Musim Hujan, Hati-Hati Pengaruh Cuaca Dingin pada Tekanan Udara Ban

Share this post:
Musim Hujan, Hati-Hati Pengaruh Cuaca Dingin pada Tekanan Udara Ban
Ketika sedang terburu-buru di pagi yang dingin, ternyata ban mobil kempes karena tekanan udara berkurang. Tentu mengesalkan bukan? Tapi, bagaimana suhu mempengaruhi tekanan udara ban?

Ban mobil berisi udara. Dan dalam pelajaran Fisika, kita bisa mengetahui bagaimana udara dikendalikan oleh suhu di sekitarnya. Cuaca panas bisa membuat ban Anda overinflate atau menggembung. Tapi cuaca yang sangat dingin bisa menyebabkan ban Anda rusak parah, bukan hanya tekanan udara ban berkurang.

Gambar cuaca hujan dilihat dalam mobil

Tekanan udara terpengaruh dengan cuaca

Banyak mobil baru memiliki monitor tekanan ban yang terpasang untuk setiap roda yang secara konstan mengukur tekanan udara pada ban. Penyimpangan dari tekanan inflasi ban yang direkomendasikan akan menyebabkan Sistem Pemantauan Tekanan Ban (Tire Pressure Monitoring System) atau TPMS harus diaktifkan.

>>> Begini Cara Menyesuaikan Tekanan Ban Dengan Benar

Bagaimana suhu dingin mempengaruhi ban Anda?

Kebanyakan ban dipompa dan diisi dengan udara. Meskipun beberapa diler sekarang menggunakan nitrogen karena molekul nitrogen lebih besar daripada molekul oksigen. Dengan demikian, rembesan melalui dinding ban akan berkurang. Penggunaan nitrogen akan menghilangkan kelembapan pada ban yang dapat mempengaruhi inflasi.

Gambar tekanan udara pada hujan

Hujan lebat bisa mempengaruhi tekanan udara ban

Ada hubungan dasar antara perubahan suhu dan tekanan. Ketik suhu di luar ban berubah, hal tersebut akan mempengaruhi tekanan udara di dalam ban. Di musim hujan, dimana cuaca dingin seringkali menurunkan tekanan ban Anda. Jika ban berbulan-bulan mendapatkan cuaca panas, gelombang dingin pertama akan menyebabkan udara berkontraksi di dalam ban, menurunkan tekanan udara.

>>> Ingin mencari mobil baru? Dapatkan list terlengkapnya di Cintamobil.com

Untuk menghindari tekanan ban berkurang dan kerusakan ban lebih cepat, periksa tekanan ban Anda setiap bulan pada pagi hari, ketika ban pada keadaan dingin. Pada waktu tersebut, pastikan semua ban berada dalam tekanan PSI yang dianjurkan pada buku manual Anda.

Ketika Anda mengendarai mobil, gesekan akan menyebabkan ban memanas, meningkatkan tekanan di dalam ban. Memeriksa tekanan ban setelah mengemudi akan memberikan pembacaan tekanan tinggi yang kurang akurat dan cenderung berbeda jika dibandingkan pada saat ban dingin.

>>> Tips perawatan terlengkap bisa Anda dapatkan di sini

Gambar tekanan udara ban

Perhatikan tekanan udara, terlebih pada musim hujan

Sebagian besar ban dapat menangani tekanan yang lebih tinggi akibat mengemudi dalam cuaca panas, asalkan diatur pada tekanan yang benar ketika masih dingin. Namun ketika udara dingin, pastikan tekanan udara ban selalu terpantau. Pasalnya, udara yang dingin seringkali membuat tekanan udara ban berkurang dan akan mengganggu Anda ketika akan berkendara setelahnya.

>>> Tips otomotif lainnya bisa Anda dapatkan disini

Share this post:
Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.
 
back to top