Musim Hujan Cek Karet Wiper Sekalian Ngabuburit #DiRumahAja

18/05/2020

Perawatan dan service

3 menit

Share this post:
Bulan puasa tahun ini agak berbeda dibandingkan dengan tahun sebelumnya, sesekali hujan turun, makanya bisa cek karet wiper sekalian ngabuburit #dirumahaja

Bulan puasa tahun ini memang agak berbeda bila dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya, karena sesekali turun hujan. Oleh karena itu, mumpung sedang giat mematuhi aturan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) maka bisa cek dan membersihkan karet wiper sekalian ngabuburit #dirumahaja. Caranya juga mudah dan tidak perlu banyak mengeluarkan keringat.

Beda Wiper Beda Perlakuan Dan Cara Membersihkan

Gambar menunjukkan wiper frameless dengan wiper frame

Kenali jenis wiper di mobil Anda

Namun, sebelum itu Anda harus paham dulu jika secara konstruksi di pasaran tersedia dua jenis wiper, yakni wiper frameless dan dengan rangka alias konvensional. Wiper frameles mampu menyapu air lebih cepat lantaran memiliki bobot yang lebih ringan lewat desainnya yang tak memiliki rangka. Selain itu, kelebihan wiper jenis frameless lainnya adalah “Tidak akan berkarat dan tampilan mobil pun akan lebih simple,” ujar Cahyadi Putra, punggawa gerai aksesori Graha Mobilindo di Kalimalang, Jakarta Timur. 

Gambar menunjukkan wiper frameless sedang dibersihkan

Merawat karet wiper dapat dilakukan sembari ngabuburit #dirumahaja

Tapi desain yang terlihat lebih modern seperti itu bukan berarti tanpa kekurangan. Wiper frameless yang dibuat tanpa kerangka besi dianggap tidak lebih baik dari wiper konvensional untuk urusan kemampuannya dalam menyapu air. Terlebih lantaran seiring usia, wiper jenis frameless jadi kurang optimal lantaran hanya bagian tengah saja yang kuat menekan kaca. Tapi, efek positifnya untuk merawat dan membersihkan wiper tanpa rangka ini jauh lebih mudah, Anda tinggal bersihkan saja dengan kain kanebo untuk menghilangkan debu maupun kotoran di wiper tersebut.

Wiper Konvensional Butuh Ketelitian Lebih

Foto cuaca hujan lebat

Saat perjalanan luar kota wiper berkondisi baik sangat dibutuhkan

Sedangkan untuk wiper konvensional dengan rangka besi atau frame merawatnya lebih butuh ketelitian. Hal ini lantaran jenis konstruksinya, Anda perlu memberi perhatian lebih untuk mengeringkan bilah wiper setiap habis mencuci mobil. Tujuannya, agar tak mengundang karat yang akan mengganggu kerja wiper dan merusak tampilan mobil. Meski demikian wiper dengan rangka ini punya beberapa keunggulan. Kelebihan pada wiper jenis konvensional yang masih menggunakan besi atau frame adalah tekanannya pada kaca yang lebih terjaga berkat konstruksi rangkanya. Sehingga sapuan wiper jenis konvensional lebih merata di seluruh bilahnya untuk waktu lebih lama. Jadi itulah cara mudah untuk membersihkan dan cek kondisi karet wiper sekalian ngabuburit #dirumahaja.

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, kini ia menjadi Managing Editor Cintamobil.com

About Arfian

Lulusan kampus Trisakti angkatan 2009 ini sebenarnya salah jurusan saat kuliah. Karena ia mengambil jurusan Ekonomi Akuntansi mengikuti kemauan ayahnya dibanding mengambil kuliah teknik maupun komunikasi yang menjadi minatnya. Namun, passion menulis dan ketertarikannya akan mobil membawanya melamar menjadi jurnalis otomotif.

Gayung pun bersambut, pada tahun 2014 di mana sebelum Arfian wisuda, ia sudah diterima bekerja di Motorplus Weekly. Motorplus Weekly adalah sebuah tabloid dwi mingguan yang mengulas tentang sepeda motor. Lho kok sepeda motor? Yes, karena saat Arfian melamar pekerjaan di anak grup Kompas Gramedia tersebut, hanya posisi itu yang tersedia.

Setelah lulus kuliah Arfian bekerja di sana selama tiga tahun sebagai reporter. Bekerja menjadi jurnalis khusus sepeda motor Arfian jalani dengan semangat dan senang hati. Tak terhitung berapa kali ia menemui narasumber, berkunjung ke bengkel maupun sekadar mencoba sepeda motor baru dari jenis scooter hingga motor besar.

Di tengah perjalanan karirnya, Motorplus Weekly memiliki satu anak usaha lagi yakni Otoplus weekly yang berpusat di Surabaya, Jawa Timur. Melihat potensi dan passion yang dimiliki Arfian, Editor in Chief Motorplus saat itu, Alm Achmad ‘Feol’ Riswan menugaskan secara khusus Arfian untuk mengisi kolom otomotif roda empat.

Arfian ditugaskan untuk test drive mobil di tabloid Otoplus tersebut mulai tahun 2016. Sampai saat ini sudah ratusan kendaraan baik berjenis truk, bus, hingga mobil sport yang Arfian coba. Kegemarannya menulis dengan detail, terstruktur dan teknis membuat ia memiliki pembaca setia dan dipercaya untuk menjadi test driver di tabloid tersebut. 

Sejak tahun 2018 Arfian bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer dan menjadi Senior Content Writer setahun kemudian. Di tahun 2021 ia dipromosikan menjadi Editor, dan dengan kinerja yang baik di tahun 2021 ini pula ia dipromosikan kembali menjadi Managing Editor untuk website ini.

Roles

Managing Editor, Cintamobil.com

Workplace

Jakarta, Indonesia

Education

2009 - 2014 Trisakti University, Bachelor Degree, Accounting

2006 - 2009 54 Senior High School

2003 - 2006 109 Junior High School

Experience

2014 - 2016 Motorplus & Otoplus, Kompas Gramedia

2018 Content Writer Cintamobil.com

2019 Senior Content Writer Cintamobil.com

2021 Managing Editor Cintamobil.com

Awards

2020 - 3rd Winner, Best Online Write Up Activity & Industry News, Warta Citra Adiwahana

2020 - 2nd Winner, Mitsubishi Journalist Writing Competition - Artikel Online Terbaik

2021 - 1st Winner, Best Online Product Review, Warta Citra Adiwahana

 
back to top