Ngabuburit #DiRumahAja Sambil Cek Cairan Penting di Mesin Mobil

01/05/2020

Perawatan dan service

3 menit

Share this post:
Sambil menunggu waktu berbuka puasa, ada banyak kegitan yang dapat dilakukan salah satunya ngabuburit #DiRumahAja sambil cek cairan penting di mesin mobil

Sambil menunggu waktu berbuka puasa, ada banyak kegitan yang dapat dilakukan seputar otomotif, salah satunya ngabuburit #DiRumahAja sambil cek cairan penting di mesin mobil. Mengecek cairan di mesin mobil tentunya sangat penting, bukan hanya dapat mencegah kerusakan fatal, namun juga berkaitan erat dengan keselamatan Anda. Berikut ini beberapa hal yang dapat dilakukan saat ngabuburit #DiRumahAja sambil cek cairan penting di mesin mobil.

1. Cek Oli

Gambar menunjukkan lubang pengisian oli mobil

Cek oli adalah yang pertama dilakukan

Oli merupakan 'darah' bagi mesin, karena fungsinya melumaskan bagian internal mesin maka keberadaan oli sangat penting. Untuk itu sembari menunggu waktu berbuka puasa Anda dapat mengecek volume oli melalui dipstick oli, pastikan volumenya selalu cukup dan tidak berada di bawah logo 'MIN'.

2. Cek Air Aki

Gambar menunjukkan aki GS Astra NS40

Pastikan volume cairan elektrolit aki selalu mencukupi

Keberadaan aki juga tidak kalah penting dari oli di mesin, sebab fungsinya sebagai sumber tenaga berbagai alat elektronik yang ada di mobil. Tapi trik ini dapat dilakukan bagi mobil yang masih menggunakan aki basah. Pastikan cairan elektrolit di aki tidak berkurang hingga 'LOWER LEVEL' dan selalu dalam keadaan cukup.

3. Cek Air Wiper

Foto wiper di Honda CR-V Turbo dinyalakan saat kondisi hujan lebat

Saat melakukan perjalanan luar kota dalam kondisi hujan seperti ini, keberadaan air wiper penting

Saat hujan lebat tak jarang pengemudi menyemprotkan air untuk membantu wiper bekerja. Terutama saat melaju di jalan bebas hambatan atau jalur luar kota. Buka kap mesin dan cek volume air wiper di mobil Anda, tambahkan sedikit cairan water repellent untuk meringankan sapuan wiper mobil Anda.

4. Cek Air Radiator

Foto mesin Mahindra Scorpio Dual Cabin 2019

Pastikan air radiator tidak berkurang dan cek juga di botol reservoirnya

Sistem pendinginan mesin selain lewat udara juga sangat bergantung dari air radiator. Pastikan volume air radiator tidak berkurang dan dapat bersirkulasi dengan baik ke mesin. Kuras air radiator tiap melewati 5.000 kilometer untuk memastikan kualitas air radiator tetap baik dan gunakan selalu radiator coolant.

5. Cek Oli Power Steering

Foto tempat oli power steering Toyota Kijang LGX MT 1997

Letak pompa power steering biasanya dekat kompresor AC

Trik ini dapat dilakukan bagi Anda yang mobilnya masih menganut sistem power steering hidrolik. Cek selalu volume oli power steering agar pelumasan pompa power steering selalu bekerja optimal. Letak pompa power steering berada di balik kap mesin dan biasanya ada di dekat kompresor AC.

6. Cek Oli Rem

Foto master rem Toyota Kijang

Jangan lupa cek kondisi minyak rem saat ngabuburit #DiRumahAja

Terakhir yang dapat dilakukan sembari Ngabuburit #DiRumahAja adalah mengecek volume oli rem. Caranya mudah, Anda tinggal pantau saja master rem yang ada di mobil Anda, pastikan oli rem yang berada di tabung master rem tidak kurang dari logo 'MIN'. Tambahkan jika diperlukan, dan sesuaikan spesifikasi mobil Anda.

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, kini ia menjadi Managing Editor Cintamobil.com

About Arfian

Lulusan kampus Trisakti angkatan 2009 ini sebenarnya salah jurusan saat kuliah. Karena ia mengambil jurusan Ekonomi Akuntansi mengikuti kemauan ayahnya dibanding mengambil kuliah teknik maupun komunikasi yang menjadi minatnya. Namun, passion menulis dan ketertarikannya akan mobil membawanya melamar menjadi jurnalis otomotif.

Gayung pun bersambut, pada tahun 2014 di mana sebelum Arfian wisuda, ia sudah diterima bekerja di Motorplus Weekly. Motorplus Weekly adalah sebuah tabloid dwi mingguan yang mengulas tentang sepeda motor. Lho kok sepeda motor? Yes, karena saat Arfian melamar pekerjaan di anak grup Kompas Gramedia tersebut, hanya posisi itu yang tersedia.

Setelah lulus kuliah Arfian bekerja di sana selama tiga tahun sebagai reporter. Bekerja menjadi jurnalis khusus sepeda motor Arfian jalani dengan semangat dan senang hati. Tak terhitung berapa kali ia menemui narasumber, berkunjung ke bengkel maupun sekadar mencoba sepeda motor baru dari jenis scooter hingga motor besar.

Di tengah perjalanan karirnya, Motorplus Weekly memiliki satu anak usaha lagi yakni Otoplus weekly yang berpusat di Surabaya, Jawa Timur. Melihat potensi dan passion yang dimiliki Arfian, Editor in Chief Motorplus saat itu, Alm Achmad ‘Feol’ Riswan menugaskan secara khusus Arfian untuk mengisi kolom otomotif roda empat.

Arfian ditugaskan untuk test drive mobil di tabloid Otoplus tersebut mulai tahun 2016. Sampai saat ini sudah ratusan kendaraan baik berjenis truk, bus, hingga mobil sport yang Arfian coba. Kegemarannya menulis dengan detail, terstruktur dan teknis membuat ia memiliki pembaca setia dan dipercaya untuk menjadi test driver di tabloid tersebut. 

Sejak tahun 2018 Arfian bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer dan menjadi Senior Content Writer setahun kemudian. Di tahun 2021 ia dipromosikan menjadi Editor, dan dengan kinerja yang baik di tahun 2021 ini pula ia dipromosikan kembali menjadi Managing Editor untuk website ini.

Roles

Managing Editor, Cintamobil.com

Workplace

Jakarta, Indonesia

Education

2009 - 2014 Trisakti University, Bachelor Degree, Accounting

2006 - 2009 54 Senior High School

2003 - 2006 109 Junior High School

Experience

2014 - 2016 Motorplus & Otoplus, Kompas Gramedia

2018 Content Writer Cintamobil.com

2019 Senior Content Writer Cintamobil.com

2021 Managing Editor Cintamobil.com

Awards

2020 - 3rd Winner, Best Online Write Up Activity & Industry News, Warta Citra Adiwahana

2020 - 2nd Winner, Mitsubishi Journalist Writing Competition - Artikel Online Terbaik

2021 - 1st Winner, Best Online Product Review, Warta Citra Adiwahana

 
back to top