kondisi ban Anda. Berikut ini adalah langkah-langkah Ngabuburit #DiRumahAja Sambil Cek Kondisi Ban Anda.

SESUAIKAN TEKANAN ANGIN DAN CEK VISUAL KONDISI BAN

Gambar menunjukkan tampilan belakang Toyota Corolla Altis 1.8 V AT 2017

Saat mobil terparkir di garasi banyak hal yang dapat dilakukan untuk cek ban

Mobil yang terparkir di rumah akan memudahkan ketika hendak melakukan pengecekan tekanan angin dan kondisi ban. "Yang harus diperhatikan, selalu sesuaikan tekanan angin nya untuk posisi depan belakang seperti rekomendasi dari pabrikan kendaraan, biasanya tertera di pilar pintu pengemudi," papar Zulpata Zainal, selaku OVT GT Prooving Ground Manager, PT.Gajah Tunggal Tbk saat ngobrol santai dengan tim Cintamobil.com.

Foto dinding ban Suzuki New Carry Pick Up 2020

Pastikan dinding dan permukaan ban tidak mengalami kerusakan

Pria pengguna Hyundai Santa Fe ini juga menambahkan, bila dalam kondisi terparkir, juga dapat dilakukan pengecekan visual terhadap kondisi ban mobil Anda. "Kondisi lainnya untuk penggantian ban, bisa dilakukan kalau ban sudah ada (mengalami) kerusakan, misalnya ada sobek atau luka tembus, bagian samping ban ada yang benjol atau telapak ban ada yang gembung," tambah pria yang akrab disapa Zulpata ini saat kasih tips ngabuburit #DiRumahAja.

Gambar menunjukkan permukaan telapak ban

Jika ban sudah aus sebaiknya diganti baru demi keamanan optimal

Karena mobil jarang digunakan, bukan berarti Anda alpha untuk melakukan penggantian ban bila dibutuhkan. "Ban perlu diganti apabila ban sudah mencapai tanda TWI (tread wear indicator), biasanya disekeliling ban ada tanda tulisan TWI atau tanda segitiga sebanyak 6 atau lebih. Nah kalau tanda tersebut sudah tampak di antara parit kembangan telapak ban, yang ketebalannya sekitar 1,6 mm dari dasar groove atau telapak ban, berarti ban sudah tidak layak kalau pakai di permukaan basah," tambahnya.

Jadi begitulah yang dapat Anda lakukan ketika Ngabuburit #DiRumahAja. Kedepan kami akan bahas beberapa tips ringan yang dapat Anda praktekkan terhadap mobil Anda sembari menunggu waktu untuk berbuka puasa.

Share this post:
Penulis
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, Ia menjadi salah satu andalan Cintamobil dalam menguji mobil baru di Indonesia

Berita lain

Teknologi Ninja Bikin Dunlop SP SPORT LM705 Senyap Dan Lincah

22/02/2020

Event - Promosi

3 menit

Bulan depan pabrikan ban Dunlop secara resmi akan meluncurkan ban produk barunya yakni Dunlop SP SPORT LM705, teknologi Ninja membuat ban ini senyap dan lincah

Lihat juga

PT Bridgestone Tire Indonesia Adakan Upacara Wisuda ke-36 Lokakarya Pelatihan Keterampilan Bridgestone

27/09/2019

Pasar mobil

3 menit

PT Bridgestone Tire Indonesia (Bridgestone Indonesia), grup perusahaan dari grup Bridgestone Corporation, perusahaan ban dan karet terkemuka di dunia, meluluskan 23 siswa dari program pendidikan dan pelatihan kejuruan yang telah dilaksanakan selama dua tahun di Pelatihan Keterampilan Bridgestone Lokakarya “Loka Latihan Keterampilan Bridgestone” (LLKBS), di Bekasi, Jawa Barat. Maka Upacara Wisuda ke-36 Lokakarya Pelatihan Keterampilan Bridgestone.

Lihat juga

Bridgestone Corporation dan Badan Sains dan Teknologi Jepang Umumkan Perluasan Proyek Penelitian dan ...

27/09/2019

Pasar mobil

5 menit

Badan Sains dan Teknologi Jepang mengumumkan perluasan proyek penelitian dan pengembangan untuk mendukung sistem pengisian nirkabel kendaraan listrik. Program yang dipimpin oleh Badan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Jepang akan membantu berkontribusi pada realisasi masyarakat rendah karbon melalui pengurangan emisi CO2

Lihat juga

Bridgestone Indonesia Memperkenalkan Ban EMSA Premium di Indonesia

15/10/2019

Pasar mobil

3 menit

PT Bridgestone Tire Indonesia (Bridgestone Indonesia) hari ini (15/10) meluncurkan ban Bridgestone EMSA Premium, yang merupakan inovasi terbaru dari ban bias Bridgestone. Bridgestone EMSA Premium adalah ban yang dirancang untuk kendaraan komersial, terutama untuk segmen truk.

Lihat juga

Bridgestone Sumbang APD ke Pemprov Jawa Barat

08/04/2020

Event - Promosi

5 menit

Bridgestone sumbang APD demi kebutuhan tenaga medis di Provinsi Jawa Barat dalam menangani pasien yang telah terinfeksi virus corona. Diharapkan sumbangan ini dapat membantu dalam melawan penyebaran virus corona di Indonesia.

Lihat juga
 
back to top