Ngabuburit #DiRumahAja Pastikan Aki Mobil Anda Prima

05/05/2020

Perawatan dan service

3 menit

Ngabuburit #DiRumahAja Pastikan Aki Mobil Anda Prima
Banyak hal yang bisa dilakukan saat mengisi waktu luang sebelum buka puasa alias ngabuburit, salah satunya ngabuburit #DiRumahAja Pastikan Aki Mobil Anda Prima

Foto Mesin 3NR-VE di Toyota Agya 1.2 G AT 2020\

Setelah ruang mesin bersih kini saatnya memperhatikan aki

Banyak hal yang bisa dilakukan saat mengisi waktu luang sebelum buka puasa alias ngabuburit, salah satunya ngabuburit #DiRumahAja Pastikan Aki Mobil Anda Prima. Apalagi saat kondisi pandemi virus Corona seperti ini, saat ngabuburit pun Anda tidak diperkenankan untuk keluar rumah. Berikut ini cara memastikan aki mobil agar selalu dalam kondisi sehat.

1. Jaga ketinggian air aki

Gambar menunjukkan aki GS Astra NS40 untuk Toyota Avanza

Perhatikan ketinggian air aki saat ngabuburit #DiRumahAja

Sel aki sangat bergantung pada ketinggian air aki, untuk itu Anda harus memeriksa ketinggian air aki dengan seksama. Pastikan air aki tidak kurang dari batas minimum atau 'MIN'. Sebab, meskipun kenyataannya aki basah lebih kuat dari aki kering, jika kondisi air aki kosong, sel aki langsung mati dan rusak.

2. Jaga kebersihan Aki

Foto ruang mesin Toyota Kijang LGX 2.0 EFI 2001

Ruang mesin yang bersih akan menjauhkan komponen mesin dari korosi

Kebersihan bukan hanya untuk penampilan, tetapi bisa menjaga kualitas aki mobil. Sempatkan tiap sebulan Anda disarankan untuk memeriksa kondisi aki dan membersihkan aki. Termasuk memeriksa kondisi baut atau terminal aki. Jangan lupa untuk mengecek kekencangan baut agar aki dapat bekerja optimal.

3. Perhatikan kondisi aki

Gambar menunjukkan aki GS Astra terpasang di mobil

Cek kondisi aki saat ngabuburit #DiRumahAja

Sebenarnya aki basah kekuatannya jauh lebih baik dari aki kering. Hanya saja pemilik mobil kerap lalai dalam menjaga ketinggian air aki seperti yang kami sebutkan pada poin nomor satu. Jika dalam kondisi normal, aki dapat bertahan 3 hingga 5 tahun, setelah lewat usia itu kemampuan sel aki akan menurun dengan sendirinya.

4. Pastikan Dudukan Aki Kuat

Foto dudukan aki Toyota Agya 1.2 G AT 2020

Pastikan dudukan aki terpasang dengan benar dan kuat

Ini merupakan pengalaman pribadi awak Cintamobil, sewaktu kuliah penulis menggunakan mobil untuk kuliah dan sampai di kampus sempat tidak bisa distater, ternyata air aki habis karena cairan elektrolit tumpah sebab dudukan aki longgar, getaran yang kuat menyebabkan air aki tumpah, maka pastikan dudukan aki kuat.

5. Hindari modifikasi kelistrikan berlebihan

Gambar menunjukkan subwoofer audio di mobil

Lakukan modifikasi kelistrikan yang ringan-ringan saja

Masalah paling sering yang membuat aki mobil menjadi cepat rusak adalah modifikasi sistem kelistrikan. Modifikasi yang terlalu berat akan membebani aki sehingga membuatnya bekerja lebih keras. Ketika masalah ini terjadi terus menerus, aki akan menjadi cepat soak. Jadi jangan modifikasi kelistrikan berlebihan.

Penulis
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, Kini ia menjadi Managing Editor Cintamobil.com
 
back to top