Musim Hujan Datang, Jangan Lupa Rutin Membersihkan Karpet Mobil

25/01/2020

Perawatan dan service

5 menit

Musim Hujan Datang, Jangan Lupa Rutin Membersihkan Karpet Mobil
Saat musim hujan datang, jangan lupa untuk selalu rutin membersihkan karpet mobil. Karena jika karpet dibiarkan kotor, maka kotoran akan mengenai bagian lain pada interior mobil.

Setiap mobil umumnya telah dilapis dengan karpet lantai pada bagian interiornya. Tujuannya agar kotoran dari luar yang terbawa masuk ke ruang kabin tidak langsung mengenai lantai mobil. Biasanya kotoran maupun air ini masuk melalui alas kaki yang dipakai pengemudi maupun penumpang kendaraan tersebut.

Untuk beberapa pemilik mobil, selain karpet dasar ini lantai mobil juga sering diberi tambahan pelapis berupa karpet mobil. Model dan warnanya bisa beragam, tetapi sering kali karpet menggunakan bahan dasar karet. Itu agar karpet lebih tahan lama dan mudah untuk dibersihkan.

>>> Mengenal Fungsi Karpet Mobil, Bukan Sekedar Buat Pemanis Kabin

Nah, karena dua faktor unggulan itulah, maka sebaiknya membersihkan karpet mobil dilakukan dengan rutin. Minimal dua pekan sekali, agar kotoran dan air tidak menumpuk di kabin mobil sehingga merusak komponen mobil lainnya, termasuk menumbuhkan karat.

Berikut ini akan kami bagikan tips untuk membersihkan karpet yang berbahan dasar karet:

1. Keluarkan Karpet dari Kabin Mobil

karpet mobil dari karet

Bersihkan karpet dengan mengeluarkannya terlebih dulu dari dalam mobil

Saat akan membersihkan karpet dari debu, kotoran, mapun lumpur yang menempel, keluarkan terlebih dahulu karpet tersebut. Ini untuk menghindari kotoran berterbangan dan menempel pada bagian interior lainnya sehingga malah akan menambah beban kerja Anda.

>>> Promo mobil baru yang menarik selalu ada disini

2. Sapu Debu dan Kotorannya

Saat posisi karpet sudah ada di luar interior mobil, maka sebaiknya hilangkan lebih dahulu debu atau kotoran yang ada di permukaan karpet. Caranya dengan menyapu karpet tersebut agar debu terangkat dari karpet.

3. Sikat dengan Sabun

mencuci karpet mobil dengan sabun

Sikat bersih karpet dengan sabun agar semua kotoran hilang

Agar kotoran maupun lumpur bersih sempurna, maka sebaiknya cuci permukaan karpet mobil menggunakan sabun. Bisa sabun colek atau sabun cuci pakaian. Gunakan sikat untuk mengangkat kotoran yang menempel di karpet sampai benar-benar hilang.

4. Bilas dengan Air Bersih

>>> Pilihan mobil bekas berkualitas paling lengkap ada disini

Setelah karpet dasar benar-benar bersih, maka langkah selajutnya bilas dengan air bersih hingga sabun hilang dari permukaan karpet. Pastikan tidak ada sabun yang menempel agar permukaan karpet kembali bersih.

5. Jemur Hingga Kering

mencuci karpet dengan semprotan air

Jemur sampai kering baru kembalikan karpet ke dalam mobil

Langkah terkahir untuk membersihkan karpet mobil adalah menjemurnya sampai air benar-benar kering. Bisa jemur di bawah terik matahari langsung tetapi jangan terlalu lama. Segera angkat ketika karpet sudah kering. Jika dibiarkan terpapar sinar matahari langsung, dikhawatirkan permukaan karet akan mengeras dan merusak struktur karpet tersebut. Jika sudah kering, silahkan masukkan kembali karpet mobil ke kabin.

>>> Tips dan trik menarik lainnya ada disini

Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top