Musim Hujan Akan Segera Datang, Ini Persiapan Yang Bisa Anda Lakukan Pada Mobil Kesayangan

12/10/2019

Perawatan dan service

3 menit

Musim Hujan Akan Segera Datang, Ini Persiapan Yang Bisa Anda Lakukan Pada Mobil Kesayangan
Pengecekan simpel pada beberapa komponen, membuat Anda dan mobil Anda siap untuk menyambut musim hujan yang akan segera datang

Bulan Oktober merupakan awal dari datangnya musim hujan di beberapa tempat, khususnya Jakarta dan sekitarnya. Sehingga, kami menyarankan Anda untuk mempersiapkan mobil kesayangan agar tetap fit ketika digunakan saat musim hujan. Persiapan yang bisa Anda lakukan adalah pengecekan pada beberapa komponen mobil, mulai dari wiper, karet-karet bodi dan suspensi hingga sektor penerangan seperti lampu. 

>>> Hujan Makin Tak Terprediksi, Persiapkan 6 Barang Ini!

Foto ilustrasi berkendara saat musim hujan

Musim hujan akan segera tiba, lakukan pengecekan agar Anda tetap aman dan nyaman selama berkendara di cuaca buruk

Tujuannya, Anda bisa terhindarkan dari potensi ketidaknyamanan atau bahkan bahaya yang mengintai jika sewaktu-waktu Anda dihadapkan untuk berkendara di musim hujan. Berikut tips persiapan untuk mengantisipasi musim hujan yang bisa Anda lakukan pada mobil menurut Cintamobil berikut ini. Anda juga bisa lakukan tips persiapannya saat sedang waktu senggang di rumah.

>>> Pentingnya Cek Kondisi Mobil Sesaat Sebelum Berkendara Di Pagi Hari

Ban

Foto pengecekan tingkat keausan pada ban

Berkendara di musim hujan dengan ban yang sudah mulai aus akan berpotensi membahayakan Anda

Si kulit bundar ini merupakan salah satu komponen yang paling penting untuk menunjang kenyamanan dan keamanan Anda selama berkendara. Jika ban yang Anda gunakan sekiranya sudah mulai aus, berdasarkan Tread Wear Indicator (TWI), mungkin sudah waktunya Anda pertimbangkan untuk mengganti ban Anda. Karena, musim hujan diramalkan akan terus mengguyur hingga awal pertengahan tahun 2020 mendatang. Dengan ban yang terjaga kondisinya, Anda bisa bebas khawatir ketika berkendara saat musim hujan mendatang.

>>> Harap Perhatikan, Jumlah Tambalan Di Ban Juga Ada Batas Maksimalnya Lho!

Karet pintu & jendela

Foto pengecekan pada karet pintu

Karet pintu yang bocor membuat air mudah masuk ke dalam interior saat hujan dan mengganggu kenyamanan Anda

Jika Anda yang memiliki mobil yang telah berusia di atas 5 tahun, cek kembali kondisi karet pintu dan jendela pada mobil Anda. Jika terlihat kering dan mulai retak-retak, mungkin masih bisa diselamatkan dengan cara diberikan pelembab khusus karet atau silikon yang tersedia di toko aksesori atau otomotif. Namun jika sudah parah retak-retaknya, segera lakukan penggantian karet pintu agar terbebas dari masalah kebocoran yang sangat mengganggu ketika berkendara.

>>> Temukan mobil pilihan dengan harga terbaik di sini

Karet suspensi

Foto karet boot tie rod pada suspensi mobil

Karet boot as roda yang rusak dan bocor membuat kotoran mudah masuk dan membuat keausan dan karat lebih cepat datang

Selain karet pintu dan jendela, karet pada bagian suspensi juga perlu Anda perhatikan kondisinya. Namun khusus untuk karet suspensi, mungkin Anda akan butuh bantuan bengkel resmi atau spesialis suspensi. Beberapa komponen seperti karet boot as roda/ CV joint atau karet penutup tie rod, jika terlihat pecah maka segera ganti. Karena pada musim hujan nanti, kotoran atau lumpur yang terbawa saat menerjang genanangan akan mudah menyusup karet suspensi yang bocor dan membuat grease atau gemuk cepat kotor atau bahkan mudah terkena karat dalam jangka waktu yang lama.

>>> Empat Bunyi Khas Tanda Kerusakan Pada Suspensi mobil Anda

Karet wiper

Foto karet wiper mobil

Foto kemampuan karet wiper dalam menyapu air pada kaca depan

Fungsinya sebagai penyapu air pada kaca depan saat hujan, membuatnya sangat penting saat berkendara di musim hujan. Jika wiper sudah mulai getas atau rusak pada bagian ujungnya, sebaiknya ganti yang baru agar kemampuannya untuk menyapu air pada kaca depan tetap optimal. Jangan lupakan juga keberadaan air wiper agar selalu dijaga dalam batas aman. Jika ingin maksimal, Anda bisa campurkan dengan cairan khusus untuk membuat air di kaca depan dapat mengalir lebih cepat layaknya di daun talas.

>>> Hati-hati, Ada Dampak Buruk Pakai Sembarang Cairan Wiper

Lampu

Foto kondisi lampu depan saat berkendara di kondisi hujan

Kemampuan lampu dalam menyinari jalan akan berkurang saat hujan, jadi pastikan kondisi lampu mobil Anda dalam keadaan baik

Sektor penerangan cukup vital adanya ketika berkendara musim hujan. Perhatikan kondisi rumah lampu atau reflektor. Jika buram atau berembun, segera bersihkan. Jika Anda terbiasa membiarkan lampu Anda mati sebelah, mungkin waktunya untuk perbaiki lampu Anda sehingga aspek penerangan ke jalan dapat optimal kembali. Hal yang sama juga berlaku untuk lampu kabut (fog lamp) dan lampu belakang. Hal yang sama jika Anda lakukan modifikasi pada bagian lampu, cek kembali apakah lampu yang Anda gunakan sesuai untuk musim hujan.

>>> Tips perawatan mobil lainnya bisa Anda lihat di sini

Aksesori pendukung

Foto paket car care untuk musim hujan

Jangan lupakan kondisi aksesori atau komponen pendukung agar Anda tak direpotkan saat memerlukannya

Jika Anda sempat lupakan kondisi aksesori pendukung seperti, payung, lap microfiber, wax dan cairan pembersih lainnya, kini saatnya untuk mengecek kondisi aksesori pendukung tersebut. Selain itu letakkan pada tempat khusus yang mudah diakses, sehingga tidak merepotkan ketika akan digunakan untuk membersihkan mobil Anda.

>>> Kumpulan artikel tips perawatan lainnya di sini

 
back to top