Muncul Bunyi ‘Gluduk’ dari Suspensi Mobil? Cek Karet Support Sokbreker Anda

26/01/2020

Perawatan dan service

4 menit

Muncul Bunyi ‘Gluduk’ dari Suspensi Mobil? Cek Karet Support Sokbreker Anda
Lantaran fungsinya sebagai peredam antara dudukan suspensi dan sokbreker, membuat karet support sokbreker pun rentan aus. Simak penanganannya berikut ini.

Munculnya suara ‘gluduk’ saat Anda berkendara di permukaan jalan yang berlubang atau saat melintasi polisi tidur tak hanya mengganggu, namun perlu diwaspadai. Salah satu penyebabnya adalah kondisi karet support sokbreker yang mungkin sudah mulai aus dan butuh penggantian. Komponen satu ini memang memiliki kerja yang cukup berat, lantaran benfungsi sebagai meredam guncangan berlebihan dari sokbreker saat melintasi jalan yang tak rata.

>>> 5 Kerusakan Suspensi Mobil yang Sering Terjadi Serta Penyebabnya

Foto posisi karet support sokbreker di suspensi depan

Pada suspensi depan, karet support penyagga sokbreker ini cukup mudah terlihat, yakni tepat di atas mounting/dudukan suspensi

Sesuai dengan namanya, karet support sokbreker ini menggunakan material karet tebal yang mengelilingi as besi pada bagian dalamnya. Posisinya terletak di antara dudukan suspensi dan sokbreker. Bentuknya pun beragam, mulai dari bulat hingga berbentuk mirip segitiga. Jika sudah aus, maka akan mengurangi redamannya. “Efeknya akan terdengar seperi ‘gluduk-gluduk’ saat melintasi jalan rusak atau polisi tidur,” sahut Ivan J dari workshop 1st Performance di bilangan Duren Sawit, Jakarta Timur.

>>> Suspensi Belakang Calya-Sigra Sudah Tak Amblas, Tapi Ini Konsekuensinya

Foto karet support sokbreker untuk mobil sedan

Bagian karet pada support sokbreker rentan retak atau pecah ketika Anda kerap melibat jalan rusak dalam kecepatan tinggi

Jika tak segera diganti, karet support pada sokbreker akan membuat kerusakan lebih luas pada bagian suspensi. Kemungkinan terbutuk bisa mengganggu handling mobil dan memperpendek usia ban lantaran akan merubah sudut roda. “Karena kalau aus sudah parah atau jebol, membuat roda seperti terseret dan bisa menyebabkan permukaan ban menjadi aus lebih cepat,” wanti Ivan. Selain itu, laher roda juga menjadi komponen yang mudah terdampak ketika karet support dari sokbreker tak langsung diganti jika sudah aus. 

>>> Mau beli mobil baru atau bekas, Cek koleksi dan harganya di sini!

Foto karet support sokbreker depan versi aftermarket

Hindari penggunaan karet support sokbreker versi afftermarket untuk kompetisi lantaran menggunakan bahan polyurethane yang membuat redaman suspensi kurang nyaman

Untuk penggantiannya memang tak sulit. Namun jika Anda tak terbiasa memperbaiki mobil sendiri di rumah, sebaiknya serahkan pada bengkel spesialis suspensi terdekat. Harga komponen  suspensi satu ini memang bervariasi, tapi umumnya berkisar antara Rp 100 hingga 300 ribuan per unitnya. Sementara untuk jasa penggantian komponen ini berkisar antara Rp 100 hingga 200 ribuan untuk suspensi di bagian kiri dan kanan. Agar komponen satu ini dapat lebih awet, disarankan untuk menghindari jalan yang memiliki permukaan rusak parah. jika terpaksa menelewatinya, usahakan dengan kecepatan rendah dan sehalus mungkin agar bagian daro karet support satu ini tak lekas retak atau aus.

>>> Cek artikel tips dan trik perawatan mobil lainnya di sini

 
back to top